Mudah dan Cepat, Ini Dia 5 Cara Cek Mutasi BNI Anda!

24 Dec 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Di Indonesia, ada banyak bank yang dapat dipilih untuk menabung, seperti salah satunya adalah bank BNI. Bank BNI merupakan salah satu pelopor bank terbesar di Indonesia dan sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak bank ini dibangun pada tahun 1946, di mana bank ini merupakan institusi yang dimiliki pemerintah, dan berada di bawah naungan BUMN. Untuk mempermudah nasabahnya, BNI menyediakan cara cek mutasi BNI yang bisa dilakukan lewat mana saja.

Bank dengan kepanjangan Bank Nasional Indonesia ini menjadi bank lokal pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka, oleh sebab itu banyak juga orang yang menyebut bank ini dengan nama BNI 46. Selain itu, BNI juga merupakan salah satu bank yang memiliki nasabah paling banyak di Indonesia. Agar seluruh transaksi keuangan dapat dipantau dengan baik, ada baiknya jika Anda rutin melakukan cek mutasi.

Apa Itu Mutasi Rekening?

Jika Anda memiliki rekening bank dan aktif menggunakannya, pasti Anda sudah familiar dengan istilah mutasi. Mutasi adalah riwayat atau catatan dari keluar masuknya transaksi yang dilakukan oleh nasabah melalui rekening bank yang dimiliki, di mana penting bagi setiap orang yang memiliki rekening untuk melakukan pengecekan secara rutin lewat mutasi ini agar bisa mengetahui riwayat transaksi keuangan. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara cek mutasi BNI.

Mengecek mutasi rekening ini juga seringkali disebut sebagai buku tabungan atau rekening koran, di mana mutasi tersebut dapat dijadikan sebagai data atau bukti yang akan diperlukan ketika mengajukan sebuah pembiayaan, misalnya dalam pengajuan pinjaman atau kredit usaha untuk orang yang merupakan pelaku bisnis dan membutuhkan bantuan modal dari bank.

Cara Cek Mutasi BNI

Untuk melakukan pengecekan mutasi pada rekening Anda, ada empat cara yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui ATM, dilakukan secara online lewat mobile banking dan internet banking, serta sms banking. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing cara mengecek mutasi rekening BNI Anda.

1. Cara Cek Mutasi BNI Lewat Mesin ATM

Bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi banking, Anda bisa melakukan pengecekan mutasi rekening lewat mesin ATM. Cara ini juga masih dilakukan oleh sebagian banyak nasabah, dikarenakan mudah untuk dilakukan dan tidak perlu menunggu antrian, selain itu dengan cek mutasi lewat ATM, Anda juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Adapun cara cek mutasi BNI lewat ATM adalah sebagai berikut:

–     Pertama, masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin ATM, setelah itu masukkan 6 digit password atau pin yang Anda gunakan untuk BNI Anda

–     Selanjutnya pilihlah menu ‘Informasi dan Mutasi’

–     Pilih ‘Cek Mutasi Rekening’

–     Setelah itu pilih lagi ‘Rekening Tabungan’

–     Setelah memilih pilihan tersebut, pengecekan mutasi Anda akan diproses dan tunggulah sampai proses selesai

–     Jika proses mutasi sudah selesai, mesin ATM akan mengeluarkan resi dengan isi berupa 5 transaksi terakhir pada rekening BNI Anda

Itulah langkah mudah dalam cara cek mutasi BNI lewat ATM.

2. Cara Cek Mutasi BNI Lewat Teller

Cara cek mutasi BNI lainnya adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BNI, dan cek mutasi lewat teller. Keuntungan yang Anda dapatkan ketika melakukan cek mutasi dengan cara ini adalah Anda dapat mencetak bukti mutasi tersebut di dalam buku rekening tabungan Anda, dan juga bisa cek saldo rekening. Namun, untuk melakukannya ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi seperti diantaranya membawa buku tabungan dan kartu identitas.

Jika sudah menyiapkan dua syarat tersebut, berikut ini adalah cara mengecek mutasi rekening BNI Anda via teller bank:

–     Datang ke kantor cabang BNI, lalu ambil nomor antrian untuk ke teller

–     Setelah nomor dipanggil. Datangilah teller dan sampaikan Anda ingin mengecek mutasi rekening BNI Anda

–     Selanjutnya teller bank akan memproses pencetakan bukti mutasi rekening ke dalam buku tabungan

–     Setelah selesai, catatan riwayat transaksi rekening Anda akan tercetak pada buku tabungan.

Ketika melakukan pengecekan mutasi lewat teller bank, Anda dapat mencetak bukti transaksi maksimal dari tiga bulan terakhir. Oleh karena itu, cek mutasi dengan cara ini dapat memberikan informasi mutasi rekening Anda lebih detail dibandingkan dengan cara lainnya.

3. Cara Cek Mutasi BNI Lewat Mobile Banking

Anda juga bisa melakukan cek mutasi dengan menggunakan mobile banking melalui aplikasi BNI Mobile. Cara cek mutasi BNI Mobile dilakukan secara online dengan bantuan internet sehingga prosesnya pun dapat dilakukan dengan lebih cepat. Namun, pengecekan melalui BNI Mobile bisa dilakukan hanya oleh yang memiliki akun BNI Mobile, jika Anda belum punya maka harus mendaftar terlebih dahulu.

Jika Anda sudah memiliki aplikasinya, cara cek mutasi BNI Mobile adalah sebagai berikut:

–     Pertama, buka aplikasi BNI Mobile pada smartphone Anda, dan log in ke akun BNI Mobile Anda dengan memasukkan username serta mPIN BNI Anda

–     Kemudian, pilih menu ‘Informasi’ dan klik pilihan ‘Mutasi’

–     Setelah itu pilihlah menu ‘Nomor Rekening’, lalu pilih periode mutasi yang ingin Anda lihat dan klik ‘Lanjut’

–     Setelah proses selesai, informasi mutasi dari rekening BNI Anda akan muncul pada layar smartphone sesuai dengan periode mutasi yang dipilih

Keunggulan menggunakan cara ini adalah informasi yang ditampilkan lebih lengkap jika dibandingkan dengan cek mutasi lewat sms banking.

4. Cara Cek Mutasi BNI Lewat SMS Banking

Jika Anda melakukan pendaftaran di SMS Banking, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk cek mutasi rekening Anda. Bedanya dengan cek mutasi menggunakan BNI Mobile adalah Anda tidak membutuhkan jaringan internet untuk melakukan pengecekan.

Cara cek mutasi BNI lewat sms adalah dengan kirim SMS kode mutasi ke nomor 3346, adapun format sms-nya adalah HST dan kirim pesan tersebut ke 3346, tetapi melakukan cek mutasi via sms ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 yang akan dipotong dari pulsa.

5. Cara Cek Mutasi BNI Lewat Internet Banking

Terakhir adalah dengan menggunakan internet banking yang melalui aplikasi, di mana Anda juga membutuhkan internet untuk melakukannya. Selain itu, pastikan bahwa Anda juga sudah mendaftar BNI Internet Banking. Adapun cara cek mutasi rekeningnya adalah:

–       Buka browser internet Anda pada laptop/ponsel kemudian pergi ke situs internet banking BNI di https://ibank.bni.co.id/ dan lakukan log in.

–       Setelah log in, pilihlah menu ‘Rekening’

–       Kemudian pilih lagi menu ‘Mutasi Tabungan dan Giro’

–       Pilihlah nomor rekening BNI yang ingin Anda cek transaksinya

–       Tunggu selama beberapa saat sampai situs menampilkan riwayat transaksi pada rekening Anda

Itulah cara cek mutasi BNI dengan berbagai platform milik BNI yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download