Inilah Cara Menghapus Akun TikTok Paling Mudah

18 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 21 Jan 2022

Buat saat ini, masih beredar isu bahwa data pribadi rentan bocor lewat aplikasi TikTok. Hal tersebut membuat sebagian pengguna khawatir. Mereka pun hendak menghilangkan akun milik sendiri, tapi tidak tahu bagaimana cara menghapus akun TikTok.

Inilah Cara Menghapus Akun TikTok Paling Mudah

Padahal untuk menghapus akun, kamu bisa meminta ke teman sendiri. Tentu, teman tersebut harus ahli dalam menggunakan aplikasi TikTok. Jangan lupa berikan kepada mereka sejumlah uang sebagai tanda terima kasih.

Jika tidak, kamu bisa mencari dan membaca pembahasan yang ada di artikel kali ini sampai habis!

Baca juga: Cara Duet TikTok, Ternyata Mudah dan Simpel!

Cara Menghapus Akun TikTok

Sebenarnya, banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan keberadaan akun TikTok-mu. Semuanya pasti berjalan lancar dan sesuai keinginan. Sebagai pengguna, kamu bisa memilih salah satu dari metode berikut ini.

1. Lewat Aplikasi TikTok

Untuk menghilangkan akun lewat aplikasi TikTok itu sendiri, kamu harus menyiapkan koneksi internet terlebih dulu. Kemudian, pastikan akun tersebut masih aktif. Ketika dua hal ini terpenuhi, silakan ikuti langkah-langkah cara menghapus akun TikTok permanen:

  • Buka aplikasi TikTok terlebih dulu.
  • Pergi ke bagian Profile
  • Pilih titik tiga di bagian kanan atas profile
  • Disana, muncul beragam opsi yang bisa kamu pilih. Klik bagian Kelola Akun
  • Pilih menu Hapus Akun. Tekan pula menu Lanjutkan
  • Lakukan verifikasi akun dengan cara mengikuti panduan yang ada.
  • Terakhir, Tap Konfirmasi dan akun pun telah dihapus.

Buat cara menghapus akun TikTok satu ini, akun akan benar-benar terhapus ketika melebihi 30 hari lamanya. Bila kamu mengakses kembali sebelum durasi tersebut, akun masih bisa dipakai. Kamu pun dapat mengajukan kembali permohonan hapus ke pihak TikTok.

Proses pengajuan hapus akun sama seperti langkah-langkah di atas. Tidak ada yang berubah sama sekali. Mungkin akan ada sedikit perbedaan, terutama dari segi lama tidaknya proses tersebut selesai.

2. Pusat Bantuan TikTok

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, salah satu langkah cara menghapus akun TikTok punya sendiri adalah melakukan verifikasi terlebih dulu. Melalui kedua media, yaitu alamat email atau nomor telepon. 

Bagi sebagian orang, proses verifikasi bakal berjalan lancar. Tidak memakan waktu sampai satu hari lebih. Sehingga mereka pun dengan mudah dapat menghapus akun dan membuatnya kembali sesuai keinginan.

Pada sisi lain, ada orang yang tinggal di daerah terpencil. Susah untuk mendapatkan sinyal internet. Oleh karenanya, proses penghapusan akun berjalan lambat bahkan cenderung gagal walau telah dicoba berulang kali.

Nah bila kamu mengalami permasalahan yang kedua, kamu bisa mengikuti cara menghapus akun TikTok permanen lewat layanan Pusat Bantuan berikut!

  • Buka aplikasi TikTok
  • Pergi ke bagian Profil yang ada di sebelah kanan layar
  • Ketika melakukan hal tersebut, terbuka ikon titik tiga di bagian kanan layar
  • Beberapa menit kemudian, tampil beberapa menu yang bisa kamu pilih. Dalam kasus ini, kamu harus tap Laporkan Masalah
  • Pilih Topik Permasalahan pada bagian tersebut.
  • Nantinya, pihak TikTok bakal memberikan beberapa panduan yang bisa kamu ikuti untuk menghapus akun.
  • Jika tidak membantu, ketik pesan di kolom tersedia. Ceritakan permasalahan yang sedang terjadi sekarang.
  • Tunggu sampai beberapa hari kemudian. Nantinya, pihak TikTok bakal membalas pesan darimu.
  • Setelah itu, ikuti saran yang diberikan oleh pihak TikTok kepadamu.

