Game Sejuta Orang, Pahami Cara Main Uno

09 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Jika kamu belum tahu bagaimana cara main uno yang benar dan tips memenangkan setiap pertandingan, sungguh sangat disayangkan! Bagaimana tidak? Untuk saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia baik yang muda atau tua biasanya mengetahui cara main uno, meskipun mereka tidak membaca terlebih dulu beragam buku terkait dengan ketebalan tertentu.

Hal tersebut wajar karena cukup dengan melihat orang lain bermain, kamu bisa menggambarkan bagaimana aturan dasar uno secara keseluruhan. Bila memperhatikan lebih jauh lagi, tips untuk memenangkan permainan tergambar pula.

Kemudian apabila kamu masih belum terbayang aturan dasar dari contoh di atas, pakai ponsel pintar milikmu. Kemudian buka aplikasi YouTube dan cari tutorialnya. Dijamin pasti ada dengan beragam penyampaian masing-masing.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Game Yang Paling Seru

Cara Main Uno Paling Mudah

Bermain uno memang menyenangkan. Semua orang pasti menyukainya. Sayang tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana cara main uno. Jika kamu salah satunya, inilah langkah-langkah yang mesti kamu ikuti:

1. Mengocok kartu

Buat langkah pertama, kamu harus mengocok kartu uno. Lakukan serapi mungkin agar kartu tidak dilihat oleh pemain lain.

Kemudian bagikan sebanyak 7 kartu ke masing-masing pemain. Untuk pola pembagiannya tergantung kebiasaan masing-masing peserta. Setiap pola pasti akan menghasilkan kesempatan menang berbeda pula kepada pemain.

Dalam membagikan kartu, usahakan seadil mungkin. Jangan sampai ada kecurangan sedikit pun. Pasalnya hal ini akan menyebabkan beragam kemungkinan terburuk untuk ke depan.

2. Simpan sisa kartu

Biasanya setelah kamu membagikan kartu ke setiap pemain, bakal ada beberapa yang tersisa. Cara main uno selanjutnya adalah meletakkan kartu buangan di tengah-tengah permainan. Gunanya sebagai langkah lain jika pemain tidak ada kartu lain untuk dikeluarkan.

3. Ambil kartu pertama

Untuk memulai permainan, silakan kamu ambil kartu pertama dari kocokkan. Bisa mengambil di posisi akhir atau pertama. Letakkan di sebelah kocokkan. Perlihatkan kartu kepada semua pemain agar mengetahuinya. 

4. Keluarkan kartu sesuai warna atau angka

Cara main uno seterusnya adalah kamu harus mengeluarkan kartu yang angka, simbol atau warna serupa dengan kartu pertama. Buat contohnya sebagai berikut. 

Anggap saja yang ada di tengah deck itu kartu hijau berangka 8. Kamu bisa mengeluarkan semua kartu dari warna apapun, mulai dari merah, hijau, kuning sampai biru. Asalkan memiliki nomor sama dengan kartu buangan.

Pada sisi lain, kamu pun dapat mengeluarkan kartu berwarna hijau. Terserah angka dan simbolnya mau apa karena tidak menyalahi permainan yang pasti warnanya sama. Sebagai rekomendasi, keluarkan kartu wild plus four.

5. Keluarkan kartu aksi jika perlu

Kunci utama menang di permainan UNO adalah kamu harus bersaing dengan pemain untuk menghabiskan kartu secepat mungkin. 

Kemudian agar lawan bermain kalah telak, kamu bisa menghajarnya. Dengan cara mengeluarkan berbagai kartu aksi seperti stop, reverse, dan wild. Lebih mantap kamu mengeluarkan semua kartu wild draw four.

Adapun setiap kartu aksi memiliki fungsi tersendiri yang akan dijelaskan langsung pada sub judul bagian bawah. Namun, dalam mengeluarkan kartu jenis ini, kamu harus melakukannya dengan ekstra hati-hati.

6. Ambil kartu dari cangkulan

Setiap putaran pasti akan muncul kartu buangan. Cara main uno selanjutnya adalah harus mengeluarkan kartu dengan warna dan angka serupa seperti yang telah dibuang sebelumnya, apalagi kalau kamu tidak memilikinya. 

