Biaya Home Schooling Terjangkau di Jakarta

03 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 09 Oct 2022

Pendidikan di Indonesia semakin berkembang seiring kemajuan ilmu dan teknologi, salah satunya ada dilaksanakan sekolah di rumah atau juga dikenal dengan istilah home schooling. Biaya home schooling tentunya lebih mahal apabila dibandingkan dengan sekolah biasa, karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan dari lembaga pendidikan home schooling.

Biaya Home Schooling

Home schooling telah pastinya akan memberikan ijazah pendidikan seperti pada sekolah umum. Berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk melakukan pembelajaran di rumah ini seperti waktu yang lebih fleksibel, lebih bisa mengembangkan bakat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Biaya Alexandria Islamic School serta Fasilitas

Dari segi pembiayaan, seperti yang banyak orang ketahui bahwa biaya homeschooling ini di atas rata – rata biaya sekolah pada umumnya. Namun masih banyak lembaga pendidikan yang menyediakan pilihan homeschooling dengan harga terjangkau di kota besar seperti Jakarta.

Rekomendasi Lembaga Pendidikan dengan Biaya Homeschooling Terjangkau di Jakarta

Homeschooling adalah sekolah informal yang dilakukan di rumah siswa dengan pengarahan orang tua dan tidak dilaksanakan di tempat formal lainnya. Beberapa alasan para orang tua memilih homeschooling biasanya karena alasan medis, ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang ada, atau ingin fokus mengembangkan bakat dan minat anak.

Diera modern ini ada banyak lembaga pendidikan yang menawarkan jasa pengajaran di rumah atau homeschooling dengan kualitas unggul serta biaya yang terjangkau. Pada pembahasan ini kami berikan rekomendasi homeschooling berkualitas di area Jakarta, antara lain sebagai berikut.

1. Homeschooling Primagama

Primagama merupakan salah satu lembaga pendidikan berskala besar yang cabangnya tersbar di seluruh Indonesia. Salah satu jenis pendidikan selain bimbingan belajar yang ditawarkan dari Primagama ini adalah home schooling.

Berpengalaman dalam memberikan jasa pendidikan pada anak – anak yang memilih home shooling daripada sekolah pada umumnya. Primagama dikenal karena kualitas dan kredibilitasnya sehingga banyak diminati sebagai pendidikan informal yang juga berwenang mengeluarkan sertifikat atau ijazah pendidikan.

Home schooling Primagama menyediakan fasilitas pendidikan informal mulai jenjang sekolah dasar atau SD hingga SMA. kurikulum internasional (Cambridge International Examination), dan kurikulum anak berkebutuhan khusus. Materi yang diajarkan pun sesuai dengan kurikulum sekolah pada umumnya dengan materi tambahan sesuai kebutuhan serta minat siswa.

Biaya home schooling Primagama tergantung jenis kelas yang dipilih seperti kelas individu, komunitas,  dan mandiri. Kurikulumnya pun beragam, ada kurikulum nasional, internasional, dan untuk anak berkebutuhan khusus.

2. Home Schooling Kak Seto

Salah satu home scholing yang berkualitas di Jakarta adalah lembaga pendidikan home schooling kak Seto. Siapa yang tak kenal dengan kak Seto? Sosok yang memperjuangkan hak dari anak – nak di Indonesia ini juga mendirikan lembaga pendidikan informal untuk kebutuhan home schooling.

Lembaga pendidikan informal besutan kak Seto ini menawarkan jenjang SD hingga SMA yang menyediakan beberapa jenis program seperti mulai yaitu komunitas, distance learning, dan pendidikan khusus dengan seluruh program yang diberikan sesuai dengan mata pelajaran kurikulum nasional.

Biaya home schooling ini memiliki variasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta minat dari putra dan putri Anda, serta tergantung dari program yang dipilih. Ada program komunitas, distance learning, dan pendidikan khusus.

3. Home Schooling Sinergia

Sinergia adalah salah satu lembaga pendidikan informal yang cukup terkenal dan populer di Jakarta. Menyediakan jasa home schooling yang bisa disesuaikan dengan jenjang pendidikan serta program yang akan diambil.

