3 Cara Deactive IG Sementara dan Permanen

30 Sep 2021 by Laruan

Instagram telah lama menjadi salah satu media sosial yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Namun, seiring berjalannya waktu mulai banyak bermunculan aplikasi-aplikasi serupa yang dianggap jauh lebih menyenangkan daripada Instagram. Pada akhirnya, karena alasan jenuh dan bosan, banyak yang akhirnya mempertanyakan bagaimana cara deactive IG, baik secara permanen atau sementara. 

Cara deactive IG dengan mudah

Nah, jika Sobat Pintar termasuk salah satu yang juga sedang mempertanyakan hal yang sama, tidak perlu khawatir, karena Sobat Pintar akan segera mengetahui jawabannya. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menonaktifkan instagram, Sobat Pintar sebaiknya menyimak sedikit informasi seputar deactive akun Instagram di bawah ini.

Deactive Instagram

Di zaman kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan Instagram? Untuk me-refresh ingatan kembali, Instagram awalnya merupakan salah satu perusahaan media sosial yang telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012. Hingga saat ini, Instagram telah menjadi salah satu media sosial populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. 

Namun tahukah Sobat Pintar, dibalik kepopuler Instagram ternyata ada beberapa alasan yang menyebabkan orang ingin melakukan deactive IG. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan deactive IG? Deactive IG pada dasarnya merupakan suatu tindakan yang dilakukan  pengguna Instagram untuk menutup akunnya karena berbagai alasan. 

Penasaran sama berbagai alasan orang-orang ingin deactive IG? Berikut ini berbagai macam alasan seseorang ingin menghapus Instagram. 

  • Tidak merasa bahagia. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Instagram menjadi tempat berbagai berbagai foto mulai dari makanan hingga pasangan. Nah, dengan melihat berbagai foto tersebut, membuat beberapa orang merasa insecure dengan apa yang dia miliki tidak seperti yang dilihat di Instagram. 
  • Merasa lelah. Instagram sudah seperti buku diary, setiap kegiatan  mulai dari makan hingga jalan-jalan selalu diabaikan di media sosial. Karena merasa lelah dengan kegiatan seperti itu, banyak yang akhirnya ingin lepas dan merasakan kehidupan tanpa harus berkutat dengan media sosial. 
  • Membuang waktu. Sudah hal lumrah, waktu yang dihabiskan untuk scroll Instagram sangatlah banyak. Bahkan ada yang hanya  menghabiskan harinya untuk scroll Instagram. Tentunya kondisi ini membuat Sobat Pintar menjadi tidak produktif. 

Dari ketiga alasan di atas, manakah yang menjadi alasan Sobat Pintar ingin deactive IG? Apapun alasan Sobat Pintar, semoga keputusan yang diambil  dapat mendatangkan manfaat dan membuat hidup menjadi lebih baik, ya!

Apa saja dana bantuan pemerintah yang disalurkan melalui bansos?

Pilihan Cara Deactive IG Sesuai Jangka Waktunya

Sebelum menyimak cara menonaktifkan instagram, pastikan Sobat Pintar telah mengamankan data-data penting yang ada di akun Instagram terlebih dahulu. Untuk melakukan deactive IG sendiri, ada dua pilihan yang bisa Sobat Pintar pilih yaitu deactive sementara atau selamanya. Berikut ini cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk deactive akun IG, baik untuk sementara maupun permanen. 

1. Deactive IG Sementara

Apabila Sobat Pintar hanya ingin istirahat sejenak dari hiruk pikuk dunia media sosial, maka Sobat Pintar bisa melakukan deactive IG sementara. Dengan cara ini, ketika Sobat Pintar ingin kembali menggunakan Instagram, maka akun bisa dipulihkan kembali. Adapun langkah-langkah deactive IG sementara di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Pertama-tama, bukalah website Instagram di browser yang ada di smartphone atau laptop milik Sobat Pintar. 
  • Setelah berhasil membuka website Instagram, Sobat Pintar perlu login terlebih dahulu. 
  • Apabila login telah berhasil, maka pergilah menuju profil. 
  • Untuk menuju  profil, Sobat Pintar bisa mengklik gambar foto profil pada pojok kanan atas.
  • Setelah Sobat Pintar mengklik foto profil di  pojok kanan atas, nantinya akan muncul beberapa opsi, silakan pilih opsi Setting
  • Setelah memilih Setting, Sobat Pintar perlu scroll hingga bawah dan cari tulisan Temporarily Disable My Account
  • Pada saat Sobat Pintar memilih Temporarily Disable My Account, nantinya Sobat Pintar perlu memilih salah satu alasan mengapa ingin melakukan deactive IG.
  • Langkah terakhir yaitu menginput password Instagram Sobat Pintar. Setelah itu, akun Instagram Sobat Pintar sudah berhasil dinonaktifkan untuk sementara. 

2. Deactive IG Permanen

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa pada deactive IG sementara akun Instagram dapat dipulihkan kembali, maka pada deactive IG permanen, akun yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan melakukan deactive IG permanen, sebaiknya Sobat Pintar merenungi dan memikirkannya dengan matang-matang terlebih dahulu. Apabila Sobat Pintar telah yakin, maka ikuti tahapan di bawah ini. 

  • Pertama-tama, bukalah website Instagram di browser yang ada di smartphone atau laptop milik Sobat Pintar. 
  • Setelah berhasil membuka website Instagram, Sobat Pintar perlu login terlebih dahulu. 
  • Apabila telah berhasil login, maka Sobat Pintar bisa membuka link ini https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
  • Nantinya Sobat Pintar akan diminta untuk memasukkan alasan mengapa ingin menghapus akun permanen. 
  • Setelah Sobat Pintar memasukkan alasan menghapus akun permanen, kemudian akan muncul kolom yang perlu diisi dengan password Instagram Sobat Pintar.
  • Langkah terakhir yaitu memilih opsi Delete My Account,  dan proses pun selesai. 
  • Sekarang akun Instagram Sobat Pintar telah berhasil dihapus dan tidak dapat dikembalikan kembali selamanya. 

3. Cara Deactive IG Jika Lupa Password

Cara yang dilakukan sebelumnya, hanya bisa dilakukan apabila Sobat Pintar mengingat password Instagram. Lalu apa yang harus dilakukan apabila lupa password? Tidak perlu panik, karena Sobat Pintar dapat melakukan beberapa cara berikut ini. 

  • Hal yang perlu Sobat Pintar lakukan pertama kali yaitu pergi ke website Instagram atau aplikasi Instagram. 
  • Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya klik Lupa Password.
  • Instagram akan meminta Sobat Pintar untuk memasukkan username akun Instagram yang lupa password. 
  • Setelah itu, lakukan verifikasi dan klik I’m Not Robot.
  • Kunjungi email yang terdaftar di akun Instagram Sobat Pintar untuk mengakses akun Instagram yang lupa password. 
  • Nantinya Sobat Pintar perlu memasukkan password yang baru lalu konfirmasi kembali.
  • Akun Instagram dapat diakses kembali dengan password yang baru saja dibuat. 

Belum berhenti sampai disitu saja, karena cara tersebut hanya untuk memulihkan akun Instagram yang lupa password. Selanjutnya untuk cara menonaktifkan instagram sendiri, Sobat Pintar bisa melakukan cara-cara sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Nah, itulah cara menonaktifkan instagram yang bisa Sobat Pintar lakukan. Apapun alasan Sobat Pintar miliki untuk melakukan deactive IG, semoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, untuk menghibur diri karena telah melakukan deactive IG, Sobat Pintar bisa sesekali memanjakan diri dengan berlibur.

Mungkin Sobat Pintar bingung bagaimana cara memiliki uang untuk digunakan berlibur. Tidak perlu khawatir, karena Kredit Pintar hadir untuk mengatasi permasalah tersebut. Kredit Pintar merupakan salah satu perusahaan fintech terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, Kredit Pintar juga telah berhasil melakukan banyak pembiayaan dan telah terdaftar dan diawasi OJK.

Oleh karena itu, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman untuk kebutuhan liburan di Kredit Pintar.  Selain dengan cara deactive IG, liburan juga dapat Sobat Pintar lakukan untuk menyegarkan pikiran. 

SImak konsekuensi apabila lalai melunasi pinjaman online.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload