Cara Membuat Layangan Wau yang Mudah Dipraktekkan

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 19 Jan 2022

Jika Sobat Pintar pernah menonton acara kartun Upin-Ipin di TV, mungkin Sobat Pintar tidak akan asing lagi dengan yang namanya layangan wau karena itu adalah layangan yang mereka buat di salah satu episodenya. Tertarik membuatnya? berikut kami berikan cara membuat layangan wau yang mudah dipraktekkan!

Layangan Wau Adalah

Layang-layang atau juga memiliki nama layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia. Jenis layang-layang pun beragam. Tetapi, salah satu layang-layang yang terkenal dan banyak orang minati adalah layangan wau.

Hampir sama dengan layang-layang wau Malaysia, kebanyakan layang-layang wau di Indonesia juga memiliki ukuran yang besar. Bahkan, tidak jarang layang-layang wau dikompetisikan di lomba layang-layang. Oleh karena itu, layang-layang wau memiliki banyak peminat di Indonesia.

Baca juga artikel berikut: Cara Mudah Membuat Origami

Ternyata, layang-layang wau ini juga memiliki banyak jenis, lho. Ada layangan wau kucing, wau bulan, wau puyuh, dan lain-lain. Menarik bukan?

Penasaran? Inilah langkah-langkah untuk membuat layangan wau jenis bulan!

Cara Membuat Layangan Wau

Cara membuat layangan wau sangat mudah untuk dilakukan dalam tiga langkah, yaitu;  menyiapkan alat dan bahan, proses pembuatan layang-layang, dan yang terakhir adalah uji coba layangan.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Berikut alat dan bahan yang harus Sobat Pintar siapkan untuk membuat layangan wau bulan.

  1. Satu bilah bambu dengan ukuran panjang empat meter

Pastikan bambu yang Sobat Pintar pilih bukanlah bambu yang mudah patah atau bambu yang rapuh.

  1. Tali plastik rafia 

Siapkanlah secukupnya. Usahakan memilih yang kuat dan tidak mudah robek.

  1. Pisau atau golok

Gunakan pisau atau golok yang mudah untuk Sobat Pintar gunakan karena nanti Sobat Pintar akan banyak menggunakan alat ini.

  1. Plastik besar warna

Karena nantinya plastik ini akan digunakan untuk menutup kerangka layang-layang wau bulan, maka Sobat Pintar dapat memilih plastik sesuai dengan seleramu. Pilihlah plastik yang tidak terlalu tipis juga tidak terlalu tebal.

  1. Spidol

Usahakan Sobat Pintar menggunakan spidol permanen. Sehingga, pola yang Sobat Pintar buat di kerangka atau plastik tidak akan mudah hilang.

  1. Gunting

Usahakan ukuran gunting tidak terlalu kecil.

  1. Lem kaleng

Sobat Pintar dapat menggunakan lem super khusus plastik. Tetapi, jangan menggunakan lem yang dapat membuat plastik meleleh.

  1. Penggaris

Gunakanlah penggaris dengan ukuran panjang empat puluh centimeter.

Proses Membuat Layangan Wau

Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membuat layang-layang wau bulan.

  1. Langkah pertama yang harus Sobat Pintar lakukan adalah membuat kerangka layang-layang wau bulan. Terlebih dahulu, gunakanlah lima ruas bambu.
  2. Selanjutnya, letakkanlah bambu dengan posisi menyilang. Lalu, ikatlah ujung-ujung dari bambu tersebut.
  3. Untuk bagian ujung bambu sekarang dapat Sobat Pintar belah sedikit sebagai tempat pengait. Kemudian, ikatlah dengan menggunakan tali plastik rafia yang sebelumnya telah Sobat Pintar siapkan. Setelah seluruh kerangka berhasil Sobat Pintar hubungkan, maka Sobat Pintar sudah boleh memberikan sampul untuk kerangSobat Pintar.
  4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan plastik warna yang sudah Sobat Pintar siapkan sebelumnya. Jika sudah, bukalah plastik warna dan letakan di lantai.
  5. Selanjutnya, ambilah kerangka yang telah Sobat Pintar susun tadi dan letakkan kerangka di atas plastik warna.
  6. Berikutnya, ambil spidol yang telah Sobat Pintar siapkan. Lalu, buatlah pola kerangka layangan di atas plastik.
  7. Jika telah selesai menggambar pola layangan buatanmu, berikutnya Sobat Pintar dapat menggunting pola yang telah Sobat Pintar gambar dengan gunting yang telah Sobat Pintar siapkan sebelumnya. Perhatikan! Guntinglah pola satu hingga dua centimeter di luar garis pola. Ini bertujuan agar nantinya Sobat Pintar memiliki ruang untuk mengoleskan lem dan menempelkan plastik ke kerangka layangan.
  8. Berikutnya, Sobat Pintar dapat melipat plastik yang sebelumnya telah Sobat Pintar gunting dan menjadi tepian ke arah belakang kerangka layangan. 
  9. Selanjutnya, Sobat Pintar boleh langsung meletakkannya dengan lem yang sebelumnya telah Sobat Pintar siapkan.
  10. Jika sudah menempelkan semua plastik ke kerangka dan memastikannya sudah rapi juga terpasang dengan baik, tunggu beberapa saat hingga lemnya mengering.
  11. Langkah terakhir, Sobat Pintar boleh menghias layang-layang wau bulanmu sesuai dengan selera. 

Selanjutnya, Sobat Pintar dapat mencoba layanganmu. Berikut kami berikan tipsnya! 

Cek juga artikel berikut: Cara Bermain Uno yang Benar

Cara Menerbangkan Layangan Dengan Baik

Berikut adalah tips dan trik yang dapat dipraktekkan jika ingin layang-layang wau bulanmu terbang dengan baik di udara.

  1. Siapkan layang-layang yang sebelumnya telah Sobat Pintar buat serta tali yang akan Sobat Pintar gunakan. Gunakanlah tali layang-layang yang aman (seperti benang bola dan tangsi) dan bukan tali plastik rafia. Semakin baik tali layang-layangmu, maka semakin sedikit pula kemungkinan layang-layangmu akan putus.
  2. Jika ingin menyertakan layanganmu ke dalam permainan adu layang-layang, pilih tali yang diolah sendiri dengan cara menempelkan tali dengan serbuk pecahan kaca halus. 
  3. Belajar untuk melihat potensi dan arah gerak angin. Karena menaikkan layang-layang sangat bergantung kepada gerak dan kekuatan angin, maka pastikan Sobat Pintar menaikkan layanganmu saat angin cukup kencang.
  4. Pilihlah tempat bermain di lapangan luas yang tidak ada bangunan atau pepohonan tinggi di sekitarnya. Dengan demikian, layanganmu tidak akan menyangkut atau robek. Selain itu, udara di lapangan lepas juga berhembus lebih baik daripada daerah dengan bangunan tinggi.
  5. Posisikan badan layangan wau bulanmu membelakangi arah angin yang berhembus. Hal ini memiliki tujuan agar layanganmu mudah terangkat dan terbang tinggi.
  6. Mintalah bantuan temanmu untuk menaikkan layang-layang. Satu orang memegang layangan, sedangkan yang lain nantinya akan memegang tali dan berlari menarik layang-layang setelah dilepaskan. 

Demikianlah tips untuk menaikkan layanganmu agar dapat terbang tinggi di langit.

Jadi, bagaimana? Cukup mudah, bukan? Selain mudah untuk dilakukan, bermain layangan wau ini juga menyenangkan, lho! Bahkan, Sobat Pintar dapat sekaligus berolahraga saat memainkan layanganmu! Karena, saat bermain layang-layang, secara tidak langsung tubuhmu akan bergerak.

Selain itu, Sobat Pintar juga telah turut melestarikan permainan tradisional Indonesia dengan bermain layang-layang. 

Baca juga artikel berikut: Cara Bikin Origami Mudah

Demikianlah cara membuat layangan wau yang sangat mudah untuk Sobat Pintar praktikan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download