Cara Membuat Video Tiktok yang Mudah dan Praktis

12 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 24 Feb 2022

Popularitas Tiktok belakangan ini sudah tidak diragukan lagi. Platform video musik yang diluncurkan pada September 2016 ini diprediksi akan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna pada 2022. Buat kamu pengguna baru yang masih belajar, berikut kami sajikan panduan cara membuat video Tiktok yang mudah dan praktis. 

Baca juga: Inilah Cara Menghapus Akun Tiktok Paling Mudah

Melakukan Pendaftaran Akun Tiktok

Sebelum mulai membuat video, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-install aplikasi dan membuat akun Tiktok terlebih dahulu. Meskipun aplikasi ini dapat diakses tanpa akun, tetapi untuk mulai melakukan interaksi, seperti like, comment, dan posting video kamu perlu daftar dan login menggunakan email/nomor telepon, Facebook, Google, Twitter, maupun akun KakaoTalk.

Setelah berhasil mendaftar, biasanya Kamu akan mendapatkan username berisi sederet angka. Untuk membuat profilmu lebih mudah ditemukan, username tersebut bisa diubah dengan nickname yang simpel dan jauh lebih mudah diingat. Selain itu, kamu juga bisa mengatur profil menjadi lebih menarik dengan mengubah foto profil serta menambahkan bio.

Mempersiapkan Ide Konten

Setelah melakukan pendaftaran akun, kamu bisa mulai menyusun rencana tentang ide konten yang akan dibawakan. Step ini merupakan langkah dasar yang sangat penting pada serangkaian cara membuat video Tiktok. Beberapa jenis konten yang sedang ngetren di Tiktok, misalnya video tips dan trik, tutorial penggunaan produk, dance challenge, review film, tutorial make up, konten memasak, menyanyi, video game, melawak, dan sebagainya.

Jika jenis konten sudah ditentukan, kamu bisa mulai melakukan riset dan pencarian terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan video yang akan dibuat. Misalnya jika akan membuat video berisi review film, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang film yang sedang populer dan banyak diperbincangkan, menonton film tersebut dengan seksama, kemudian menentukan hal-hal yang akan dibahas dalam konten review tersebut.

Relevansi konten yang kamu buat dengan tren yang sedang populer merupakan satu hal penting yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan semakin up to date materi yang diangkat, akan semakin besar pula kemungkinan masuk fyp dan menerima banyak like, comment, maupun stitch dari pengguna Tiktok lainnya.

Membuat Video

Jika sudah memiliki akun dan mempersiapkan ide konten yang menarik, kamu bisa mulai membuat video sesuai dengan yang dikehendaki. Berikut merupakan serangkaian cara untuk membuat video Tiktok yang mudah dan praktis.

Pertama-tama, kamu bisa klik ikon “+” di bar bawah yang terletak pada halaman home. Setelah itu, akan muncul tampilan yang berisi fitur untuk merekam, menambahkan efek, mengubah filter, membalikkan kamera (mengganti kamera belakang atau depan), fitur edit wajah untuk mempercantik, penghitung mundur untuk mulai merekam, pengatur kecepatan, dan fitur untuk menambahkan suara. 

Kamu juga bisa langsung memilih video/foto dari galeri handphone-mu, caranya dengan meng-klik fitur “unggah” kemudian memilih video/foto yang sudah tersimpan di penyimpanan telepon. Video/foto yang dipilih juga bisa lebih dari satu, lho!

Jika hendak merekam secara manual di aplikasi Tiktok, kamu bisa menentukan terlebih dahulu durasi yang diinginkan. Durasi yang disediakan bervariasi, mulai dari 15 detik, 60 detik, atau 3 menit. Setelah itu, tentukan kecepatan video dalam proses perekaman, apakah standar, dipercepat 2x, 3x, atau diperlambat.

Apabila sudah mengatur durasi dan kecepatan, kamu bisa memilih efek atau mengubah filter yang cocok. Untuk membuat penampilan menjadi lebih kece, dapat digunakan fitur “percantik” yang bisa membantu menyamarkan jerawat dan pori-pori wajah, membuat mata terlihat lebih besar, memancungkan hidung, dan mengubah bibir menjadi lebih terang seperti menggunakan lipstik.

Setelah itu, kamu bisa memilih suara latar dalam video. Tiktok menyediakan berbagai jenis suara mulai dari potongan lagu, instrumen, maupun suara latar lainnya yang berasal dari beberapa suara buatan pengguna lain. Jika tidak ada yang sesuai, kamu bisa menggunakan suara original hasil rekaman atau membuat komposisi suara lain. 

Apabila suara latar sudah ditentukan, proses perekaman bisa langsung dimulai. Fitur hitung mundur tersedia jika dibutuhkan sedikit waktu untuk bersiap-siap sebelum rekaman dimulai.

Setelah proses perekaman selesai dilakukan, tahap selanjutnya yaitu proses mengedit. Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran Video Melalui HP

Melakukan Editing

Di dalam rangkaian cara membuat video Tiktok, melakukan editing merupakan langkah yang tidak kalah penting. Hal ini dikarenakan pengguna Tik Tok biasanya lebih menyukai video yang editing-nya rapi dan tidak membosankan ketika ditonton sehingga setelah proses merekam, ada baiknya kamu mengedit videonya terlebih dahulu sebelum diunggah. 

Melalui fitur editing, kamu bisa memastikan kembali apakah hal-hal yang ingin disampaikan sudah tercantum secara lengkap dalam video atau ada yang terlewat. Selain itu, beberapa fitur lain juga tersedia misalnya memasukkan tulisan dan memilih jenis huruf (font) serta warnanya, mengatur letak dan besar tulisan, serta menentukan durasi tulisan.

Jika video yang dipilih adalah video yang berasal dari galeri, pada bagian editing, kamu juga bisa menambahkan suara, mengubah filter, menambahkan efek, serta menambahkan tulisan. Proses editing dilakukan agar video yang diupload menjadi jauh lebih menarik.

Mengunggah Video

Langkah terakhir pada serangkaian cara membuat video Tiktok yakni mengunggah video. Proses ini bisa dibilang merupakan step paling menentukan yang bisa membantu kontenmu viral.

Setelah proses editing selesai dilakukan, Tiktok akan mengarahkan menuju halaman preview. Pada bagian ini, kamu bisa menentukan siapa saja yang bisa menonton video Tiktok. Terdapat tiga pilihan privasi, yaitu “semua orang”, “teman”, dan “hanya saya”.

Pada halaman preview, kamu juga bisa mengatur apakah pengguna lain bisa menulis komentar, melakukan duet, atau melakukan stitch. Terdapat juga pengaturan untuk menyimpan video yang diunggah secara otomatis ke dalam galeri. Sampul video juga dapat dipilih untuk membantu kontenmu terlihat rapi di feed.

Sebelum melakukan proses unggah, kamu bisa menentukan caption yang sesuai. Pastikan untuk memilih caption yang singkat, padat, dan jelas serta mampu mendefinisikan apa yang kamu sampaikan dalam video. Hal tersebut dikarenakan jumlah karakter untuk caption Tiktok dibatasi, yakni hanya 150 karakter.

Jangan lupa menyertakan hashtag untuk membantu VT-mu (video Tiktokmu) mencapai lebih banyak pemirsa. Kamu bisa gunakan #fyp, #foryourpage, maupun hashtag lain yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Setelah itu, unggah dan biarkan videomu sampai ke fyp pengguna-pengguna lainnya.

Itu tadi serangkaian cara membuat video Tiktok yang mudah dan praktis. Pastikan untuk memperhatikan tahap-tahapnya dengan cermat ya. Jangan lupa untuk terus menonton video dari pengguna-pengguna lain agar kamu bisa menyesuaikan konten dengan perkembangan informasi. Selain itu, asah terus kemampuan mengedit video agar kualitas VT yang kamu unggah semakin baik. Selamat mencoba! 

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Youtube dengan Viewers Banyak

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download