Cara Jualan di Lazada yang Efektif Untuk Pemula

27 Sep 2021 by Laruan

Ada banyak cara untuk memperoleh pemasukan tambahan. Salah satunya adalah dengan berjualan secara online. Langkah ini ditempuh bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas atau pun ingin menjalankan usaha sampingan dengan santai. Lazada merupakan marketplace yang menyediakan platform untuk kebutuhan tersebut. Kali ini, artikel di bawah akan mengulas bagaimana cara jualan di Lazada yang efektif dan menguntungkan.

Sebenarnya tidak sulit untuk berjualan di Lazada. Sebab, Lazada telah menyediakan seluruh kebutuhan si penjual. Mulai dari toko online hingga fitur-fitur lainnya. Sekarang tinggal bagaimana seseorang memaksimalkan seluruh fasilitas Lazada untuk membangun bisnisnya. Bagi pemula, mungkin sedikit membingungkan. Maka dari itu, baca dan pahami poin-poin berikut dengan seksama.

Kenapa Harus di Lazada?

Cara Jualan di Lazada yang Efektif Untuk Pemula

Seperti e-commerce pada umumnya, Lazada merupakan online platform yang bisa diakses oleh seluruh orang dari mana saja. Jadi, jangan heran kalau berjualan di Lazada mendapat pesanan dari luar pulau bahkan luar negeri. Di Indonesia sendiri, Lazada tergolong marketplace peringkat atas. Keberadaannya sangat populer dan kredibilitasnya tak diragukan lagi.

Seseorang yang bergabung menjadi seller di sini tak perlu memusingkan caranya membuat toko online. Lazada memberikan semua yang dibutuhkan, mulai dari desain toko, sistem stocking, pemantauan pemesanan, dan sebagainya. Semuanya ini semakin mudah dengan adanya aplikasi yang user friendly sehingga berjualan bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Cara jualan di Lazada yang mudah ini juga didukung dengan adanya Lazada University. Ini adalah sebuah fasilitas dalam bentuk kelas online dan offline di mana seseorang mendapatkan ilmu digital marketing, berjualan online, serta memaksimalkan toko online-nya di Lazada. Semuanya bisa diakses secara gratis. Itulah salah satu bentuk komitmen Lazada untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Langkah-Langkah Untuk Berjualan di Lazada

Banyak sekali bukan keuntungan menjadi seller di Lazada? Bagi yang sudah memiliki rencana berbisnis, inilah saat yang tepat mewujudkannya. Kuatkan kembali motivasi dan segera bergabung di e-commerce ternama ini. Lihat cara jualan di Lazada berikut dan ikuti setiap langkahnya:

  1. Registrasi di Lazada

Untuk bergabung di Lazada, tentu saja seseorang harus mendaftar dulu sebagai penjual. Masuk ke situs resmi Lazada dan scroll halaman depannya sampai bawah. Nanti di bagian bawah ada menu “Jual di Lazada”. Klik menu tersebut lalu klik “Daftar Sekarang”, kemudian pilih “Penjual Lazada”.

Agar akun bisa diaktivasi, kolom pendaftaran harus diisi semuanya dengan data-data yang benar. Mulai dari jenis toko, lokasi, nomor telepon, nama toko, e-mail dan password, serta validasi. Untuk memvalidasi, geser kolom ke arah kanan. Langkah berikutnya Lazada akan memandu hingga akun menjadi aktif. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, unggah KTP dan halaman depan buku tabungan yang rekeningnya masih aktif digunakan.

  1. Tanda Tangan Kontrak

Proses pendaftaran masih belum selesai. Setelah akun penjual aktif, seseorang akan diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian. Sebelum memberikan tanda tangan, baca dan pahami dulu dengan cermat karena ini sangat penting supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau merasa dirugikan kelak. Kalau sudah yakin mau menjalin kerja sama, cetak surat tersebut, berikan tanda tangan, lalu kirimkan kembali ke pihak Lazada.

  1. Masukkan Foto-Foto Produk

Pada tahap ini seseorang sudah resmi menjadi seller di Lazada. Tapi, cara jualan di Lazada belum berhenti. Sekarang waktunya mengunggah foto-foto produk yang akan dijual. Pastikan kualitas foto dalam resolusi baik sehingga pengunjung dapat melihatnya dengan jelas. Jangan berikan filter atau editing tambahan karena bisa menimbulkan kekecewaan pada pembeli saat barang diterima tidak sesuai gambar.

Supaya calon pembeli lebih tertarik, berikan keterangan produk yang jelas dan mudah dipahami. Ingat, para penjual online tidak bertemu langsung dengan pembelinya. Oleh sebab itu, deskripsi produk harus mampu menggambarkan kondisi barang sesuai kenyataan. Akan lebih baik kalau menggunakan bahasa yang persuasif sehingga orang mau membelinya.

  1. Mulai Jualan

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, maka toko sudah bisa mulai berjualan. Orang-orang sudah bisa memesan dan melakukan transaksi. Tidak butuh waktu lama untuk launching toko. Sebab, sejak awal akun aktif dan foto-foto barang di-upload, sejak itu juga toko dianggap aktif berjualan. Selain memastikan kualitas foto yang baik, pastikan pula stok ketersediaan barang. Jangan sampai ada orang yang sudah pesan dan bayar, namun ternyata barangnya tidak tersedia.

  1. Lakukan Promosi

Salah satu keuntungan menjadi seller di Lazada adalah bisa melakukan promosi multi-platform. Artinya, promosi tidak terbatas di Lazada saja. Kalau si penjual memiliki akun sosial media lainnya, seperti Facebook, bisa juga mengintegrasikan promo produknya di sana. Ini sangat menguntungkan ketika jumlah pertemanan di Facebook banyak. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang tahu produk yang dijual di Lazada.

Begini Cara Jualan di Lazada yang Cepat Laku

Cara Jualan di Lazada yang Efektif Untuk Pemula

Walaupun jualan di Lazada menguntungkan, seseorang tak dapat menghindari juga persaingan yang ketat antar penjual. Sebab, ada banyak barang serupa yang dijual di platform tersebut. Belum lagi setiap penjual memiliki strategi harga dan promosi yang berbeda-beda. Bagi seorang pemula, bisa melakukan cara-cara di bawah ini agar tidak kalah bersaing:

  1. Buat Deskripsi yang Jelas dan Menarik

Seperti yang disebutkan di atas, membuat deskripsi produk adalah bagian dari cara jualan di Lazada yang krusial. Namun, penjelasan barang saja tidak cukup. Jadi, seorang penjual harus bisa menceritakan produknya secara menarik tanpa dilebih-lebihkan. Kalau bingung bagaimana membuatnya, saat ini ada banyak jasa penulisan yang membantu penulisan deskripsi produk untuk marketplace.

  1. Jadilah Seller yang Fast Respon

Kunci keberhasilan menjual secara online adalah menjadi penjual yang responsif. Artinya, ketika ada calon pembeli yang bertanya lewat chat harus segera dibalas. Jangan didiamkan karena mereka menunggu kepastian. Apakah barangnya ada atau tidak, ukurannya sesuai kah, atau mungkin sedang mencari variasi lainnya. Kalau calon pembeli ditanggapi dengan cepat, maka peluang besar pembelian akan terjadi.

  1. Update Ketersediaan Barang

Beberapa penjual online sering lupa untuk memperbarui stok barang di toko online-nya. Padahal ini sangat penting dan kalau tidak diperhatikan bisa mengundang komplain sehingga reputasi toko menjadi jelek. Untungnya, pada platform Lazada tersedia notifikasi ketersediaan barang. Apabila jumlah barang sudah menipis atau habis, seller akan mendapatkan pengingat untuk segera memperbarui statusnya.

  1. Jangan Menunda Pengiriman

Jika sudah mendapat pesanan, segera lah dikemas dan dikirim. Jangan menunda, terlebih sampai lupa mengirimkannya. Sebab, pembeli bisa mengetahui status barang mereka. Apakah sudah dikirim atau belum, masih dalam pengemasan, atau sudah diantar. Sangat tidak boleh berbohong mengubah status barang dikirim padahal belum dilakukan sebagaimanamestinya.

  1. Pertahankan Rating Bintang 5

Selamat kalau mendapatkan rating bintang 5 dari pembeli! Itu tandanya mereka puas dengan pelayanan yang diberikan serta barang yang diterimanya. Hal ini perlu dipertahankan, bahkan kalau bisa ditingkatkan. Pembeli online akan lebih mempercayai toko dengan banyak rating bintang 5 dari pada promosi yang gencar dari seller-nya itu sendiri.

Itulah semua cara jualan di Lazada, mulai dari pendaftaran sebagai seller hingga mengoptimalkan platform ini agar mengantongi untung yang maksimal. Lazada memang cocok digunakan bagi pemula sebab semuanya telah tersedia, termasuk ilmu-ilmu digital marketing supaya para penjualnya bisa lebih pintar. Dengan begitu, roda perekonomian Indonesia pun tetap bergerak dan tidak menutup kemungkinan muncul lah kreatifitas-kreatifitas baru.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Sep 2021
mobile-closeKredit PintarDownload