Cara Membuat Link Zoom di Laptop dan HP, Mudah!

30 Sep 2021 by Laruan

Tiba-tiba dapat tugas buat nge-host meeting dari kantor, tapi masih bingung soal cara membuat link Zoom? Jangan gundah, gelisah, apalagi galau, karena membuat link Zoom sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya dengan mengikuti cara-cara di bawah ini saja, Sobat Pintar sudah bisa membuat link Zoom baik untuk keperluan meeting kantor, kuliah, dan berbagai kepentingan lainnya.

Cara membuat link Zoom di laptop dan HP

Zoom sebagai salah satu aplikasi video call sudah cukup meroket kepopulerannya sejak pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk tetap di rumah dan melakukan WFH (work from home). Hanya dengan bermodalkan link Zoom saja, partisipan dari aplikasi ini bisa mencapai ratusan orang, loh. Menarik, bukan?

Nah, sebelum masuk ke pembahasan bagaimana membuat tautan Zoom di laptop dan HP, sebelumnya Sobat Pintar sudah tahu belum apa itu link Zoom? Nah, agar tidak bingung, simak pembahasan di bawah ini dulu, yuk!

Inilah berbagai dana bantuan sosial yang disediakan masyarakat. Penasaran? Simak di sini.

Apa Itu Link Zoom?

Ketika menggunakan aplikasi meeting seperti Zoom, adanya link ini merupakan suatu hal yang penting. Tanpa adanya link Zoom, setiap orang tidak bisa saling terhubung dalam aplikasi. Dalam hal ini, link Zoom adalah tautan yang menghubungkan satu koneksi perangkat ke perangkat lainnya yang sama-sama menggunakan aplikasi Zoom Meeting. 

Untuk lebih jelasnya lagi, ini adalah beberapa manfaat dari link Zoom itu sendiri.

  • Menghubungkan setiap pengguna dalam satu room yang sama.
  • Mempermudah proses meeting dan komunikasi secara daring.
  • Dapat digunakan untuk 2-100 pengguna.

Cara Membuat Link Zoom

Setelah memahami tentang esensi dari link Zoom, selanjutnya akan dibahas bagaimana membuat tautan Zoom itu sendiri, baik melalui laptop ataupun HP. Sebelumnya, Sobat Pintar perlu memastikan terlebih dahulu apakah perangkat yang akan digunakan telah mampu untuk mendukung proses video call. Dalam hal ini, Sobat Pintar bisa mengecek kondisi kamera serta mikrofon pada laptop atau HP. 

Setelah semuanya siap, selanjutnya Sobat Pintar perlu mengunduh aplikasi Zoom itu sendiri. Untuk penggunaan laptop, aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui situsnya dan tersedia untuk sistem Windows dan Mac. Adapun untuk pemakaian di HP, Sobat Pintar bisa langsung mengunduh Zoom melalui Play Store untuk sistem Android dan App Store untuk sistem iOs.

1. Membuat Link Zoom di Laptop

Untuk langkah yang pertama, akan dibahas mengenai bagaimana membuat tautan Zoom di laptop atau PC. Sangat mudah dan simpel, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti. 

  1. Buka aplikasi Zoom yang telah diinstal pada laptop sebelumnya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, akan terlihat tampilan yang menampilkan dua pilihan, yakni Join a Meeting dan Sign In. Apabila Sobat Pintar sudah memiliki link Zoom, maka bisa langsung memilih opsi Join a Meeting. Namun untuk mendaftarkan akun, pilih opsi Sign In. 
  3. Lakukan registrasi untuk membuat akun. Dalam hal ini, Sobat Pintar bisa memilih opsi Mendaftar dengan Email Pribadi, Sign In with Facebook, Sign In with SSO.
  4. Apabila akun telah berhasil terdaftar, selanjutnya tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan awal Zoom. Untuk membuat room baru di Zoom, pilih opsi New Meeting.
  5. Setelah itu, akan muncul tampilan room Zoom yang akan menjadi tempat meeting dilakukan.
  6. Untuk mendapatkan linknya, arahkan kursor ke sudut kiri atas, lalu pilih ikon berupa tanda centang berwarna hijau. Selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai meeting room tersebut, termasuk juga link Zoom-nya. 
  7. Pilih opsi Copy Link, lalu tempelkan link Zoom untuk dikirimkan/dibagikan pada peserta yang diundang. 
  8. Opsi lain untuk mendapatkan link Zoom bisa dilakukan dengan cara, klik opsi Participants pada bagian bawah layar, di samping opsi Security dan Chat. Akan muncul jendela Participants yang menampilkan jumlah peserta. Pada bagian paling bawah dari daftar peserta tersebut, terdapat opsi Invite yang dapat dipilih.
  9. Setelah opsi Invite diklik, akan tampil jendela yang menampilkan opsi undangan, pilih opsi Copy Invite Link untuk membuat link Zoom, atau opsi Copy Invitation untuk mendapatkan undangan dari Zoom Meeting tersebut.
  10. Setelah berhasil meng-copy link Zoom ke keyword, selanjutnya paste link Zoom tersebut untuk dibagikan ke kontak/grup yang ingin diundang. 

2. Membuat Link Zoom di HP Android

Sebenarnya bagaimana membuat tautan Zoom di HP tidak jauh berbeda dengan di laptop. Perbedaan tersebar dari keduanya dalam hal ini hanya terletak pada tampilannya saja. Meskipun begitu, jika Sobat Pintar masih membutuhkan penjelasan mengenai langkah-langkahnya, simak terus caranya di bawah ini. 

  1. Lakukan pendaftaran akun Zoom sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan memilih opsi Sign Up. Jika sudah memiliki akun, pilih opsi Sign In untuk masuk ke aplikasi.
  2. Setelah masuk ke halaman utama Zoom, pada bagian kiri atas terdapat opsi New Meeting yang bisa dipilih untuk membuat room. Kemudian akan tampil beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan dengan preferensi, setelah itu pilih Start a Meeting.
  3. Untuk mendapatkan link Zoom, pilih opsi Participants yang berada pada sebelah kiri bagian bawah layar.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela daftar peserta yang hadir di ruangan Zoom. Pada bagian bawahnya, terdapat opsi Invite yang bisa dipilih. 
  5. Setelah memilih opsi Invite, akan ditampilkan beberapa opsi untuk menyebarkan link Zoom yang sudah dibuat sebelumnya, seperti via Email atau Pesan. Pilih sesuai preferensi pribadi, namun jika preferensi yang diinginkan tidak tersedia, pilih opsi Copy to Clipboard untuk menyalin link Zoom.
  6. Salin link Zoom yang telah di-copy ke kontak peserta yang lain, agar mereka dapat langsung hadir di meeting room yang telah dibuat. 

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara membuat link Zoom untuk Laptop dan HP. Bagaimana, mudah bukan langkah-langkahnya? Sekarang Sobat Pintar sudah tidak perlu bingung lagi jika tiba-tiba diminta untuk membuat room Zoom. 

Penggunaan Zoom untuk berbagai keperluan yang dapat menampung hingga 100 peserta adalah gratis. Namun, jika Sobat Pintar ingin menyelenggarakan meeting event yang lebih besar lagi, tersedia paket Pro dan Large Meetings yang dapat menampung partisipan hingga 500-1000 orang. Untuk paket premium ini, harganya cukup bervariasi, namun Sobat Pintar akan diminta untuk membayar secara bulanan paling tidak sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 700 ribu. 

Jangan khawatir dengan tagihannya, karena Sobat Pintar bisa melakukan pembayaran ini dengan bantuan Kredit Pintar. Dengan pinjaman dana dari Kredit Pintar, memperpanjang masa berlangganan Zoom Premium meskipun belum waktunya gajian bukan hal mustahil lagi. Pada akhirnya, Sobat Pintar sudah tidak perlu bingung apabila ditanya mengenai cara membuat link Zoom untuk peserta meeting yang membludak. 

Konsekuensi yang harus dihadapi apabila Sobat Pintar tidak membayar pelunasan pinjaman

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload