6 Cara Investasi Dollar yang Jitu Agar Tidak Rugi

05 Jul 2021 by Laruan

Setiap orang pastinya ingin terbebas secara finansial. Namun, pada kenyataannya, untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah bahkan bagi mereka yang memiliki banyak tabungan. Sebab, mereka yang memiliki banyak tabungan pun seringkali tidak tahu bagaimana cara menginvestasikan tabungan tersebut agar bisa menghasilkan lebih banyak uang lagi. Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, investasi Dollar atau investasi pada mata uang asing lainnya menjadi salah satu jenis investasi yang cukup populer dan diminati masyarakat karena terbilang sangat aman untuk dijalankan.

6 Cara Investasi Dollar yang Jitu Agar Tidak Rugi

Namun, aman bukan berarti tidak bisa rugi karena seperti jenis investasi lainnya, investasi mata uang asing, khususnya Dollar, juga memiliki risiko untuk mengalami kerugian. Agar Sobat Pintar bisa terhindar dari risiko kerugian dalam jenis investasi ini, simak 6 cara investasi Dollar jitu untuk menghindari kerugian berikut ini.

1. Pelajari segala hal tentang jenis investasi mata uang asing sebelum mulai berinvestasi

Seperti halnya dalam melakukan banyak hal lainnya, dalam berinvestasi pada mata uang asing, khususnya Dollar, pun kita harus punya ilmunya terlebih dahulu. Sebab, jika Sobat Pintar tidak memiliki ilmu dalam investasi Dollar, alih-alih Sobat Pintar mencari keuntungan, Sobat Pintar malah akan mendapatkan kerugian karenanya. Oleh Karena itu, tips investasi mata uang Dollar yang pertama adalah dianjurkannya bagi Sobat Pintar untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang jenis investasi ini, mulai dari mekanisme pembelian dan penjualan Dollar, selisih nilai jual dan nilai beli Dollar, hingga hal-hal yang bisa menyebabkan turun dan naiknya mata uang tersebut. Dalam proses pembelajaran ini dapat dilakukan secara otodidak walaupun lebih disarankan untuk langsung belajar dari pakarnya karena biasanya banyak sekali hal-hal di lapangan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan teori yang ada dan kita dapat mengantisipasinya dengan belajar dari pengalaman pakar tersebut. Jika Sobat Pintar merasa sudah cukup banyak menyerap ilmu tentang jenis investasi ini dan merasa cocok, barulah Sobat Pintar boleh langsung berinvestasi pada mata uang asing ini.

2. Perhatikan biaya-biaya yang dikenakan dan pantau terus kurs mata uang asing yang Sobat Pintar investasikan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak hal yang perlu Sobat Pintar pelajari dan perhatikan saat Sobat Pintar berinvestasi pada mata uang asing, khususnya Dollar, dan salah satunya adalah biaya-biaya yang dikenakan saat melakukan transaksi. Biasanya, di bank atau money changer tempat Sobat Pintar bisa membeli maupun menjual mata uang asing tertera berapa harga jual dan harga beli dari berbagai mata uang asing (dalam hal, mata uang Dollar adalah salah satu yang paling mudah untuk kita temukan). Harga jual yang tertera selalu lebih rendah dari harga beli yang tertera dan selisih dari harga jual dan harga beli tersebutlah yang menjadi keuntungan dari bank atau money changer tersebut. Harga jual dan harga beli tersebut tentunya akan selalu berubah dari waktu ke waktu dan inilah yang harus menjadi fokus utama Sobat Pintar dalam investasi Dollar karena pergerakan kurs tersebutlah yang menentukan berapa keuntungan atau bahkan kerugian yang bisa Sobat Pintar dapatkan dalam investasi ini.

3. Beli mata uang Dollar di tempat terpercaya

Pentingnya uang dalam hidup ini terkadang membuat orang gelap mata dan menghalalkan segala cara, termasuk memalsukan uang itu sendiri. Karena jumlah Dollar yang beredar di masyarakat kita jauh lebih sedikit dari jumlah Dollar yang beredar sehingga lebih sedikit masyarakat yang bisa membedakan antara uang Dollar asli dan palsu, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kriminal pemalsuan uang untuk memalsukan uang Dollar. Untuk dapat menghindari hal ini, apalagi jika Sobat Pintar akan membeli uang Dollar dalam jumlah yang cukup banyak sebagai investasi Dollar, maka sangat disarankan untuk membelinya di tempat-tempat terpercaya, seperti di bank atau bahkan di money changer yang bersertifikasi.

4. Jaga uang Dollar yang Sobat Pintar miliki dalam kondisi sempurna

Mungkin Sobat Pintar sering menjumpai mata uang Rupiah, khususnya yang nominalnya kecil, dalam kondisi yang lecek, kusut, atau bahkan sobek di beberapa bagian namun tetap bisa Sobat Pintar gunakan untuk berbelanja dan bahkan masih diterima oleh bank. Akan tetapi, jangan samakan kondisi tersebut dengan kondisi uang Dollar yang akan Sobat Pintar beli dalam rangka investasi Dollar karena pada faktanya, uang Dollar dalam kondisi lecek, kusut, atau bahkan sobek pastinya tidak akan diterima oleh bank atau money changer tempat Sobat Pintar ingin menjual atau menukar uang tersebut. Jadi, sangat disarankan untuk menyimpan uang Dollar tersebut di bank atau di dalam brankas yang tertutup rapat, apalagi jika jumlah uang Dollar tersebut sangatlah banyak. Cara investasi Dollar yang satu ini memang terlihat sepele namun dampaknya sangatlah signifikan karena bisa membuat Sobat Pintar mengalami kerugian yang cukup besar dalam investasi ini.

5. Tentukanlah waktu yang tepat untuk membeli dan menjual Dolar yang Sobat Pintar investasikan

Seperti yang sudah disebutkan di poin ke-3 tips investasi mata uang Dollar di atas, harga jual dan harga beli mata uang Dollar yang Sobat Pintar investasikan menjadi fokus utama dalam kegiatan investasi ini. Hal ini dikarenakan keuntungan dari jenis investasi ini adalah selisih antara harga jual dan harga beli di satu waktu dengan harga jual dan harga beli di waktu lainnya sehingga wajib bagi Sobat Pintar untuk bisa memprediksi apakah nilai tukar mata uang asing tersebut akan naik atau turun ke depannya. Sayangnya, hal ini bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena naik-turunnya suatu mata uang asing ditentukan oleh banyak sekali variable seperti kondisi politik di negara tersebut hingga kondisi ekonominya. Untuk itu, dibutuhkan nalar yang sangat kuat pada diri Sobat Pintar serta informasi yang akurat dari negara Amerika Serikat agar kegiatan investasi Dollar ini bisa mendatangkan keuntungan bagi Sobat Pintar. Jika Sobat Pintar tidak bisa memenuhi hal tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa Sobat Pintar hanya akan mendapatkan kerugian dari kegiatan investasi ini dan sebaliknya, jika Sobat Pintar mampu memenuhi hal tersebut, makan kegiatan investasi ini akan menjadi kegiatan yang tidak hanya memberikan untung yang sangat besar bagi Sobat Pintar, tapi juga menjadi sebuah kegiatan yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan.

6. Usahakan untuk menggunakan uang dingin dalam berinvestasi Dollar

Cara investasi Dollar yang terakhir di sini yang tidak kalah pentingnya adalah sumber uang yang akan digunakan untuk berinvestasi, yaitu uang dingin, bukan dari pinjaman uang atau uang milik orang lain. Hal ini dikarenakan investasi ini memiliki risiko rugi yang nominalnya tergantung dari nominal uang yang diinvestasikan tidak peduli seberapa banyak Sobat Pintar menyerap ilmu tentang jenis investasi ini dari para pakar-pakarnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan uang dingin di awal-awal Sobat Pintar berinvestasi hingga Sobat Pintar benar-benar yakin bahwa Sobat Pintar sudah bisa mengendalikan “permainan” ini sepenuhnya. Jika sudah begitu, barulah Sobat Pintar bias berinvestasi dengan pinjaman uang dari berbagai macam sumber, seperti dari pinjaman online Kredit Pintar.

Itulah 6 cara investasi Dollar yang Jitu untuk menghindari kerugian. Semoga cara-cara tersebut bisa membantu Sobat Pintar untuk meminimalisasi risiko kerugian yang bisa terjadi saat Sobat Pintar berinvestasi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk