5+ Ide Desain Kemasan Kreatif untuk Produk Usahamu

25 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Desain kemasan kreatif merupakan sebuah bidang yang sangat teknis dengan menggabungkan antara unsur sains, teknik, dan kesenian. Namanya juga Kemasan kreatif, yang mana harus membuat suatu produk menjadi lebih menarik, unik, dan berkesan dari kemasan produk yang hanya biasa-biasa saja agar menjadi daya tarik tersendiri dan mudah untuk dibeli oleh konsumen.

Membuat desain kemasan kreatif memerlukan beberapa pertimbangan tersendiri, lho Sobat Pintar. Semakin kreatif desain kemasan yang dibuat, konsumen akan semakin tertarik pula untuk membeli. Menurut beberapa penelitian, kemasan yang dibuat juga harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan kesan yang lebih positif karena pengaruh dari desain kreatif akan membangkitkan selera konsumen terhadap produk tersebut.

Oleh sebab itu, pemilik usaha atau pebisnis harus bisa menginvestasikan sebagian modalnya untuk membuat sebuah kemasan yang sangat menarik dan dapat diandalkan agar nilai jual dari produk yang dipasarkan dapat mengalami peningkatan. 

Namun sebelum memasuki beberapa ide desain kemasan yang menarik, ketahui terlebih dahulu kenapa desain kemasan menjadi sangat penting bagi sebuah produk. Berikut ulasannya:

Beberapa Alasan Desain Kemasan Menjadi Penting

Seperti penjelasan sebelumnya, alasan kenapa desain kemasan bisa menjadi penting karena psikologis orang akan tertuju pada first impression mereka saat melihat sebuah produk. Maka dari itu berikut alasan lainnya yang sudah Kredit Pintar rangkum untuk kalian simak:

  1. Brand Image

Identitas dari sebuah bisnis merupakan salah satu dari pembeda dengan produk yang lainnya. Pastikan bahwa brand image sesuai dengan target pasar yang Sobat Pintar tuju, karena apabila target pasar dan brand image diciptakan tidak sesuai maka akan sia-sia. Persiapkan warna, logo, dan font yang akan ditaruh pada kemasan produk.

Dengan memiliki kemasan yang menarik akan menaikkan nilai jual dari sebuah produk tersebut, konsumen akan lebih merasa percaya untuk membeli produk tersebut ketika kemasannya bagus dan lebih proper. 

  1. Sarana Marketing yang Efektif

Memiliki desain kemasan dari produk yang unik dan menarik tentunya akan menjadikan sarana marketing yang sangat baik dan efektif. Apalagi saat ini orang sering menggunakan sosial media. Nantinya pun para pelanggan tidak akan merasa malu untuk memposting produk tersebut ke sosial media pribadi.

  1. Keamanan pada Kemasan

Desain menarik tentu saja tidak cukup, apabila sobat membuat kemasan semenarik mungkin akan tetapi tidak memiliki keamanan akan sangat merugikan untuk nama brand tersebut. Misalkan seorang konsumen memesan produk dengan kemasan yang menarik, namun saat produk tersebut datang kondisinya tidak baik atau rusak. Itu sangat merugikan karena penilaian konsumen akan menurun terhadap sebuah produk.

Jika Sobat Pintar berbisnis di bidang food and beverage dan menjual minuman seperti ice chocolate, lebih baiknya gunakan gelas yang memiliki tutup minuman yang aman ketika pengiriman.

  1. Dapat Menarik Perhatian

Sesuaikan dengan jenis produk agar lebih menarik perhatian konsumen, pilih warna, grafis, bentuk hingga ilustrasi karena akan dapat memfilter karakteristik dari setiap kelas konsumen.


Desain kemasan yang baik harus dapat dimengerti oleh konsumen hanya dengan melalui visual desainnya saja. Apalagi konsumen bisa menilai produk itu baik atau tidak melalui kemasannya untuk pertama kali dilihatnya. Dengan kualitas produk yang baik dan ditambah dengan kemasan yang dibungkus dengan menarik maka semakin banyak orang akan melirik dan membeli produk sobat.

Berikut Ide Desain Kemasan yang Menarik Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya Banyak

1. Pouch DoyPack – Kemasan Kopi


Gambar 1 – Envato Element Premium design by DesignNeutrons

Sangat cocok untuk digunakan sebagai packaging produk seperti kopi bubuk yang mulai banyak beredar di pasaran. Dengan adanya sealed pada bagian atas akan membuat produk semakin terlindungi dan tidak akan tumpah atau sobek karena pouch ini sangat tebal

2. Cosmetic Tube – Untuk kemasan kosmetik

Gambar 2 – Envato Element Premium design by GraphicMonday

Jika Sobat Pintar memiliki usaha dibidang kosmetik, dengan menggunakan tube yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk sobat karena selain unik, bentuk desain ini juga tidak terlalu ketinggalan dengan beberapa jenis produk yang hampir sama.

3. Plastic Cup – Gelas Kopi Minimalis
Gambar 3 – Envato Element Premium design by IanMikraz

Design yang sangat kekinian, dengan menggunakan cup yang terbuat dari plastik dan memiliki tutup yang cenderung kuat membuat bentuk dan jenis desain kemasan ini jadi salah satu ide kemasan yang tidak boleh terlewatkan. 

Selain bentuk dan warna yang tidak terlalu kontras, keamanan kemasan sangat ada pada bentuk dan jenis kemasan gelas yang satu ini. Agar jika ada pembeli yang menginginkan untuk dibawa pulang, dalam pengiriman masih tetap aman.

4. Round Base Noodle Box
Gambar 4 – Envato Element Premium design by IanMikraz

Usaha dibidang makanan seperti KFC ataupun McDonald memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk membuat sebuah desain kemasannya saja, namun tak ada salahnya membuat paper food packaging lebih proper lagi.

Selain agar makanan tetap dalam suhu yang dianjurkan, kemungkinan untuk membuat makanan berserakan sudah dikatakan tidak akan mungkin. Dengan bentuk yang unik dan warna yang minimalis akan menjadi pilihan konsumen muda yang lebih suka dengan kesan minimalism.

5. Food and Pastry Boxes
Gambar 5 – Envato Element Premium design by ina717

Beda dengan papar food diatas, pada jenis paper food pastry boxes ini diperuntukkan untuk makanan cookies kering yang menarik. Dengan warna khas dengan jenis makanannya dan memiliki mika dibagian atas akan menjadi salah satu ide desain kemasan yang harus Sobat Pintar coba.

6. Pomade Can Metal Packaging
Gambar 6 – Envato Element Premium design by ina717

Memiliki usaha dibidang hairstyles akan lebih cocok jika menggunakan ini untuk produk pomade yang mulai banyak digandrungi oleh anak-anak muda sekarang. Memiliki lapisan besi yang kokoh dengan design yang minimalis akan membuat produk semakin menjadi terlihat istimewa.

Dari enam ide kemasan diatas, manakah pilihan Sobat Pintar untuk dijadikan sebagai kemasan dari produk usaha? Jika Sobat Pintar merasa dengan ide kemasan diatas masih kurang cocok, sobat bisa menggunakan tips di atas untuk membuat desain kemasan sendiri sesuai dengan karakteristik dari produk yang sobat buat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download