Jumlah pengambilan cukup satu kartu saja pada mode permainan biasa. Apabila mendapatkan kartu wild four berwarna hitam atau apa saja, kamu wajib mengambil empat kartu, itu berlaku kelipatan. Tentu hal ini akan membuat kesempatan menang sedikit. 

Kemudian jika kamu melakukan satu kesalahan seperti mengucapkan “UNO” pada situasi yang salah, kamu harus mengambil kartu dari kocokkan sesuai kesepakatan yang dibuat pemain pada kesempatan sebelumnya. 

7. Bilang uno

Sesuai aturan cara main uno dasar, kamu mesti mengatakan “UNO” ke semua pemain sesaat jumlah kartu tersisa satu buah saja. Pasalnya jika lupa, kamu disuruh mengambil 3 buah kartu sekaligus. Kemudian sesaat permainan selesai dan tidak ada kartu sisa, bilang “UNO GAME” ke pemain lain.

Sekiranya kamu bilang kata itu padahal masih banyak kartu tersisa, kamu mesti mengambil kartu lagi lebih banyak, yaitu 4-5 buah sesuai kesepakatan. Maka harap teliti agar tidak terjebak ke dalam peraturan ini.

Baca Juga: Begini Mudahnya Cara Membuat Slime!

Jenis-Jenis Kartu Uno

Itulah pembahasan singkat mengenai cara main uno. Buat selanjutnya, mari kita kupas tuntas jenis-jenis kartu pada permainan tersebut.

Secara umum, dalam satu set kartu uno terdapat 112 buah. Di antara semua itu, terbagi menjadi dua jenis kartu utama, yaitu kartu biasa dan kartu aksi. Pengertian dan pembahasan tentang keduanya ada di bawah ini, perhatikan baik-baik!

1. Kartu aksi

Kartu aksi adalah kartu yang berisi simbol-simbol khusus. Biasanya berjumlah 36 kartu saja dalam satu set. Masing-masing dari mereka memiliki fungsi tersendiri dalam permainan. Salah satunya adalah kartu bersimbol plus. 

Pada permainan uno, setiap kartu dengan tanda tersebut, pemain harus mengambil tambahan kartu dari kocokkan. Jumlahnya sendiri disesuaikan dengan angka berapa yang keluar. Kalau simbol menunjukkan +4, kamu harus mengambil 4 buah kartu sekaligus.

Selain itu, kartu aksi pun ada yang bersimbol reverse. Berguna untuk mengubah putaran permainan dari putaran sebelumnya. Anggap saja dalam aturan cara main uno, putaran sesuai jarum jam. Ketika seseorang mengeluarkan kartu ini, putaran berubah ke arah sebaliknya.

Ada pula kartu bersimbol skip. Seperti namanya, kegunaan kartu ini adalah melewati giliran seorang pemain. Misalnya apabila kartu ini yang keluar pertama kali, permainan langsung diloncat ke urutan selanjutnya.

Wild adalah jenis kartu terakhir pada daftar kali ini. Sebagaimana namanya, fungsi utama adalah mengganti warna yang kamu inginkan. Mari kita ilustrasikan supaya lebih memahami hal tersebut.

Dalam permainan pasti ada dominan. Anggap saja di satu putaran, warna yang selalu muncul adalah hijau. Sementara itu, kamu tidak ada kartu atau nomor yang sama dengan kartu buangan. Untuk menghindari keharusan mengambil kartu, kamu bisa mengeluarkan kartu wild dan mengubah warna.

Pada beberapa permainan, warna yang kamu pilih langsung tidak boleh disebutkan karena kamu akan diberikan hukuman.

2. Kartu biasa

Di dalam aturan cara main uno, jumlah kartu biasa sebanyak 76 buah. Angka tersebut sangat melimpah dan cukup mendominasi permainan.

Angka 76 buah ini diperoleh secara total. Buat perhitungannya sendiri, setiap warna pasti memiliki 19 buah kartu. Terdiri atas angka 1-9, yang masing-masingnya ada dua buah. Kemudian ditutup dengan angka nol sekitar sebuah saja. 

Meskipun secara total jumlahnya banyak, kartu ini tidak memiliki nilai sama sekali dalam permainan. Maka itu, wajar saja pemain mengeluarkan kartu-kartu jenis ini di awal pertandingan. Kemudian baru mengeluarkan kartu aksi di akhir.

Baca Juga: 10+ Game Online Gratis 2021 untuk PC dan Smartphone

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download