Promosikan Produk Anda, Inilah Media Sosial Paling Populer untuk Bisnis

26 Feb 2021 by Andro
media sosial paling populer

Dibawah ini, media sosial paling populer untuk bisnis. Sejak pandemi Covid-19, apakah banyak perusahaan yang beralih ke bisnis online? Misalnya pembuatan website toko online, promosi melalui media sosial dan penggunaan platform Google Ads. Mengapa? Karena cara ini dianggap cara ampuh agar bisnis Anda bisa bertahan.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki bisnis, segera alihkan ke bisnis online dan manfaatkan aplikasi dan alat yang tersedia. Anda bisa mulai dengan menggunakan media sosial.

Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan saran media sosial yang potensial untuk kesuksesan bisnis. Penasaran apa media sosial paling populer untuk bisnis, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Bingung cari pinjaman untuk modal usaha, ajukan saja di Kredit Pintar!!

Media Sosial Paling Populer untuk Bisnis

Media sosial memang sangat cocok sebagai salah satu alat pemasaran Anda. Di bawah ini kami uraikan aplikasi media sosial paling populer di Indonesia. Tentu saja, Anda tidak perlu menggunakan semua ini untuk bisnis Anda.

Cukup gunakan platform yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Media sosial mana yang tepat untuk bisnis Anda? Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. YouTube

Tahukah Anda bahwa Youtube memiliki predikat pengguna media sosial terbanyak? Di antara 200 juta pengguna Internet di Indonesia, 88% menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik.

Banyaknya pengguna YouTube di Indonesia tentunya sangat menguntungkan bagi YouTube. Namun, tidak hanya untuk Youtube, pemilik bisnis yang ingin memperkenalkan dan mempromosikan bisnisnya juga akan mendapatkan keuntungan darinya.

Apa manfaat menggunakan YouTube untuk bisnis Anda?

  • Mendemonstrasikan produk
  • Membangun merek bisnis Anda
  • Tingkatkan kesadaran merek
  • Selesaikan masalah pelanggan

Dengan menggunakan YouTube, Anda dapat membuat konten video yang sesuai dengan target audiens atau target pasar Anda.

Misalnya, Toyota telah membuat konten serial web mini, yang disiarkan di YouTube. Seri web mini ini sangat populer dan menarik lebih dari 5 juta penonton. Dalam video tersebut, Toyota tidak secara jelas “menjual” mobil tersebut.

Namun, Toyota mengklaim penjualannya mengalami peningkatan. Mereka juga percaya bahwa pemasaran melalui saluran YouTube dapat membuat calon pelanggan lebih percaya diri dalam membeli produk Toyota.

Setelah Toyota sukses meluncurkan mini seriesnya di YouTube, banyak brand ternama lainnya yang juga membuat mini series. Bisnis Anda juga dapat melakukan langkah ini.

2. WhatsApp

Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Mungkin Anda salah satunya. Para penggunanya juga berbeda, dari usia 16 hingga 64 tahun.

Kini, pemilik bisnis dapat menggunakannya tidak hanya untuk komunikasi antara kerabat dan kolega, tetapi juga untuk bisnisnya. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, WhatsApp Business.

Berbeda dengan WhatsApp yang biasa digunakan oleh banyak orang, WhatsApp Business memiliki beberapa fitur khusus yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

3. Facebook

Facebook adalah media sosial, dan jumlah penggunanya terus meningkat. Pada 2018, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta. Diantaranya, rentang usia maksimal pengguna Facebook adalah 20-29 tahun.

Di Indonesia, kepopuleran Facebook sebagai media sosial sangat cocok untuk memperkenalkan bisnis Anda. Selain itu, target audiens Anda menggunakan Facebook. Anda juga dapat menggunakan Facebook untuk perkenalan bisnis, dan Anda juga dapat meningkatkan keterlibatan, lalu lintas situs web, dan mendapatkan pelanggan potensial.

4. Instagram

Instagram hampir bisa bersaing dengan Facebook, Instagram memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia. Fakta menariknya, jumlah pengguna Instagram sebagian besar ditentukan oleh pengguna berusia 18-24 tahun.

Jika target audiens Anda sering menggunakan Instagram, Anda harus mempromosikan bisnis Anda di Instagram. Selain itu, menurut survei, sebanyak 45% pengguna Indonesia kerap membeli produk yang mereka lihat di Instagram.

5. Twitter

Masih ingat dengan cerita KKN Desa Penari? Cerita ini bercerita tentang sekelompok siswa yang mengalami KKN di sebuah desa angker. Tenang, kami tidak akan membahas detail cerita di chapter ini. Namun yang menarik, cerita ini tersebar luas dan diawali dengan postingan di Twitter.

Berawal dari Twitter, kisah ini mungkin akan menjadi topik hangat di seluruh dunia maya. Ini menunjukkan bahwa pengguna Twitter menanggapi topik hangat dengan sangat cepat.

Hal tersebut juga terlihat dari statistik pangsa pasar Twitter Indonesia tahun 2019 yang melonjak menjadi 42,75%. Informasi menarik ini mungkin menjadi alasan mengapa Anda harus mencoba pemasaran Twitter. Selain itu, jumlah pengguna Twitter di Indonesia menempati urutan kedua setelah Instagram.

Butuh Modal Usaha? pinjaman online ojk dari Kredit Pintar

kredit pintar

Bunga pinjaman online ojk selalu menjadi kontroversi, karena orang mengira bunga pinjaman online itu jauh dari kata rendah, sangat tinggi, dan mencekik. Bahkan dari segi financial technology, dalam hal kredit langsung cair, financial technology telah dianggap sebagai rentenir online.

Saat ini, lebih dari 160 fintech P2P telah terdaftar di OJK, meningkat tajam dari jumlah izin terbuka pertama OJK di akhir tahun 2016.

Dibandingkan dengan bank dan leasing, kemudahan dan kecepatan pembayaran langsung merupakan sarana utama financial technology untuk memberikan pinjaman online Ojk, seperti yang kita ketahui bersama, bank dan leasing sama-sama lama dan rumit dalam pengajuan kredit.

Dalam proses persetujuan dan pencairan uang tunai ke rekening nasabah, Kredit Pintar melakukan pengurangan biaya awal (disebut cadangan) sehingga dana yang diterima nasabah tidak sebesar loan cap agreement.

Namun, perhitungan bunga didasarkan pada jumlah pinjaman online Ojk yang disetujui sebesar Rp 600.000 (bukan Rp570.000) dan kemudian ditentukan jumlah pembayaran kembali.

Mengetahui cara menghitung ini penting bagi peminjam untuk dapat menentukan bunga pinjaman online Ojk dari Kredit Pintar.

Karena jika penghitungannya hanya berdasarkan persentase bunga saja, tidak akan mencerminkan kondisi bunga total yang sebenarnya.

Misalnya, saya mengajukan batas kredit Rp 600.000, dan batas kredit disetujui. Oleh karena itu, dana yang dibayarkan ke akun saya adalah RP 570.000 (bukan Rp 600.000) karena untuk biaya administrasi Ro 30.000 adalah biaya sebenarnya.

Bunga Kredit Pintar Pinjaman Online OJK

Ini merupakan perhitungan simpel bunga Kredit Pintar dan ada bunga harian 0,8% yaitu:

  • Pinjaman Rp 600.000
  • Cair Rp 570.000
  • Jangka waktu pinjaman adalah 28 hari
  • Pembayaran kembali sebesar Rp697.600
  • Bunga harian total adalah 22,3% atau 0,8%.

Menurut peraturan AFPI, Kredit Pintar akan menerima bunga harian maksimum untuk semua periode jangka pendek atau jangka panjang dan semua ukuran kapitalisasi.

Semuanya sama, kena 0,8% per hari.

mobile-closeKredit PintarDownload