Lembaga pendidikan home schooling ini memiliki kurikulum jenjang mulai dari Taman Kanak-kanak, SD, Secondary 1, O Level / IGCSE, dan A / AS Level. Sinergia Worldwide Education memberikan layanan untuk semua siswa, termasuk kebutuhan khusus.

Tersedia berapa materi, kurikulum serta program home schooling yang bisa dipilih di Sinergia ini dan bisa disesuaikan dengan minat serta kebutuhan putra dan putri Anda. kualitas dari lembaga pendidikan informal ini tentunya tidak perlu diragukan lagi dengan biaya home schooling yang terjangkau.

4. Home Schooling INRII

Salah satu lembaga pendidikan home schooling yang juga cukup populer di Indonesia adalah INRII. Merupakan kependekan dari Indonesia Berdikari yang berdiri sejak Mei 2010 di Jakarta. Lembaga pendidikan ini juga merupakan anggota dari Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA) yang diketuai oleh Kak Seto.

Baca Juga: Ragam Agenda Sekolah Yang Menarik Untuk Diikuti

Indonesia Berdikari atau INRII ini menawarkan berbagai program dan jenjang pendidikan yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti community class, distance learning, dan tutor visiting. Selain belajar akademik, INRII juga memfasilitasi kegiatan ekstrakulikuler seperti futsal dan musik.

5. Home Schooling Kasih Anugerah

Lembaga pendidikan home schooling yang satu ini berlokasi di Jakarta Barat. Merupakan lembaga pendidikan dengan berorientasi mendidik anak dengan kasih agar menjadi anak-anak yang berkualitas.

Home schooling di lembaga Kasih Anugerah menawarkan program tutorial, klasikal dan mandiri. Dengan biaya home schooling yang relatif terjangkau. Lembaga pendidikan informal ini memiliki program pembelajaran di rumah yaitu  mendatangkan guru ke rumah siswa sesuai dengan waktu dan materi pembelajaran yang sudah disepakati sebelumnya bersama orangtua dan anak.

Keuntungan Home Schooling Bagi Anak

Ada banyak faktor yang mendasari para orang tua untuk memilih home schooling bagi anak – anaknya seperti; kebutuhan medis dan mental, ingin waktu yang fleksibel hingga ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang tersedia, atau keyakinan bahwa anak tidak dapat mengembangkan minat, bakat, dan kreativitasnya.

Beberapa keuntungan dari home schooling salah satunya adalah orang tua bisa terus mengawasi dan mengontrol perkembangan pembelajaran dengan menentukan waktu serta durasi belajar yang dikehendaki.

Dengan memilih home schooling, orang tua juga  bisa menentukan sendiri topik dan cara belajar yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar anak, sehingga diharapkan anak akan bisa mengembangkan bakat sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Pembelajaran dengan sekolah informal juga memberikan keuntungan dalam hal waktu. Home shchooling memberikan fleksibilitas waktu yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Hal ini pastinya akan bisa memberikan waktu luang untuk bisa beristirahat sehingga tidak akan merasa tertekan.

Memilih pembelajaran informal atau home schooling ini juga memudahkan para orang tua dalam memantau perkembangan belajar anak serta pergaulannya yang bisa terus diawasi agar tidak melampaui batas. Dengan ini bisa dipastikan anak bisa terhindar dari pergaulan di masa pertumbuhannya.

Biaya Home Schooling

Home schooling lebih fleksibel dalam hal waktu dan proses pembelajaran yang bisa disesuaikan. Banyak lembaga pendidikan non formal yang menyediakan jasa sekolah di rumah dengan kualitas unggul.

Baca Juga: 8 Sekolah Termahal di Indonesia: SPP Diatas 100 Juta

Biaya home schooling tergantung dari jenjang serta program yang diambil. Salah satu keunggulan homeschooling yang menjadikannya banyak diminati adalah fleksibilitas waktu belajar. Orang tua, anak, dan pengajar dapat saling merundingkan kapan waktu yang tepat untuk memulai belajar dan menentukan lama waktu belajar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download