Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

22 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Mengalami diare tentunya membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika disertai dengan sembelit. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati diare, contohnya dengan bantuan obat oralit. Selain bisa didapatkan di apotek, oralit juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara buat oralit 1 gelas pun hanya membutuhkan tiga bahan saja.

Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Apa sajakah tiga bahan tersebut dan bagaimana dosis pemberian oralit? Semuanya akan dibahas secara lengkap di bawah ini bersamaan dengan informasi lainnya terkait manfaat dari oralit. Yuk simak!

Baca juga: Coba 7 Cara Mengatasi Badan Lemas Ini! 

Manfaat Oralit dan Cara Mengatasi Diare

Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Oralit merupakan obat yang bisa dikonsumsi oleh siapapun baik itu bayi, anak-anak, dan dewasa. Obat ini secara khusus dapat bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dan cairan tubuh yang hilang karena diare. Dalam kata lain, oralit ini mampu mencegah maupun mengatasi terjadinya dehidrasi pada tubuh. 

Diare umumnya terjadi saat ada yang salah dengan pencernaan kita. Contohnya karena infeksi bakteri, keracunan, alergi, dan masalah lainnya. Orang yang mengalami diare biasanya merasa tidak selera makan dan terus menerus ingin BAB. Hal ini tentunya bisa menyebabkan hilangnya nutrisi pada tubuh dan berpotensi pula menyebabkan dehidrasi. 

Gejala dehidrasi pada orang yang mengalami diare ditandai dengan rasa haus yang berlebihan, merasa lemas, sakit kepala atau pusing, dan mulut kering. Dehidrasi jika tidak ditangani dengan tepat akan berakibat buruk. Oleh karena itu, penting bagi orang yang mengalami diare untuk mengkonsumsi oralit dan mengetahui cara buat oralit yang tepat. 

Meskipun merasa tidak nafsu makan saat diare, jangan lupa untuk perhatikan konsumsi makanan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan seperti pisang atau makanan lain yang memiliki kandungan tinggi potasium. Konsumsi probiotik juga disarankan untuk menggantikan bakteri jahat yang bersemayam di saluran pencernaan. Lalu, konsumsi makanan dengan porsi sedikit dulu, supaya pencernaan tidak terlalu terkejut. 

Cara Buat Oralit 1 Gelas untuk Mengatasi Diare

Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Sumber gambar: Daria Shevtsova from Pexels

Setelah sekilas mengetahui manfaat dari oralit, bisa dikatakan kalau obat ini sangat penting dikonsumsi saat diare. Untungnya, cara buat oralit bisa kamu lakukan sendiri di rumah hanya dengan beberapa bahan saja. Bahan-bahan dan cara buat oralit tersebut bisa disimak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan 2022 

Bahan-Bahan Membuat Oralit

Dalam pembuatan oralit, hanya ada 3 bahan saja yang kamu butuhkan, diantaranya:

  • ½ sendok teh garam
  • 6-8 sendok teh gula
  • 1 liter air

Aturan Cara Buat Oralit

  1. Sebelum membuat oralit, pastikan jika kamu sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Keringkan tangan dengan handuk yang bersih, supaya tangan tidak terkena bakteri atau kuman.
  2. Pastikan pula botol atau gelas dan sendok yang kamu gunakan untuk membuat oralit sudah bersih. Jika gelas dan sendok kotor, cuci terlebih dulu untuk menghindari kuman berpindah ke saluran pencernaan.
  3. Siapkan 1 liter air dan masak air tersebut hingga matang
  4. Setelah itu, campurkan gula 6-8 sendok teh serta ½ sendok teh garam ke air matang tersebut
  5. Aduk oralit tersebut dengan sendok bersih
  6. Oralit sudah selesai dibuat dan siap diminum oleh penderita oralit.

Selain menggunakan cara buat oralit sendiri seperti di atas, kamu juga bisa membeli oralit langsung di apotek. Satu sachet oralit biasanya mengandung glukosa anhidrat sebanyak 2,7 gram, natrium klorida 0,52 gram, trisodium sitrat dihidrat 0,58 gram, dan natrium klorida 0,52 gram. 

Untuk aturan konsumsinya, kamu bisa melarutkan satu kemasan oralit ke 1 gelas sebanyak 200 ml air matang. Aduk hingga larut, lalu minum obat oralit tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kamu juga bisa melihat aturan konsumsinya di bagian kemasan atau bisa dikonsultasikan pula dengan dokter.  

Dosis Pemberian Oralit

Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Selain cara buat oralit, dosis pemberian oralit juga tak kalah penting untuk diketahui supaya tidak sampai salah dalam cara konsumsinya. Dosis ini dibedakan sesuai dengan usia dari orang yang mengonsumsi. Selengkapnya akan dijelaskan sebagai berikut. 

  • Anak usia 0–1 tahun: ½–1 gelas di 3 jam pertama, lalu ½ gelas tiap kali BAB atau mencret
  • Anak usia 1–5 tahun: 3 gelas di 3 jam pertama, lalu 1 gelas tiap kali BAB atau mencret
  • Anak usia 5–12 tahun: 6 gelas di 3 jam pertama, lalu ½ gelas tiap kali BAB atau mencret
  • Anak usia di atas 12 tahun dan dewasa: 12 gelas di 3 jam pertama, lalu 2 gelas tiap kali BAB atau mencret

Pemberian obat oralit harus disesuaikan dengan dosis supaya bisa bereaksi secara maksimal. Cobalah untuk memberikan oralit secara perlahan. Disarankan mulai dari 1 sendok teh. Apabila penderita diare mengalami muntah, coba berikan lagi setelah 10 menit. Cara ini bisa membantu tubuh menahan sebagian cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca juga: Ciri-Ciri Sakit Jantung dan Berbagai Jenisnya 

Pada anak-anak, disarankan untuk menyediakan oralit di cangkir atau gelas. Pemberian oralit dengan botol susu sebaiknya dihindari karena pembersihan botol susu cenderung sulit. Mengingat oralit ini merupakan cairan dari garam dan gula saja, maka cairan ini tergolong aman untuk dikonsumsi hingga diare berhenti. Untuk penyimpanannya, usahakan untuk meletakkan oralit di tempat yang sejuk. 

Jika setelah 3–4 hari ternyata diare belum kunjung membaik, maka dianjurkan untuk berobat ke dokter. Pastikan untuk tidak sampai mengalami dehidrasi berlebihan. Jika penderita diare adalah anak di bawah usia 6 bulan dan mengkonsumsi ASI eksklusif, usahakan untuk memberikan ASI sesering mungkin. Hal ini karena ASI dapat membantu menenangkan saluran pencernaan bayi yang mengalami diare.  

Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Konsumsi Oralit

Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Sebelum sepenuhnya mengonsumsi obat oralit terutama yang didapatkan dari apotek, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini untuk menghindari adanya efek samping yang bisa saja memperburuk kondisi diare. Hal-hal tersebut diantaranya:

  • Jika pernah mengalami alergi akibat konsumsi oralit kemasan, lebih baik untuk tidak mengkonsumsinya
  • Konsultasikan dengan dokter apabila kamu mengalami muntah terus-terusan, sulit buang air kecil, dan menderita sumbatan usus
  • Konsultasikan dengan dokter apabila mengkonsumsi oralit bersamaan dengan obat lain, suplemen, atau obat herbal tertentu
  • Konsultasikan dengan dokter cara konsumsi oralit jika kamu sedang hamil atau menyusui
  • Konsumsi air putih secara cukup untuk membantu mencegah dehidrasi berlebih
  • Jika ada reaksi alergi saat konsumsi oralit, segera datangi dokter 

Setidaknya 6 poin di atas harus kamu perhatikan dengan baik. Secara keseluruhan, konsumsi oralit cukup aman untuk tubuh. Namun, tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal di atas. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, bagi bayi, konsumsi oralit dan dosisnya juga harus diperhatikan dengan baik.

Baca juga: Cara Mengetahui Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat 

Jadi, itulah seluruh penjelasan tentang cara buat oralit di rumah yang ternyata hanya membutuhkan 3 bahan saja. Selain mudah dibuat, oralit diketahui cukup ampuh sebagai obat diare. Tentu kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi diare yang sedang dialami.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download