Tips Berjualan Di Tiktok Mudah Dan Menguntungkan

08 May 2021 by kreditpintar, Last edit: 08 May 2021
tips berjualan di tiktok

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih berjualan melalui bisnis online, karena lebih mudah di jangkau. Mengingat trend berbisnis sekarang lebih mengedepankan penggunaan sosial media, sehingga semakin banyak pelaku bisnis yang menerapkannya. Ada beberapa sosial media yang biasa digunakan untuk berjualan seperti Facebook, Instagram bahkan merambah pada aplikasi terbaru yang terkenal dengan jogetnya alias Tiktok. Di bawah ini terdapat beberapa tips berjualan di tiktok yang bisa Sobat Pintar tiru, yaitu sebagai berikut.

8 Tips Berjualan di Tiktok Paling Menguntungkan

Jadikan Sebagai Akun Bisnis

Supaya akun Sobat Pintar terlihat lebih profesional dan dilirik banyak orang, pastikan jika akun tiktok Sobat Pintar sebagai akun bisnis. Caranya juga terbilang mudah, Sobat Pintar hanya perlu mengunduh aplikasi tiktok di Google Play Store atau App Store.

Kemudian, daftar akun menggunakan data bisnis seperti email, nama akun sesuaikan dengan nama bisnis Sobat Pintar. Setelah aplikasi tersebut terunduh, Sobat Pintar bisa langsung klik ikon saya, kemudian klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu kelola ‘Akun Saya’ menjadi ‘Akun Bisnis’. 

Barulah Sobat Pintar pilih kategori bisnis apa yang sedang dijalani, edit profil, pasang foto dan isi bio dengan informasi selengkap-lengkapnya. Untuk lebih memudahkan, tambahkan juga link jualan di e-commerce. Agar nanti ketika pembeli melihat produk Sobat Pintar dan tertarik, bisa mengunjungi link e-commerce, sehingga bisa langsung membeli atau melihat detail produk yang Sobat Pintar jual. 

Buat Konten Menarik Dan Mengikuti Tren

Ketika Sobat Pintar ingin lapak jualan Sobat Pintar dilirik oleh pemirsa atau pembeli, Sobat Pintar harus menjadi seorang content creator yang handal dalam melihat segmen pasar dan tren pasar. Sobat Pintar juga harus bisa membuat konten video yang menarik serta mengikuti trend tiktok. 

Jika Sobat Pintar mengunggah video standar, kemungkinan besar video tersebut tidak akan dilirik oleh pembeli. Maka, ciptakan video Sobat Pintar menjadi lebih menarik dan berkualitas, atau Sobat Pintar bisa menambahkan model dalam video tersebut. 

Tapi, jika pasaran bisnis Sobat Pintar belum terlalu tinggi coba cara sederhana dengan memanfaatkan teman atau mungkin diri Sobat Pintar sendiri untuk menjadi modelnya. Seperti berbisnis baju, Sobat Pintar bisa mengenakan produk yang Sobat Pintar jual dengan mix and match sebagai outfit of the day karena banyak orang yang melihat referensi pakaian sehari-harinya melalui aplikasi tiktok. Tips berjualan di tiktok ini sebenarnya sangat sederhana dan bisa ditiru oleh siapa saja yang berminat. 

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa membuat konten video berisi kegiatan ketika Sobat Pintar sedang melakukan packaging barang dagangan. Buat video se-estetik mungkin, karena biasanya orang akan lebih tertarik ketika melihat sesuatu yang indah dan unik. 

Supaya konten cepat viral, Sobat Pintar juga bisa membuat video menggunakan sound yang sedang tren digunakan oleh para pengguna tiktok. Hal ini dilakukan supaya video Sobat Pintar masuk ke fyp atau for your page. Dengan begitu, semakin banyak viewers tiktok, maka semakin banyak yang mengunjungi lapak jualan Sobat Pintar. 

Memaksimalkan Penggunaan Fitur 

Aplikasi tiktok merupakan salah satu aplikasi yang belakangan ini sedang ramai digunakan oleh berbagai kalangan, karena ada banyak fitur tersedia di dalamnya. Bahkan, saking banyaknya, beberapa pengguna justru malas menggunakannya, mereka ingin yang simple saja. 

Padahal jika Sobat Pintar bisa memanfaatkannya, hal tersebut bisa menguntungkan bisnis Sobat Pintar sendiri. Memaksimalkan penggunaan fitur tiktok supaya hasil video lebih maksimal. Tiktok tercipta dengan beragam fitur yang memungkinkan video Sobat Pintar jadi lebih menarik perhatian, sehingga konsumen tertarik, seperti adanya musik, voice changer function, sticker dan effect dan masih banyak lainnya.

Buat Caption Unik

Terkadang hal yang sering dilupakan yaitu caption. Padahal, hal ini merupakan elemen penting yang mesti ada, agar konsumen lebih banyak mendapatkan informasi dari produk yang dijual. Ketika Sobat Pintar lupa tidak memberikan caption, maka hal ini bisa mengurangi minat konsumen.

Padahal yang dibutuhkan oleh konsumen adalah informasi selengkap-lengkapnya tentang produk yang dijual. Sehingga, Sobat Pintar harus bisa membuat caption supaya lebih menarik, unik, jelas, dan informatif. Misalnya, dengan memperkenalkan produk yang dijual, bahannya terbuat dari apa, dan yang penting harganya berapa.

Menambahkan Hashtag

Dalam  bisnis di media sosial terutama tiktok, hastag itu sangat penting dan berpengaruh, karena orang akan lebih cepat mengenal dan mengetahui produk yang dijual melalui hashtag. Tipsnya yaitu dengan membubuhkan hastag yang sedang viral atau yang terkait dengan konten yang dibuat. Misalnya Sobat Pintar memposting video rekomendasi baju lebaran, maka Sobat Pintar bisa memakai hashtag #bajulebaran, #outfitlebaran, #rekomendasibajulebaran atau lainnya. 

Dalam tips berjualan di tiktok, Sobat Pintar bisa menambahkan hastag lainnya yang sedang viral, seperti #fyp #foryourpage #business atau lainnya. Kuncinya, Sobat Pintar juga harus sering update mengenai tren tiktok supaya tidak ketinggalan info dan selalu menghadirkan konten terkini. Jika tidak Sobat Pintar bisa mengklik hashtag tersebut untuk melihat beragam inspirasi mengenai konten apa lagi yang akan dibuat. 

Pilih Waktu Posting Yang Tepat

Jika Sobat Pintar sembarangan dalam memposting video tanpa memperhatikan waktu. ini juga bisa menjadi kesalahan video tidak banyak viewers. Agar video promosi yang Sobat Pintar buat bisa dilihat banyak orang, maka perhatikan waktu untuk memposting.

Cari waktu terbaik untuk memposting konten. Biasanya, waktu yang baik untuk memposting video itu sekitar jam 10.00 sampai 13.00 siang. Karena pada jam-jam tersebut anak sekolah, ibu-ibu, anak kuliahan dan pekerja sedang memiliki waktu luang untuk menonton video di tiktok. 

Pasang iklan tiktok 

Sobat Pintar bisa menggunakan tiktok ads supaya bisnis lebih dikenal secara lebih luas. Ada beberapa jenis iklan yang digunakan dalam tiktok ads seperti, pre-roll ads. Jenis ads itu merupakan video iklan yang dimulai ketika pengguna membuka aplikasi. 

Lalu ada juga in-feeds ads yaitu iklan video yang muncul ketika Sobat Pintar men-scroll feed, branded effect yaitu filter efek untuk pembuat konten video seperti di instagram, tapi khusus brand. Selain itu, ada juga promoted hastag challenge yang berguna agar pengguna menggunakan tagar khusus yang dibuat. 

Banyak Belajar

Membuat video di tiktok memang tidak semudah memposting foto di instagram. Tetapi, jika Sobat Pintar berniat untuk berbisnis, pasti Sobat Pintar harus siap untuk belajar. Dalam mempelajari video, memang banyak hal yang mesti dipikirkan.

Mulai dari merancang konten, pengambilan gambar dan memilih lagu yang pas. Tapi, itu semua bisa Sobat Pintar lakukan jika Sobat Pintar mau belajar dan jangan menyerah begitu saja. Ketika Sobat Pintar sudah bisa menerapkan hal demikian, maka proses membuat konten video akan terasa lebih mudah. 

Agar bisnis yang Sobat Pintar kelola semakin berkembang dan laku dipasaran, tentu saja harus memperbanyak produk yang ditawarkan. Jika ternyata modal yang Sobat Pintar miliki tidak cukup, maka Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman uang ke aplikasi yang sudah terpercaya.

Salah satu aplikasi pinjaman uang yang bisa Sobat Pintar gunakan adalah aplikasi Kredit Pintar. Disini, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman online dengan mudah. Dengan Kredit Pintar, pinjaman  yang Sobat Pintar ajukan bisa cair kurang dari 24 jam, sehingga bisa digunakan untuk menambah modal bisnis saat itu juga.

kredit pintar
08 May 2021
mobile-closeKredit PintarDownload