Cara Membuat Buket Snack Paling Mudah dan Menarik

21 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Mengetahui cara membuat buket snack berguna bagi Sobat Pintar saat memberikan hadiah kepada orang tersayang selepas sidang skripsi atau wisuda. Selain mudah proses merangkainya, Sobat Pintar dapat menghemat pengeluaran. Yuk simak ulasannya di sini.
Cara Membuat Buket Snack

Buket snack memiliki daya tarik tersendiri dan tampak khas diberikan saat momen menuju akhir studi. Selain itu, buket snack dapat kita isi dengan aneka camilan yang sesuai dengan keinginan. Meski isinya terlihat sederhana namun jika dikemas dengan lucu dan menarik, teman Sobat Pintar pasti menyukainya.

Buket snack akan terlihat lebih romantis daripada memberikan snack secara langsung. Selain romantis, membuat buket snack terbilang mudah, hanya perlu menyusunnya dengan rapi agar menyerupai bunga. Bahkan bahan untuk membuatnya pun relatif mudah ditemukan.

Buket snack dapat Sobat Pintar kreasikan sesuai selera, termasuk dalam soal bentuk besar maupun kecil. Sebelum membuatnya akan lebih baik jika mempertimbangkan tema warna buket agar terlihat serasi. Misalnya jika memilih tema warna biru maka pilihlah snack yang memiliki warna biru.

Baca Juga: Rekomendasi Hadiah Ultah untuk Cewek yang Mengesankan 

Alat dan Bahan untuk Membuat Buket SnackHow to make Snack Bouquet ala Simatakodok - Rizky Ashya

Sebelum mengetahui cara membuat buket snack, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja alat dan bahan yang harus disiapkan. Berikut alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat buket snack di antaranya: 

  1. Menyiapkan Snack yang akan Dirangkai

Hal pertama yang perlu Sobat Pintar siapkan ialah snack yang akan dirangkai menjadi buket. Usahakan memilih snack yang bervariasi agar dapat disusun menarik. Misalnya dengan memberi beberapa snack seperti biskuit, cokelat, keripik, permen dan lainnya. Jumlah snack yang akan Sobat Pintar siapkan dapat disesuaikan dengan keinginan.

  1.  Kertas Kado atau Kain

Selanjutnya pilihlah kertas kado dengan motif menarik atau kain berwarna untuk merangkai snack menjadi buket. Akan lebih baik jika warna kertas kado dan kain sesuai dengan sejumlah warna snack yang dibuat. Hal ini akan menjadikan buket snack terlihat lebih cantik.

  1.  Pita Serut

Pita serut dapat Sobat Pintar manfaatkan sebagai penghias. Ini akan menjadikan buket semakin terlihat mahal meski isinya tidak terlalu banyak. Saat memilih pita, pilihlah warna yang sesuai dengan beberapa bahan sebelumnya sehingga tampilan pita menyatu dengan buket yang dibuat.

  1.  Alat Potong

Alat potong tidak kalah penting untuk Sobat Pintar siapkan sebelum membuat buket snack. Fungsinya ialah untuk memotong beragam bahan agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Misalnya gunting, pisau dan kater karena akan ada beberapa bahan yang membutuhkan alat pemotong khusus.

  1.  Siapkan Alat Perekat

Alat perekat diperlukan untuk menempelkan beberapa snack sehingga dapat tersusun menjadi buket. Sobat Pintar bisa menggunakan lem dan selotip untuk merekatkannya. Pastikan perekat dapat menempel dengan kuat sehingga snack tidak akan mudah bergeser. Dalam beberapa kondisi, gunakan stapler untuk menguatkannya.

  1.  Kardus Bekas

Saat merangkai snack, kardus bekas memiliki peran untuk menahan snack sehingga dapat berdiri dengan kokoh. Sobat pintar dapat memanfaatkan kardus bekas mie atau snack lain yang memiliki ukuran lebih tebal sehingga kuat saat digunakan sebagai penyangga, hindari memilih kardus yang tipis.

