Cara Duet TikTok, Ternyata Mudah dan Simpel!

30 Oct 2021 by Laruan

Lagi santai sambil scroll video-video di For You Page atau FYP TikTok, terus kepikiran untuk duet video? Nah, buat Sobat Pintar yang masih bingung dengan cara duet TikTok, tidak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan cara duet video yang sangat mudah dan juga begitu simpel.

Cara Duet TikTok, Ternyata Mudah dan Simpel!

TikTok sendiri akhir-akhir ini telah menjadi salah satu media sosial terbesar yang memiliki banyak pengguna di seluruh belahan dunia. Saat ini, aktivitas luang orang-orang tidak hanya sekedar scroll Instagram saja, tapi juga scroll TikTok. Banyak video yang hanya menggunakan fitur bawaan TikTok berseliweran di FYP, salah satunya adalah fitur duet.  Fitur ini menghadirkan sensasi seolah-olah kita sedang berduet atau membuat video bareng orang lain. Menarik, bukan?

Tak kenal maka kenalan. Seperti kata pepatah yang sudah dimodifikasi ini, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui apa itu fitur duet di aplikasi TikTok sebelum mencari tahu lebih lanjut mengenai cara duet TikTok itu sendiri. 

Apa Itu Fitur Duet TikTok?

Duet adalah sebuah fitur yang ada di aplikasi TikTok yang fungsinya untuk membuat kita bisa lebih mengeksplorasi kreativitas video dalam bentuk kolaborasi dengan orang lain. Dalam aplikasi ini, ada dua fitur yang bisa Sobat Pintar gunakan sebagai cara duet TikTok. Sobat Pintar dapat menduetkan video dengan fitur Duet yang memang sesuai dengan namanya, atau pun menggunakan fitur Stitch.

Fitur Duet sendiri membuat pengguna dapat berkolaborasi dengan cara menampilkan dua grid video yang mana video satunya adalah video milik Sobat Pintar sendiri dan satunya lagi video pengguna lain. Sedangkan fitur Stitch menawarkan cara lain, yaitu, dua video akan di-play secara bergantian.

Cara Duet TikTok

Setelah kenalan secara singkat dengan fitur Duet TikTok, pembahasan selanjutnya mengenai cara duet TikTok menggunakan fitur Duet maupun fitur Stitch yang ditawarkan untuk fitur interaktifnya. Mula-mula, tentunya Sobat Pintar perlu memiliki akun di media sosial asal negeri Panda ini, ya. Jika hanya menggunakan mode guest atau tamu, Sobat Pintar tidak akan bisa menggunakan fitur duet video. Setelah selesai membuat akun di TikTok, sekarang saatnya menyimak pembahasan mengenai cara duet TikTok.

Cara Duet TikTok Dengan Fitur Duet

Cara duet TikTok dengan fitur ini sangat sederhana dan pastinya mudah dipahami. Langsung saja, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat video TikTok kamu semakin menarik.

  1. Buka aplikasi TikTok yang telah diinstal pada handphone.
  2. Jika Sobat Pintar sudah login sebelumnya, TikTok akan langsung menampilkan video-video FYP yang ada. Jika belum, Sobat Pintar bisa login terlebih dahulu dengan menggunakan email atau nomor handphone dan password yang sudah terdaftar.
  3. Cari video yang ingin Sobat Pintar gunakan untuk kolaborasi. Sobat Pintar juga bisa mencari di kolom search dengan keyword “#duet”.
  4. Jika sudah menemukan video menariknya, Sobat Pintar dapat tap simbol tanda panah yang berada di sebelah kanan bawah video.
  5. Akan muncul beberapa pilihan fitur yang dapat Sobat Pintar gunakan. Tekan ikon bertuliskan “Duet” yang terlihat seperti gambar wajah.
  6. Tunggu sampai aplikasi memproses perintah fitur Duet yang sudah Sobat Pintar tap tadi. 
  7. Setelah itu, Sobat Pintar akan diarahkan ke tampilan pembuatan video, tampilannya dibagi dua grid atau garis. Satu sisi berisi video milik pengguna lain, sisi lainnya adalah video yang akan Sobat Pintar buat.
  8. Sobat Pintar dapat membuat duet video menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan fitur filter yang keren, mengatur durasi video, mengubah suara, layout, mic, dan lainnya.
  9. Tap tombol merah saat sudah siap untuk merekam video. Buatlah video semenarik yang Sobat Pintar inginkan.
  10. Sobat Pintar bisa langsung membagikan video itu ke pengguna lainnya atau sekadar menyimpannya untuk konsumsi pribadi.

Cara Duet TikTok Dengan Fitur Stitch

Cara duet TikTok dengan fitur Stitch dan fitur Duet sebenarnya memiliki cukup banyak persamaan. Jika Sobat Pintar sudah mengetahui cara menggunakan fitur Duet, maka menggunakan fitur Stitch tidak akan terasa begitu sulit. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak pembahasan mengenai cara duet TikTok dengan menggunakan fitur Stitch berikut ini.

  1. Buka aplikasi TikTok di handphone, lalu pastikan Sobat Pintar sudah memiliki akun dan login. Tampilan awal TikTok saat dibuka akan muncul halaman FYP.
  2. Cari video yang menarik, jika masih bingung mencarinya, boleh mencarinya dengan memanfaatkan kolom pencarian dengan keyword “#stitch”
  3. Jika sudah, tap ikon panah pada bagian kanan bawah video. Tunggu sampai tampilannya berubah.
  4. Sobat Pintar akan diminta untuk memilih 1-5 detik scene di video yang ingin di-stitch kemudian tekan next
  5. Akan muncul tampilan di mana Sobat Pintar dapat merekam video sendiri dengan durasi yang diinginkan serta tambahan fitur lain untuk memperindah video. Tekan tombol merah saat akan menduetkan video.
  6. Tap ikon ceklis yang ada di pojok kanan bawah jika sudah kelar menduetkannya.
  7. Sobat Pintar bisa melihat dan mengedit lagi hasil duet video dan kemudian menyimpan atau membagikannya.

Nah, itulah cara duet TikTok yang sederhana, mudah, dan pastinya sangat menarik, dengan menggunakan fitur Duet dan Stitch yang sudah disediakan oleh aplikasi penghibur ini. Jika Sobat Pintar menemukan video yang fitur Duet dan Stitchnya tidak aktif, Sobat Pintar dapat mengunduh video itu terlebih dahulu, dan menggunakan aplikasi lainnya yang dapat membuat video grid seperti aplikasi PhotoGrid.

Berbicara tentang TikTok nih, kira-kira Sobat Pintar sudah pada tahu belum kalau sekarang kita sudah bisa berbelanja di TikTok? Jadi, saat ada video rekomendasi barang-barang menarik, Sobat Pintar tidak perlu lagi repot-repot minta link e-commerce, melainkan dapat langsung membeli barang-barang yang diinginkan tersebut secara langsung melalui aplikasi ini. Barang-barang yang dijual pun sangat terjangkau, dan menariknya lagi ada banyak promo gratis ongkos kirim yang sayang banget untuk dilewatkan. Jika masih bingung cara bayarnya atau pun kantong lagi seret, Sobat Pintar bisa banget mengandalkan Kredit Pintar sebagai solusi atas permasalahan keuangan yang dialami.

Uang yang dipinjam dari Kredit Pintar dapat dicairkan hanya dalam waktu 5 menit saja, loh. Sobat Pintar dapat mengalokasikan uangnya di akun bank, Gopay, Dana, sampai uang tunai untuk dibayarkan ke TikTok Shop nantinya. Selain dapat menggunakan cara duet TikTok, Sobat Pintar juga dapat berbelanja di aplikasi yang sama, praktis dan sudah pasti tetap kekinian bukan? So, tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman Sobat Pintar di aplikasi Kredit Pintar!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload