Begini Mudahnya Cara Membuat Slime!

07 Sep 2021 by Laruan

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM membuat sebagian besar masyarakat di Indonesia mengalami rasa bosan ketika beraktivitas di rumah. Bagaimana tidak? Hampir dari bangun tidur hingga tidur lagi, kegiatan mereka dilakukan hanya di sekitar tempat tinggal.

Begini Mudahnya Cara Membuat Slime!

Tak jarang jika sebagian besar masyarakat merasa bosan, serta mencari hiburan tersendiri seperti menonton film, membaca buku, bercocok tanam, atau bermain game. Namun, ada salah satu mainan yang cukup mudah dibuat dan juga mampu membuat kamu jauh dari kata bosan.

Salah satu mainan yang bisa kamu coba di rumah adalah membuat slime. Slime merupakan satu mainan yang memiliki tekstur yang lembek dan mirip seperti lem. Itulah mengapa banyak orang yang menggunakan slime sebagai alat pereda emosi. Kamu cukup meremas-remas slime untuk melepaskan rasa kesalmu.

Selain sebagai sarana menurunkan emosi, slime juga bermanfaat untuk anak-anak, lho. Misalnya, warnanya yang memang menarik dapat mengalihkan perhatian anak dari kecanduan gadget. Kamu bisa mengajak anak atau keponakan untuk bermain slime, mengajarkan mereka untuk membuat sebuah bentuk dari slime, atau membentuk game kecil yang menyenangkan.

Selain itu, tekstur slime yang lengket dan fleksibel memancing anak-anak untuk berpikir kreatif. Mereka akan terpancing untuk membuat sebuah bentuk yang familiar bagi mereka. Dengan begitu, kamu juga bisa menjadikan slime sebagai sarana pembelajaran bentuk pada si buah hati.

Selain itu, slime juga bermanfaat untuk menangkap debu-debu yang menempel di permukaan benda atau bahkan di sela yang sulit dijangkau sekalipun. Teksturnya yang lengket dan elastis, membuat slime dengan mudah membentuk tekstur permukaan benda yang ditempatinya. Dengan begitu, debu-debu pada celah sekalipun dapat terangkat oleh slime. 

Dengan warna yang biasanya pastel dan cerah, slime juga cocok dan aman untuk dijadikan mainan anak-anak. Meningkatnya minat masyarakat pada slime, membuat mainan simpel ini jadi marak di pasaran. Banyak yang mencarinya atau bahkan membuatnya sendiri.

Kabar gembira buat kamu yang tertarik dengan slime. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Alat dan bahannya juga bisa kamu temukan di manapun. Bagaimana cara membuatnya?

  1. Cara Membuat Slime dari Garam dan Shampo
Begini Mudahnya Cara Membuat Slime!

Ternyata, slime yang lucu dan menggemaskan itu bisa kamu buat sendiri di rumah hanya dengan berbahan dasar garam dan shampo, lho. Apa saja alat dan bahan untuk membuatnya?

  • Garam
  • Shampo
  • Pasta gigi
  • Wadah dan sendok yang kecil

Cara membuatnya juga terbilang mudah, yaitu :

  • Tuangkan shampo secukupnya ke dalam wadah kecil yang sudah kamu siapkan. Perlu diperhatikan, disarankan untuk memilih jenis shampo yang berwarna putih dan lebih kental agar hasil slime yang kamu buat bisa lebih maksimal.
  • Selanjutnya, campurkan pasta gigi ke dalam wadah shampo, lalu aduk hingga merata.
  • Setelah itu, taburkan garam secukupnya. Garam berfungsi untuk mengentalkan adonan slime yang kamu buat, sehingga dapat membentuk tekstur slime pada umumnya.
  • Setelahnya, kamu cukup mengira-ngira tekstur slime yang kamu inginkan. Jika dirasa kurang kental, kamu bisa tambahkan pasta gigi atau shampo lagi ke dalam adonan slime.
  • Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang tertutup, ya. Karena dikhawatirkan slime akan cepat kering.
  1. Cara Membuat Slime dengan Lem Fox

Salah satu bahan membuat slime yang mudah ditemukan adalah lem fox. Kesamaan tekstur yang dimiliki slime dan lem fox sendiri membuat bahan ini dirasa lebih mudah untuk membuat slime. Kamu cukup siapkan :

  • Lem Fox
  • Air
  • Pewarna makanan
  • Baby oil
  • Baking powder
  • Sabun cair dan obat tetes mata

Lalu, hal yang perlu kamu lakukan untuk membuatnya adalah :

  • Masukkan lem ke dalam mangkuk, campurkan dengan air bersih, lalu diaduk rata. Disarankan untuk menggunakan perbandingan 1:1 antara Lem fox dengan air.
  • Campurkan dengan baking powder secukupnya, lalu kembali aduk.
  • Jangan lupa untuk menambahkan sabun cair, obat tetes mata, serta pewarna makanan sesuai selera.
  • Terakhir, tambahkan baby oil. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  1. Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

Bukan hanya untuk membuat adonan kue atau jajanan pasar, tepung kanji juga bisa menjadi bahan dasar mainan yang menggemaskan ini, lho. Kamu cukup siapkan :

  • Tepung kanji
  • Minyak goreng
  • Air bersih
  • Pewarna makanan

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu perlu :

  • Campurkan tepung kanji dengan air, lalu aduk perlahan hingga adonan mengental. Pastikan adonan tidak ada yang menggumpal.
  • Tambahkan minyak goreng guna menambah tekstur kenyal pada slime yang kamu buat. Jika dirasa kurang kenyal, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga membentuk tekstur slime yang kamu inginkan.
  • Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan pewarna makanan agar slime yang kamu buat lebih menarik pastinya.

Membuat mainan sendiri di rumah memang menyenangkan. Apalagi kalau selama membuatnya kamu ditemani si kecil. Selain mengenalkan sebuah proses untuk membuat sesuatu, kamu juga bisa memberikan pengalaman pada si kecil mengenai sebuah proses yang harus dilalui jika mereka ingin membuat sesuatu.

Dengan begitu, buah hati kamu bisa menghargai setiap proses yang terjadi pada kehidupan sehari-harinya. Akan lebih baik jika kebiasaan menghargai proses itu ditanamkan sejak dini, sehingga ketika si kecil besar nanti, ia akan mengerti sebuah proses dan perjuangan yang harus dilaluinya untuk mencapai sesuatu.

Selain itu, setelah kita mengetahui mudahnya cara membuat slime, terkadang muncul ide bisnis yang bisa kita tekuni selama pandemi ini. Apalagi, slime menjadi salah satu mainan favorit anak-anak karena warnanya yang menarik.

Tidak perlu khawatir mengenai modal yang kamu butuhkan. Ajukan saja pinjaman online ke Kredit Pintar, karena proses dan persyaratannya sangat mudah. Tidak perlu menunggu lama, pengajuan pinjaman online kamu langsung cair dalam beberapa menit saja.

Kredit Pintar memudahkan kamu untuk mewujudkan semua impianmu termasuk memiliki barang-barang berharga dan juga modal usaha yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu mengangsur pembayaran bulanan. Jadi, membuka usaha pun akan terasa mudah dan cepat tanpa harus menunggu modal itu terkumpul lebih dulu.

Dengan angsuran yang meringankan, Kredit Pintar menjadi salah satu aplikasi pinjaman online terfavorit saat ini. Yuk, jangan ragu lagi untuk mengajukan pinjaman online ke Kredit Pintar, dan segera buka usaha yang kamu inginkan.

Begitulah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat slime. Selamat mencoba.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload