5 Mata Uang Tabungan Valas Terbaik

25 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 28 Nov 2021

Banyak saat ini para milenial yang mulai berubah cara pandang mereka dalam dalam menentukan tabungan untuk masa depannya, contoh kecil saat ini mulai banyaknya pemuda Indonesia yang beralih menggunakan Tabungan Valas atau lebih familiar dengan sebutan tabungan dollar.

5 Mata Uang Tabungan Valas Terbaik

Secara mudah Tabungan Valas dapat dijadikan sebuah wadah dalam mengumpulkan uang tabungan dalam bentuk mata uang asing seperti Dollar, Singapore Dollar, Australian Dollar, Dolar Selandia Baru, dan lain sebagainya.

Tabungan Valas terbilang cukup menjadi solusi banyak orang kala mereka ingin berinvestasi apalagi disaat pandemi seperti saat ini karena selain menguntungkan, tabungan Valas terbilang sudah di jamin aman karena masih dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kemudahan dalam bertransaksi menjadi nilai lebih dari produk investasi ini dan memiliki nilai tukar yang cukup kompetitif. Tak ayal dengan cara berinvestasi di Tabungan Valas menjadi salah satu rekomendasi yang Kredit Pintar sarankan pada artikel ini.

Sebenarnya, Tabungan Valas terbaik yang dapat Sobat Pintar pilih itu seperti apa, bagaimana cara bertransaksi dan keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan? Berikut penjelasan lengkap yang harus Sobat Pintar simak.

Apa Itu Tabungan Valas, dan Manfaat Menabung di Tabungan Valas?

Secara umum, Tabungan Valas merupakan suatu produk simpanan dalam bentuk mata uang asing yang dapat digunakan oleh nasabah secara perorangan dengan satu nomor rekening yang didalamnya terdapat beberapa mata uang asing.

Lalu, apakah baik untuk menabung dengan Tabungan Valas saat ini terutama disaat pandemi. Garis besarnya, apabila dengan tujuan menabung semuanya pasti akan baik-baik saja. 

Dengan memahami kurs mata uang di waktu yang tepat saat menabung maka akan dipastikan setiap nasabah akan lebih mudah bertransaksi.

Manfaat Menabung di Tabungan Valas

  • Ketahui bahwa mata uang kita sendiri (Rupiah) juga memiliki harga yang fluktuatif, sama halnya dengan dolar. Dapat dilihat dengan saat Sobat ingin berbelanja produk luar negeri. Ketika mata uang rupiah terhadap dolar sedang lesu, biasanya akan diikuti dengan naiknya harga barang-barang impor.


Namun jika Sobat Pintar memiliki tabungan valas, untuk berbelanja barang impor masih dibilang tetap aman meskipun rupiah sedang bergerak naik atau turun.


Itu dikarenakan sifat dari tabungan valas sangat sulit terpengaruhi oleh devaluasi atau turunnya nilai dari mata uang rupiah. Jadi pada tabungan valas, rupiah tidak terlalu fluktuatif.

  • Tingginya risiko dari jenis investasi seperti saham atau yang lainnya membuat tabungan valas sebagai salah satu alternatif investasi lain untuk diversifikasi.

Mudahnya, apabila Sobat Pintar memiliki jenis tabungan saham yang sedang merugi, tabungan valas dapat dijadikan salah satu investasi lain guna menutup kerugian tersebut sebagai backup dari kerugian tersebut.


Valas memiliki keuntungan maksimal dan cenderung stabil karena kurs mata uang asing tidak cenderung terus menerus akan menguat setiap harinya.

  • Memudahkan untuk jalan-jalan keluar negeri, karena kemanapun Sobat Pintar bepergian ke luar negeri, mata uang dollar paling banyak diterima untuk bertransaksi. Atau setidaknya juga jika memiliki mata uang dolar, Sobat Pintar tidak akan mengalami kesulitan lebih.

Tak hanya itu, nilai mata uang dolar juga cukup stabil terhadap mata uang asing lain dari negara selain Indonesia.

  • Menjadi pelindung nilai, bagi para pebisnis yang sering melakukan transaksi dengan mata uang dolar akan sangat menguntungkan memiliki tabungan valas karena dapat dijadikan pelindung nilai meskipun fluktuasi dolar cukup tinggi, dengan memiliki tabungan jenis ini maka pembayaran untuk bertransaksi bisnis tetap dapat dilakukan dengan baik.

Rekomendasi Mata Uang Untuk Tabungan Valas

Lalu mata uang apa saja yang cocok untuk digunakan bertransaksi dalam tabungan valas? Dan apa keuntungan dari setiap mata uang yang digunakan? Berikut ini penjelasannya.

  1. Dolar Amerika (USD)

Mata uang ini merupakan satu-satunya mata uang paling berpengaruh di dunia karena dolar memiliki prospek dan menjadi mata uang utama dalam bertransaksi di seluruh dunia.


Untuk berinvestasi menggunakan mata uang dolar merupakan sebuah kesempatan untuk meraih keuntungan lebih besar dikarenakan dolar memiliki sifat yang sangat berlawanan terhadap inflasi.

  1. Euro (EUR)


Peringkat dari mata uang ini sangat bagus belakangan ini dikarenakan mata uang Euro sudah dijadikan mata uang utama di beberapa negara di daratan Eropa dan menjadikan mata uang ini menjadi peringkat kedua dunia setelah dolar Amerika.


Tak hanya Eropa, banyak dari beberapa negara Afrika juga mulai menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang mereka.

Meskipun mata uang ini masih terbilang cukup baru, akan tetapi banyaknya pengguna dari mata uang ini berasalkan dari beberapa negara maju, menjadikan Euro dilirik para investor valas untuk menjadi salah satu instrumen investasi mereka. 

Dibandingkan dengan dolar Amerika, fluktuasi naik turun nilai mata uang ini lebih stabil sehingga masih kalah populer dijadikan untuk investasi jangka pendek.

  1. Pound Sterling (GPB)

Menjadi mata uang dari negara kerajaan di daratan Inggris Raya, Poundsterling memiliki urutan ketiga dunia dan kerap menjadi incaran para investor yang memiliki modal sangat besar dikarenakan nilai tukar dari Poundsterling sangat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mata uang peringkat satu dan dua (Euro dan USD). 


Bahkan, Poundsterling bisa dikatakan dapat memberikan keuntungan lebih berlipat karena masih memiliki nilai jual dan tingkat stabilitas yang tinggi.

  1. Yen (JPY)

Tak kalah dengan daratan Eropa dan Amerika saja yang menguasai peringkat mata uang didunia. Di Asia sendiri juga terdapat jenis mata uang yang sangat menarik untuk diperdagangkan seperti halnya Yen (Japan YEN) yang mana memiliki pengaruh kuat di pasar dunia.

Tidak hanya untuk berinvestasi saja, mata uang ini dapat menguntungkan jika Sobat Pintar memilikinya pada tabungan valas karena Japan Yen merupakan mata yang paling mudah diperdagangkan di berbagai negara di Asia.

  1. Dollar Singapura (SGD)

Akan kurang rasanya jika hanya memiliki Dolar Amerika saja, sebab terdapat mata uang dolar dari Asia Tenggara yang menempati peringkat kedua Asia yang dapat dijadikan salah satu alternatif investasi.

Dengan membandingkan dengan empat mata uang yang sebelumnya, dolar Singapura masih memiliki nilai tukar yang sedikit terjangkau dan bisa dimiliki oleh pemilik tabungan valas pemula dengan menggunakan modal yang minim sekaligus.

Meskipun nilai tukar dolar Singapura masih dibawah keempat mata uang diatas, mata uang ini sangat menjanjikan keuntungan yang terbilang signifikan berkat pengaruh negara Singapura dalam beberapa aspek, salah satunya perdagangan internasional yang cukup besar hingga membuat nilai tukar mata uangnya relatif stabil.

Maka dari itu, sebelum menentukan hal ini ada baiknya untuk mencermati terlebih dahulu beberapa manfaat dan jenis mata uang apa saja yang akan digunakan. Dan pastikan untuk memilih tabungan valas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial dari Sobat Pintar semua agar keuntungan yang didapatkan lebih optimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload