Memperbesar Ukuran Foto dengan 3 Aplikasi

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Sebenarnya memperbesar ukuran foto bisa dilakukan dengan mudah, tanpa perlu memasang aplikasi tambahan maupun menggunakan situs web khusus. Perangkat komputer Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi edit foto yang bernama Paint dan bisa digunakan untuk mengedit foto.

Salah satu fitur yang tersedia di aplikasi Paint adalah resize foto atau mengubah ukuran gambar menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan keinginan Anda. Sayangnya, cara memperbesar ukuran gambar yang satu ini kurang efektif karena membuat kualitas gambar menurun.

Baca juga: 5 Mata Uang Tabungan Valas Terbaik

Pilihan Aplikasi untuk Memperbesar Ukuran Foto

Ada berbagai cara lain yang bisa Anda coba untuk mengubah ukuran gambar menjadi lebih besar tanpa mempengaruhi kualitas gambar itu sendiri. Sehingga nantinya foto yang dihasilkan akan tampak bagus, tidak hancur maupun pecah-pecah. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi khusus.

Banyak aplikasi yang dirancang untuk mempermudah proses pembesaran gambar tanpa mempengaruhi kualitasnya. Beberapa aplikasi yang terbaik untuk dicoba ada dalam daftar di bawah ini. Gunakan salah satu aplikasinya untuk memperbesar ukuran gambar yang Anda inginkan.

Photo Compress 2.0

Aplikasi yang pertama bernama Photo Compress 2.0 yang dipublikasikan oleh Saawan Apps. Aplikasi edit foto yang satu ini bisa diunduh gratis dari Play Store dan sudah mendapatkan rating yang tinggi dari para penggunanya sehingga Anda sendiri bisa mempercayai aplikasi ini.

Pertama-tama, unduh aplikasinya dari Play Store kemudian pasang dan jalankan aplikasi untuk memperbesar ukuran foto. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk memperbesar ukuran gambar menggunakan Photo Compress 2.0.

  • Setelah aplikasi Photo Compress 2.0 terbuka, tap pada pilihan Pick an Image from Gallery. Kemudian cari foto atau gambar yang ingin Anda besarkan resolusi atau kualitasnya.
  • Kemudian tap tombol Resize Image yang ada di bagian tengah lalu tap pada pilihan Pixel untuk mengubah ukuran foto atau gambar tersebut.
  • Untuk memperbesar ukuran foto, masukkan angka yang lebih besar daripada Current Aspect Ratio. Misalnya Anda bisa memasukkan 1280 ke bagian width dan 600 ke bagian height agar foto yang tadinya berukuran 640 x 400 pixel bisa berubah menjadi lebih besar.
  • Kalau Anda tidak ingin mengubah aspect ratio dari foto, centang bagian Maintain Aspect Ratio. Kemudian tap tombol Resize untuk memulai proses pengubahan ukuran foto.
  • Setelah proses konversi foto selesai, foto yang sudah berubah ukurannya akan tersimpan ke penyimpanan smartphone Anda.

Kelemahan aplikasi yang satu ini adalah hanya bisa mengubah ukuran gambar satu per satu. Kalau ternyata ada banyak foto yang ingin Anda perbesar ukurannya, Anda harus mengulangi cara memperbesar ukuran foto di atas setiap kali akan mengubah ukuran masing-masing foto.

Z Mobile Photo Resizer

Aplikasi Android lain yang sangat berguna untuk mengubah ukuran gambar dengan mudah dan cepat adalah Photo Resizer buatan Z Mobile Apps. Aplikasi ini mendapatkan rating yang lebih tinggi daripada Photo Compress 2.0 sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Baca juga: 5+ Ide Desain Kemasan Kreatif untuk Produk Usahamu

Ada banyak fitur yang bisa Anda temukan di aplikasi Photo Resizer ini. Fitur terbaik yang membuatnya lebih unggul dari Photo Compress 2.0 adalah Batch yang memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran beberapa file foto sekaligus sehingga tidak perlu mengulangi proses yang sama berkali-kali.

Fitur keren lain yang sangat berguna dan bisa Anda temukan di aplikasi ini antara lain:

  • Memperbesar ukuran foto dengan menggunakan persentase. Anda bisa mengubah ukuran foto dengan sangat mudah. Cukup dengan memilih persentase perubahan ukuran, mulai dari 25%, 40%, 50%, 75%, atau custom sesuai dengan keinginan Anda.
  • Mengubah ukuran foto dengan memilih aspect ratio yang tersedia. Photo Resizer juga menyediakan pilihan aspect ratio untuk Anda yang ingin mengubah ukuran foto secara otomatis. Ada berbagai aspect ratio yang tersedia, misalnya 1080×1080 dan 720×1080.
  • Langsung membagikan foto yang selesai di edit untuk menghemat penyimpanan. Setelah selesai mengedit dan mengubah ukuran foto, Anda bisa langsung membagikannya melalui email maupun aplikasi lainnya.

Segera setelah Anda selesai memperbesar ukuran foto, Anda bisa langsung mengunggahnya atau membagikannya ke berbagai akun media sosial yang Anda miliki. Platform media sosial yang didukung oleh Photo Resizer antara lain Facebook, Instagram, Flickr, KakaoTalk, dan sebagainya.

Resize Me

Bagi yang membutuhkan aplikasi edit video yang mudah untuk digunakan, ada Resize Me buatan XnView yang juga mendapatkan rating cukup tinggi dari para penggunanya. Seperti Photo Resizer, Resize Me juga menawarkan berbagai macam fitur yang sangat menarik dan bermanfaat.

Aplikasi Resize Me ini hadir dalam dua versi yang berbeda. Salah satu versinya adalah versi gratis yang membawa fitur dalam jumlah terbatas dan berisi iklan. Versi lainnya adalah versi pro dengan fitur yang jauh lebih lengkap dan bersih dari iklan. Beberapa fitur Resize Me antara lain:

  • Custom Size untuk memperbesar ukuran foto dengan ukuran tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Fitur ini akan sangat berguna kalau Anda ingin mengubah ukuran foto agar pas dengan ukuran yang ditentukan oleh Instagram.
  • Rotate dan Crop untuk mengedit foto sehingga menjadi lebih lurus. Dengan memanfaatkan alat rotate, Anda juga bisa mengubah orientasi foto yang tadinya portrait menjadi landscape dan sebaliknya.
  • Bisa menyimpan foto dalam berbagai format, yaitu PNG dan JPEG. Anda bisa menyimpan foto yang sudah selesai diedit dalam format PNG agar kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan foto yang formatnya JPG.
  • Bagikan foto setelah selesai memperbesar ukuran foto. Resize Me juga memungkinkan Anda untuk menyimpan foto yang sudah selesai diedit atau langsung membagikannya ke akun media sosial maupun melalui email.
  • Batch Resize untuk mengubah ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus sehingga tidak perlu mengulang proses yang sama berkali-kali. Sayangnya, fitur yang satu ini hanya ada di versi pro yang mengharuskan Anda untuk membayar biaya berlangganan.
  • Bisa menambahkan watermark berupa teks ke foto yang diedit menggunakan aplikasi Resize Me versi pro. Watermark akan membuat foto Anda tampak berkualitas dan lebih profesional.

Selain tiga aplikasi diatas, masih banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memperbesar ukuran foto. Pastikan untuk memperhatikan kualitas aplikasi sebelum mengunduh dan memakainya. Semakin tinggi ratingnya, semakin berkualitas aplikasi tersebut.

Gunakan Aplikasi Terbaik untuk Hasil Optimal

Aplikasi gratis memang lebih menarik untuk digunakan. Tapi biasanya aplikasi berbayar lebih berkualitas karena menawarkan fitur premium yang tidak ada di aplikasi gratis. Sayangnya, tidak semua orang siap untuk menggunakan aplikasi berbayar karena keterbatasan dana.

Pasang aplikasi Kredit Pintar sekarang juga dan dapatkan dana yang Anda butuhkan untuk menggunakan aplikasi berbayar yang berkualitas. Kredit Pintar siap membantu Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan apapun dengan mudah, cepat, dan aman.

Misi Anda untuk memperbesar ukuran foto pun akan segera terlaksana berkat pinjaman dana aman dari Kredit Pintar yang tidak akan membebani keuangan Anda.

Baca juga: Mengenal Lebih Teknik Social Engineering

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download