  1.  Tusuk Sate 

Tusuk sate diperlukan agar snack yang kita susun dapat tampil sempurna. Selain tusuk sate, Sobat Pintar dapat memanfaatkan alat tusuk lainnya seperti lidi. Nantinya snack akan direkatkan dengan lidi, kemudian beberapa lidi tersebut disatukan hingga membentuk sebuah buket.

Baca Juga: Peran Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Ekonomi

Cara Membuat Buket Snack Paling Mudah

Setelah menyiapkan serangkaian alat dan bahan, cara membuat buket snack selanjutnya dengan memahami beberapa urutan langkahnya. Berikut langkah-langkah membuat buket snack di antaranya:DIY Buket Snack Low Budget, Cara Buatnya Mudah!

  1. Membuat Bentuk Dasar Buket

Untuk memudahkan saat membuat buket snack sebaiknya tentukan terlebih dahulu bentuk dasar buket yang akan Sobat Pintar buat. Dari sini kita akan mendapatkan gambaran bagaimana cara menyusun kerangkanya dengan lidi. Berikut langkah-langkah membuat bentuk dasar buket:

  • Membersihkan Snack Hingga Bersih

Sebelum membuat bentuk dasar buket, Sobat Pintar perlu membersihkan beberapa snack terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar makanan ringan pada buket nantinya terlihat bersih.

  • Buat Bentuk Dasar Buket

Setelah meletakan snack ke tempat bersih. Buat bentuk dasar buket dengan memotong kardus yang telah Sobat Pintar siapkan menggunakan gunting, pisau atau kater sesuai dengan keinginan.

  • Tempelkan Snack ke Tusuk Sate

Berikutnya Sobat Pintar perlu menempelkan snack ke tusuk sate atau lidi menggunakan perekat seperti selotip atau lem tembak. Lalu tempelkan tusuk sate secara sejajar pada kardus yang akan dirangkai.

  1.  Masukan Kain Berwarna atau Kertas Kado

Setelah bentuk buket berhasil dibuat, Sobat Pintar perlu mengatur kertas kado dan kain mana yang akan dimasukan sebagai bagian dalam dan luar buket snack. Dengan begitu buket akan terlihat menarik dengan kombinasi warna yang Sobat Pintar buat dari beberapa bahan tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan Kain atau Kertas Berwarna

Sebelum memasukan kain berwarna atau kertas kado untuk menutupi kardus dan bagian snack yang ditempelkan, Sobat Pintar perlu menyiapkan warna yang sesuai. Hal ini perlu dipertimbangkan agar hasilnya bagus.

  • Masukan Kain atau Kertas Berwarna ke Sela-Sela

Jika Sobat Pintar sudah memilih warna yang sesuai selanjutnya letakan kertas kado atau kain berwarna di sekitar sela-sela snack dan mengikuti bentuk kardus. Adapun bagian bawahnya dapat diikat menggunakan selotip.

  1.  Susun Buket Agar Cantik dan Menarik 

Bisa dibilang menyusun buket menjadi cantik dan menarik merupakan langkah terakhir. Di sini Sobat Pintar hanya perlu menatanya agar lebih rapih dan sedikit terlihat berkesan. Apalagi jika orang tersayang mengetahui bahwa kita membuatnya sendiri dengan effort cukup keras. Berikut langkah-langkah menyusun buket snack:

  • Siapkan Pita dan Pernak Pernik Lainnya

Langkah selanjutnya siapkan pita paling bagus untuk mengikat buket. Selain pita, Sobat Pintar dapat menambahkan pernak Pernik lainnya agar buket snack terlihat indah. Misalnya dengan menambahkan boneka kecil.

  • Buat Kartu Ucapan dan Simpan di Tempat Bersih

Kartu ucapan menjadi salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan. Dengan kartu ucapan akan menambah kesan lebih dekat dengan sahabat, teman atau pacar. Sobat Pintar dapat menyisipkan kartu ucapan di dekat pita.

Baca Juga: Strategi Pengembangan Produk Kriya dalam Ekonomi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download