Ini Cara Cek Mutasi Rekening di ATM BCA, BRI, dan Mandiri

23 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindar dari bengkaknya pengeluaran setiap bulannya adalah dengan memeriksa mutasi rekening di ATM. Mutasi rekening sangat membantu Anda, terlebih dalam menunjukkan aktivitas dana masuk dan dana keluar. 

Selain itu, mutasi rekening juga memiliki sejumlah informasi penting, seperti berapa jumlah nominal transaksi, kapan aktivitas transaksi tersebut, serta dimana lokasi transaksi dilakukan. 

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ulasan mengenai cara cek mutasi rekening di ATM BCA, BRI, dan Mandiri. Simak informasinya berikut ini. 

Apa Fungsi dari Mutasi Rekening

Sebagian fungsi utama dari mutasi rekening telah dijelaskan di atas. Kehadiran fitur mutasi rekening sangatlah penting agar tetap menjaga cashflow nasabah, dengan harapan setiap nasabah mengetahui dimana saja transaksi dilakukan berikut dengan besaran nominalnya.

Selain fungsi utama di atas, apa saja fungsi lain dari mutasi rekening tersebut? Berikut informasinya untuk Anda. 

  1. Sebagai Bukti Transaksi
    Fungsi utama lainnya dari mutasi rekening adalah sebagai bukti transaksi. Umumnya, beberapa toko online akan meminta para pembelinya untuk screenshot bukti transfer atau bukti transaksi saat melakukan pembelian produk.

    Hal ini dimaksudkan untuk terhindar dari salah paham antara pembeli dan produk, dimana kerap kali pembeli telah melakukan pembayaran, namun dari pihak toko belum mendapatkan pemberitahuan dana masuk ke rekening tertuju.

    Mutasi rekening juga akan membantu Anda dalam memperlancar proses refund. Anda dapat mengatur periode refund yang dijanjikan oleh marketplace atau toko online pada mutasi rekening, jika memang dana refund belum masuk ke rekening Anda. 
  1. Salah Satu Syarat Pengajuan VISA
    Sebagai salah satu syarat dalam pengajuan VISA, beberapa negara mengharuskan para pelancongnya untuk melampirkan catatan transaksi bank atau mutasi rekening dalam periode 3 atau 6 bulan terakhir.

    Adapun mereka melakukan hal di atas bertujuan untuk melihat pengeluaran dan pemasukan Anda, serta menilai apakah Anda memiliki sejumlah uang yang cukup untuk bepergian di negara mereka.
  2. Syarat Pengajuan Pinjaman
    Umumnya saat Anda mengajukan pinjaman baik di bank ataupun pinjaman online, Anda diwajibkan untuk melampirkan mutasi rekening Anda dalam jangka waktu tertentu.

    Tujuan di atas sama seperti tujuan pengajuan VISA, dimana nantinya pihak bank akan menilai cashflow atau arus keuangan Anda, sekaligus mempertimbangkan apakah Anda layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

    Apabila bank menilai Anda sanggup untuk melunasi pinjaman, maka bank akan memproses pengajuan Anda dan pinjaman akan diberikan, namun jika pihak bank menilai cashflow Anda buruk, maka pinjaman akan ditolak.
  3. Untuk Memeriksa Cashflow Anda
    Mutasi rekening memegang peranan penting dalam pemeriksaan cashflow atau alur keuangan Anda. Mengapa demikian? Melalui mutasi rekening, Anda akan ingat dimana saja Anda telah melakukan transaksi, berikut dengan nominal dan lokasi transaksi.

    Anda dapat menyimpan mutasi rekening ke dalam buku financial planner Anda. Ini bermanfaat untuk mengencangkan sabuk agar arus kas keuangan tetap lancar tanpa hambatan.

    Baca juga: Apa itu Cash Flow? Pengertian, Quadrant dan Statement

3 Cara Cek Mutasi Rekening

Ada berbagai metode yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa mutasi rekening atau catatan transaksi bank Anda. Anda dapat langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat, atau Anda dapat melakukannya secara online tanpa perlu mengantri.

Berikut 3 cara cek mutasi rekening yang mudah, aman, dan nyaman yang dapat Anda coba. 

  1. Teller Bank
    Anda dapat memeriksa mutasi rekening bank melalui teller bank dengan mengunjungi kantor cabang bank terdekat di kota Anda. Setibanya Anda di bank, Anda dapat langsung mengambil nomor antrian khusus untuk teller.

    Persiapkan juga dokumen-dokumen pendukung seperti KTP dan buku tabungan untuk mempermudah proses pemeriksaan mutasi rekening.

    Tapi, kini ada beberapa bank yang menerapkan konsep self-service, dimana beberapa nasabah dapat memeriksa mutasi rekening hingga melakukan pencetakan buku tabungan secara mandiri alias tidak dibantu oleh staff bertugas.
  2. Menggunakan mesin ATM
    Jika Anda tidak ingin menunggu nomor antrian yang panjang, memeriksa mutasi transaksi melalui mesin ATM dapat menjadi metode alternatif yang tepat.

    Namun sayangnya, mutasi rekening yang dapat ditampilkan melalui ATM hanya lima transaksi terakhir saja. Sehingga, jika Anda ingin memeriksa aktivitas transaksi untuk satu bulan sebelumnya, maka hal ini tidak dapat dilakukan.
  3. Akses melalui mobile banking
    Cara periksa mutasi rekening dengan mudah yang terakhir adalah dengan menggunakan mobile banking. Namun untuk bisa mengakses mobile banking, Anda diharuskan untuk mengunjungi kantor cabang bank untuk mendapatkan akses.

    Baca juga: Butuh Rekening Bank untuk Pencairan Pinjaman Kredit Pintar? Ini Solusinya

    Di dalam fitur mobile banking, umumnya terdapat pilihan “E-statement” yang berisikan aktivitas transaksi Anda baik untuk satu minggu atau bahkan satu bulan sebelumnya. Anda dapat menyesuaikan periode yang diinginkan dengan mudah di mobile banking.

Cara Cek Mutasi di ATM 

Lantas, bagaimana cara cek mutasi di ATM? Berikut ini langkah-langkah mudah untuk memeriksa mutasi melalui ATM BCA, BRI, dan Mandiri. Simak informasi selengkapnya.

  1. Cara cek mutasi di ATM BCA
    Bagi Anda nasabah BCA, Anda dapat memeriksa mutasi rekening dengan mudah melalui ATM BCA terdekat. Bagaimana cara cek mutasi di ATM BCA? Berikut tata caranya.
    1. Pergilah ke ATM BCA Terdekat
    2. Kemudian, masukkan kartu ATM BCA Anda
    3. Lalu, masukkan pin ATM Anda
    4. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
    5. Selanjutnya pilih “Menu Informasi”
    6. Kemudian pilih menu “Mutasi Rekening”
    7. Tunggu sebentar, dan struk mutasi rekening Anda akan keluar.
  2. Cara cek mutasi di ATM BRI
    Bagi Anda pemegang kartu BRI, berikut langkah-langkah cek mutasi rekening di ATM BRI.
    1. Pergilah ke ATM BRI Terdekat
    2. Kemudian, masukkan kartu ATM BRI Anda
    3. Lalu, masukkan pin ATM Anda
    4. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
    5. Selanjutnya pilih “Info Rekening”
    6. Kemudian pilih menu “Mutasi Rekening”
    7. Tunggu sebentar, dan mutasi rekening akan ditunjukkan di layar ATM.
    8. Jika Anda ingin mencetak mutasi rekening, pilih “Cetak Mutasi”. Nantinya, struk mutasi rekening akan keluar.
  3. Cara cek mutasi di ATM Mandiri
    Pemegang kartu Mandiri, berikut langkah-langkah mudah untuk cara cek mutasi di ATM.
    1. Pergilah ke ATM Mandiri Terdekat
    2. Kemudian, masukkan kartu ATM Mandiri Anda
    3. Lalu, masukkan pin ATM Anda
    4. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
    5. Selanjutnya pilih “Cetak Mutasi”
    6. Tunggu sebentar, dan mutasi rekening selama lima hari ke belakang akan ditunjukkan di layar ATM. Atau, Anda juga dapat mencetaknya dalam bentuk struk. 

Baca juga: Mudah dan Cepat, Ini Dia 5 Cara Cek Mutasi BNI Anda!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download