Sering Lupa Password IG? Gini Cara Ganti Sandi IG!

24 Apr 2024 by Kredit Pintar., Last edit: 30 Apr 2024

Jangankan password media sosial, terkadang kita mau meninggalkan rumah saja sering lupa mematikan air di kamar mandi, bukan? Akibat terlalu sering mengakses IG di HP, terkadang saat ingin masuk IG melalui PC jadi sering lupa. Tapi jangan khawatir, cara ganti sandi IG di HP dan PC ternyata mudah, Sobat Pintar.

Baca juga: Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Tiktokan

Supaya Sobat Pintar tidak kebingungan, kali ini Kredit Pintar akan membahas cara ganti sandi IG melalui HP dan PC untuk Sobat Pintar semua. Namun sebelum kita membahas cara ganti password, Kredit Pintar ingin membagikan tips membuat kata sandi yang aman terlebih dahulu. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman

Jika akun media sosial kalian bisa diakses dengan mudah oleh orang lain, data pribadi Sobat Pintar bisa diambil mereka. Tentunya ini sangat berbahaya, apalagi jika digunakan untuk keperluan yang aneh-aneh. Jadi, supaya keamanan akun media sosial kalian tetap terjaga, yuk simak tips membuat kata sandi yang aman berikut ini:

1. Hindari Menggunakan Password yang Mudah Ditebak

Banyak sekali pengguna media sosial yang menggunakan kata sandi yang mudah ditebak oleh orang-orang. Seperti tanggal lahir, nama depan atau nama belakang, nama samaran, nama peliharaan, dan lain-lain. Biasanya, pengguna media sosial sering membagikan data-data tersebut dengan sukarela di laman media sosial masing-masing. Seperti mengunggah foto kucing disertai dengan namanya, atau saat merayakan pesta ulang tahun.

Ada banyak orang yang iseng mengumpulkan data-data tersebut dan iseng mencoba membuka akun media sosial kalian dengan data yang sudah mereka kumpulkan. Jika ternyata data yang mereka dapatkan itu benar, maka akun media sosial kalian bisa diambil alih oleh mereka.

2. Kombinasi Kata Sandi Dengan Angka, Huruf, dan Simbol

Supaya kata sandi Sobat Pintar tidak mudah ditebak oleh oknum jahat, Sobat Pintar bisa memperkuat kata sandi yang sudah kalian buat dengan modifikasi angka, huruf, dan simbol. Misalnya, nama peliharaan Sobat Pintar adalah Cingku, maka Sobat Pintar bisa kombinasikan kata sandi tersebut dengan “Cin9KU007,” atau “C1n9KuXO.” Jika dilihat dari kombinasi huruf dan angka tersebut terlihat sulit, bukan? Jadi cobalah untuk mengubah kata sandi Sobat Pintar dengan kombinasi tersebut mulai dari sekarang.

Cara Ganti Sandi IG

Nah, setelah mengetahui cara membuat kata sandi yang aman, sekarang saatnya untuk mengubah kata sandi Instagram kalian melalui langkah berikut:

Baca juga: Buat Video Tiktokmu Makin Seru dengan Tips Ini

1. Cara Ganti Sandi IG di PC

Kalian bisa mengubah password Instagram dengan cara berikut ini:

  1. Masuk ke laman Instagram melalui browser
  2. Lalu, masuk dengan username dan kata sandi Sobat Pintar
  3. Lalu, ketuk ikon foto profil yang terletak di pojok kanan atas, dan pilih “Profil”
  4. Setelah itu, ketuk “Edit Profile” dan pilih “Ubah Kata Sandi”
  5. Masukkan password lama dan buat password yang baru. Pastikan Sobat Pintar menggunakan cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  6. Setelah itu, klik “Ubah Kata Sandi”
  7. Selesai

2. Cara Ganti Sandi IG di HP

Jika Sobat Pintar tidak memiliki PC, kalian bisa mengganti password Instagram melalui smartphone dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone
  2. Masuk ke “Profil” dan klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas, dan pilih “Pengaturan” atau “Setting”
  3. Lalu, masuk ke menu “Keamanan” dan klik “Kata Sandi” atau “Password”
  4. Tulis password lama dan isi password baru di kolom
  5. Setelah itu, klik “Simpan” yang berada di bagian pojok kanan atas

Cara Ganti Sandi IG yang Lupa

Lalu, bagaimana jika Sobat Pintar lupa dengan password Instagram yang lama? Apakah bisa diubah juga? Tentu saja bisa, dengan cara berikut ini:

Baca juga: Pilihan Media Sosial Terbaik Untuk Pasarkan Daganganmu

1. Lupa Password Dalam Kondisi Login

Jika Sobat Pintar lupa dengan password lama IG tetapi kalian masih bisa mengaksesnya di smartphone, kalian cukup klik “Lupa Kata Sandi” atau “Forgot Password” dan ubah kata sandi melalui verifikasi email atau nomor HP yang terdaftar.

Jadi, Sobat Pintar tetap bisa mengganti kata sandi dengan syarat, nomor HP atau alamat email yang kalian gunakan di akun tersebut tetap aktif sehingga Sobat Pintar bisa mendapatkan email verifikasi dari Instagram-nya langsung.

2. Lupa Password Dalam Kondisi Tidak Login dan Tidak Bisa Mengakses Email

Kasus yang kedua adalah ketika Sobat Pintar lupa dengan password Instagram dalam kondisi tidak login di HP ataupun PC dan tidak memiliki akses ke email terdaftar. Solusinya adalah dengan melihat password Instagram yang sudah tersimpan di browser Google Chrome yang kalian miliki. Perlu diketahui, Google Chrome memiliki fitur yang bernama “Simpan Sandi” yang memungkinkan penggunanya untuk melihat kata sandi yang mereka buat di akun media sosial mereka.

Jika Sobat Pintar pernah masuk ke akun Instagram melalui Google Chrome di HP atau PC, kemungkinan kata sandi kamu sudah tersimpan dalam akun Google. Untuk menemukan kata sandi yang sudah tersimpan, kalian bisa simak panduannya berikut ini:

  1. Untuk melihat password yang sudah disimpan, klik “Pratinjau”
  2. Setelah itu, Sobat Pintar akan menemukan beberapa kata sandi di halaman. Carilah kata sandi yang dicari
  3. Setelah itu, Sobat Pintar akan menemukan kata sandi yang sudah tersimpan

Selain melihat kata sandi media sosial, Sobat Pintar juga bisa mengedit, menghapus, atau ekspor kata sandi yang sudah kalian simpan dengan cara berikut ini:

  1. Buka browser Chrome
  2. Klik “Profil” yang terletak di pojok kanan atas dan pilih “Sandi”
  3. Lalu, tampilkan, edit, hapus, atau ekspor password:
    • Tampilkan: Pada sebelah kanan laman, klik “Tampilkan Sandi.” Jika Sobat Pintar mengunci komputer dengan password, maka Sobat Pintar akan diminta untuk memasukkan password komputer
    • Edit: Pada bagian sebelah kanan situ, klik “Lainnya” dan pilih “Edit Sandi”
    • Hapus: Pada bagian sebelah kanan laman, klik “Lainnya” dan pilih “Hapus”
    • Ekspor: Di bagian sebelah kanan “Sandi Tersimpan,” ketuk “Lainnya” dan pilih “Ekspor Sandi”

Penutup

Meskipun Sobat Pintar sudah memiliki kombinasi password yang unik, Sobat Pintar tetap harus mengganti password tersebut secara berkala supaya keamanan akun kalian semakin terjaga.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Apr 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download