Baca juga: Raih Cuan Berlimpah, Begini Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok  

3. Call Center TikTok

TikTok menyediakan layanan Call Center kepada seluruh penggunanya. Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk berbagai keperluan. Misalnya mengirim kritik kepada pihak pengembang dan pengelola aplikasi TikTok.

Selain itu, kamu pun dapat menggunakan layanan Call Center sebagai salah satu cara menghapus akun TikTok lupa password dan email. Tentunya dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka Aplikasi TikTok
  • Cari informasi mengenai Call Center aplikasi satu ini
  • Bila menemukannya, kamu bisa mengirimkan pesan kepada pihak pengelola TikTok melalui email.
  • Kalau ingin menghubungi langsung, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup.
  • Nantinya, kamu bakal dibimbing untuk mengikuti semua langkah-langkah oleh pihak admin.

Risiko Hapus Akun TikTok

Dengan mengikuti cara menghapus akun TikTok lama, akunmu bisa hilang dengan seketika. Kemungkinan data terbobol pun cenderung tidak ada, sehingga semua informasi tentang dirimu tidak bisa orang lain manfaatkan untuk keperluan tertentu.

Pada sisi lain, masih ada risiko menakutkan kalau kamu nekat menghapus akun. Siap menghampirimu jika nekat melakukannya. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Video Hilang

Ketika kamu memutuskan untuk menghapus akun TikTok sendiri, semua video yang pernah diunggah bakal hilang seketika. Tidak bisa orang lain tonton, meskipun mereka mencarinya berulang kali.

Risiko cara menghapus akun TikTok ini tidak masalah bagi mereka yang baru bermain di TikTok. Pasalnya mungkin saja mereka baru mengunggah beberapa video saja, sehingga jumlah penonton sangat sedikit.

Situasi tersebut bakal berubah kalau yang kena adalah akun dengan jumlah pengikut tinggi. Sang pemilik akun pastinya merasa panik. Dia pun ingin mengembalikan akun, tapi akhirnya tidak bakal terakses lagi.

Si pemilik mesti mengunggah ulang semua video yang belum tentu penontonnya bakal sebanyak kesempatan sebelumnya. Padahal ketika membuat suatu konten di TikTok membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. Pengikut Hilang

Dengan terhapusnya akun TikTok sendiri, semua pengikut bakal hilang secara perlahan. Kamu pun harus mencarinya kembali meskipun memakan waktu yang cukup lama, yaitu satu bulan lebih.

Tentu ini menjadi suatu kerugian besar bagi akun-akun dengan pengikut lumayan banyak, sampai seribu pengguna lebih. 

Untuk menanggulangi hal tersebut, jangan ikuti langkah-langkah cara menghapus akun TikTok di atas. Apalagi kalau tidak ada sesuatu hal yang sifatnya urgen dan mengancam data pribadimu. Mending terus unggah video agar pengikut semakin melimpah.

Mengingat sampai saat ini, masih belum ada fitur di TikTok yang mengatur tentang backup data dari seluruh pengguna.

3. Harus Mengulangi Dari Awal

Kamu harus mengulangi dari awal ketika akun TikTok milik sendiri terhapus walau tidak sengaja.

Kamu harus mendaftarkan akun TikTok baru kembali menggunakan media alamat email atau nomor telepon. Kemudian, kamu wajib memasang foto profil di akun. Tidak lupa untuk mengunggah video sesuai keinginan.

Tentu risiko cara menghapus akun TikTok ini merupakan salah satu kerugian yang luar biasa. Mengingat kamu harus mencari pengguna kembali yang memakan waktu lumayan lama, bahkan satu bulan lebih.

Inilah Cara Menghapus Akun TikTok Paling Mudah

Baca juga: Tips Berjualan Di Tiktok Mudah Dan Menguntungkan

Sebenarnya di luar sana, ada cara-cara jitu untuk menggaet pengikut kembali. Dengan tujuan supaya akun TikTok milikmu ramai seperti semula dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Materi mengenai hal ini bisa kamu ikuti dengan sebaik mungkin. Kalau misalnya ada kendala tentang bagaimana cara mendapatkan pengikut di TikTok, kamu bisa meminta bantuan kepada ahli yang ada di sekitarmu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download