Cara memperkecil ukuran video melalui HP

28 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 30 Dec 2021

Dengan munculnya beragam sosial media yang fokus terhadap konten yang berbentuk video di beberapa tahun ke belakang seperti TikTok dan fitur reels dalam Instagram, para pengguna sosial media jadi lebih aktif dalam pembuatan video. Tentu ada beberapa kendala yang mungkin akan ditemui oleh Sobat Pintar ketika membuat video dan ingin mengunggahnya, salah satunya adalah ukuran video yang terlalu besar. Tapi, bagaimana caranya memperkecil ukuran video?

Salah satu cara yang ampuh untuk memperkecil ukuran video adalah dengan kompres video. Kompres video adalah Teknik untuk memperkecil ukuran file video dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh atau bisa juga dengan mengakses situs tertentu. 

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara memperkecil ukuran video atau bagaimana cara mengeditnya, mari bahas lebih lanjut mengenai video.

Apa itu video?

Dilansir dari Wikipedia, video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia juga dapat digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi, dan keamanan.

Kata video berasal dari kata Latin yaitu “Saya lihat”. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape dan juga perekam video serta pemutar video.

Setelah mengetahui definisi dari video, mari kita bahas lebih lanjut mengenai proses memperkecil dan mengedit video. Ada banyak situs yang bisa dikunjungi dan aplikasi yang bisa diunduh di handphone untuk mempermudah proses memperkecil ukuran video dan mengeditnya sehingga menjadi video yang diinginkan.

Berikut beberapa situs dan aplikasi yang bisa digunakan oleh Sobat Pintar untuk memperkecil ukuran video dan mengeditnya sehingga menjadi lebih cantik untuk dilihat:

Situs untuk memperkecil ukuran video

Berikut beberapa situs yang bisa diakses oleh Sobat Pintar serta langkah-langkahnya untuk mengecilkan ukuran video:

  1. VideoSmaller 
  • Kunjungi situs VideoSmaller.com kemudian pilih menu “Browse”
  • Pilih video yang ingin dikompres
  • Pilih kualitas sesuai yang dibutuhkan
  • Klik “Upload Video”
  • Tunggu hingga proses sudah selesai
  • Klik “Unduh Video”
  1. Freeconvert
Graphical user interface, text, application

Description automatically generated
  • Kunjungi situs freeconvert.com/video-compressor
  • Pada menu “Advanced Settings (Optional)” pilih “Target Size” lalu pilih persentase ukuran yang diinginkan
  • Klik “Choose Files” lalu pilih file video yang ingin dikompres
  • Jika file video yang ingin dikompres ada di situs penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox, Sobat Pintar bisa klik tanda panah ke bawah yang terletak di samping kanan “Choose Files” lalu pilih yang diinginkan
  • Klik tombol “Compress Now” 
  • Sobat Pintar bisa memilih format video yang diinginkan sesuai kebutuhan
  • Klik tombol hijau yang bertuliskan “Download” saat proses kompres sudah selesai untuk mengunduh file video yang sudah dikompres
  1. Resize.com
  • Kunjungi situs resize.com
  • Klik “Choose File” lalu pilih file video yang ingin dikompres
  • Klik “Open”
  • Tunggu hingga proses unggah selesai kemudian pilih ukuran yang diinginkan
  • Klik “Resize”
  • Jika proses sudah selesai, klik “Download” untuk mendapatkan file video yang sudah dikompres
  1. YouCompress
  • Kunjungi situs YouCompress.com
  • Klik “Select File” lalu pilih file video yang ingin dikompres
  • Tunggu hingga proses upload selesai, proses kompres juga dilakukan di tahap ini
  • Unduh video yang sudah dikompres

Baca juga : Memperbesar Ukuran Foto dengan 3 Aplikasi

Aplikasi yang bisa diunduh untuk memperkecil dan mengedit video

Selain melalui situs-situs di atas, proses kompres video juga bisa melalui aplikasi yang bisa diunduh di handphone. Selain kompres video, aplikasi-aplikasi berikut juga bisa digunakan oleh Sobat Pintar untuk mengedit video. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Sobat Pintar unduh agar memudahkan proses kompres dan edit video:

  1. Viva Video

Aplikasi ini bisa diunduh di Android untuk mempermudah Sobat Pintar untuk mengedit video. Di dalam aplikasi ini Sobat Pintar bisa menggabungkan video, memperlambat atau mempercepat video, memasukkan musik, dan masih banyak lagi fungsinya yang lain.

  1. VN Video Editor

Melalui aplikasi ini, Sobat Pintar bisa dengan mudah mengedit video karena aplikasi ini ramah untuk pemula. Di dalam aplikasi ini juga ada beberapa template yang bisa digunakan oleh SObat Pintar untuk mempercantik video yang dimiliki.

  1. InShot

Aplikasi ini bisa diunduh di Android maupun iOS. InShot merupakan salah satu aplikasi favorit karena sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang bisa digunakan seperti memotong video, memasukkan teks atau musik, dan lain sebagainya.

  1. KineMaster

Aplikasi yang disebut-sebut memiliki fitur yang lengkap ini akan memudahkan Sobat Pintar dalam edit video. KineMaster memiliki template yang bisa digunakan para penggunanya.

  1. VidTrim

Sobat Pintar hanya butuh aplikasi yang bisa mengkonversi file video dari MP4 menjadi MP3? VidTrim ini jawabannya karena di Vidtrim ada fitur untuk konversi file video sesuai kebutuhan Sobat Pintar.

Tentu selain aplikasi dan situs di atas, Sobat Pintar juga membutuhkan alat-alat untuk membuat video. Memang Sobat Pintar bisa menggunakan handphone tapi jika ingin membuat video yang lebih professional biasanya membutuhkan alat-alat lainnya.

Berikut beberapa peralatan yang biasanya digunakan oleh videographer untuk membuat video yang lebih berkualitas:

  1. Kamera
  2. Lensa
  3. Audio
  4. Filter
  5. Tripod
  6. Lighting

Waw ternyata cukup banyak ya peralatan yang dibutuhkan oleh para videographer professional untuk membuat video yang berkualitas?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download