Coba 7 Cara Mengatasi Badan Lemas Ini!

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 03 Mar 2022

Secara umum, asthenia didefinisikan sebagai rasa lemas menyeluruh yang dirasakan oleh tubuh karena disebabkan oleh beberapa hal. Ada berbagai macam penyebabnya serta cara-cara mengatasi badan lemas seperti yang dimaksud. 

Sudah tidur cukup namun badan tetap terasa lemas bahkan sering merasa lelah? Jika ya, Sobat Pintar wajib untuk waspada. Rasa lemas dan lelah yang terus-menerus seperti itu bisa jadi disebabkan karena ada suatu masalah yang terjadi di dalam tubuh. Dalam istilah medis, keadaan ini biasa disebut sebagai asthenia

Penasaran penjelasan lengkapnya? Simak yuk, artikelnya sampai selesai!

Penyebab Badan Mudah Lemas

Lelah atau kelelahan umumnya didefinisikan sebagai perasaan kekurangan energi sehingga tubuh menjadi lemas. Biasanya rasa lelah ini muncul sebagai respon karena kebiasaan makan yang buruk, padatnya kegiatan yang dilakukan setiap hari, waktu tidur yang kurang, stress, bahkan hanya karena merasa bosan. 

Dalam beberapa kasus, rasa lelah ini bisa hilang dengan cepat setelah Sobat tidur atau istirahat dengan cukup. Namun tak jarang juga rasa lelah itu tetap ada meski Sobat sudah tidur dengan cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi serta jauh dari stress. Jika hal tersebut terjadi, maka Sobat harus segera mengkonsultasikannya kepada dokter karena bisa jadi kesehatan Sobat Pintar sekalian sedang bermasalah. 

Lalu, apakah penyebab sebenarnya? Dilansir dari laman Farmaku dan Hello Sehat, secara umum rasa lelah disebabkan oleh tiga faktor. Ketiga faktor tersebut adalah faktor psikologis, fisik, dan juga masalah medis. 

Apa perbedaan diantara ketiganya? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Buah-buah yang Mengandung Vitamin D untuk Menghindari COVID

Faktor Psikologis

Jangan sepelekan masalah psikologis atau kejiwaan. Bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan Sobat mengalami lemas dan lelah berkepanjangan adalah karena terjadinya gangguan pada psikologis dan kejiwaan, bukan pada raga atau tubuh Sobat. Dunia medis mengenal gangguan ini sebagai istilah fatigue

Beberapa contoh faktor psikis yang dapat membuat tubuh merasa lemas dan lelah adalah rasa bosan, sedang berduka, cemas yang berlebihan, hingga gangguan mood atau bipolar. Selain itu, beberapa gangguan lain seperti stress atau depresi, kurang tidur, dan jarang berolahraga juga bisa membuat tubuh lemas terus. 

Faktor Fisik

Selain faktor psikologi atau psikis seperti yang diterangkan di atas, badan lemas juga bisa disebabkan oleh masalah fisik. Hal tersebut terjadi karena adanya gangguan-gangguan tertentu di dalam tubuh Sobat. 

Beberapa gangguan fisik seperti yang dimaksud adalah dehidrasi, kehamilan, serta jumlah darah yang hilang banyak pada saat menstruasi. Selain itu, gangguan fisik juga bisa terjadi sebagai akibat dari efek samping penggunaan obat-obatan yang dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang panjang. 

Faktor Masalah Medis

Faktor yang satu ini sangat penting dan wajib untuk diperhatikan. Memiliki masalah medis seperti mengidap suatu penyakit tertentu juga dapat membuat badan lemas terus menerus.

Segeralah berkonsultasi ke dokter jika Sobat merasa tidak punya masalah psikis maupun fisik namun tubuh lemas terus. Hal itu karena ada beberapa penyakit yang diketahui dapat mengakibatkan rasa lelah berlebih seperti ini yakni penyakit gangguan jantung, diabetes mellitus tipe 2, stroke, kanker, kekurangan asupan gizi (malnutrisi), serta hipoglikemia atau gula darah rendah.

Selain beberapa hal di atas, ada juga beberapa faktor penyebab rasa lelah dan badan lemas yang tidak kunjung menghilang yang umum terjadi pada sebagian besar orang. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Anemia

Anemia atau kondisi kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu badan lemas terus-menerus. Seperti diketahui, sel darah merah atau hemoglobin memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Ketika sel ini berkurang jumlahnya, maka jumlah oksigen yang diangkut pun berkurang sehingga tak ayal tubuh pun kekurangan oksigen. Alhasil, badan Sobat pun menjadi terasa lemas, letih, lesu, sakit kepala, mudah pusing, mata berkunang-kunang, bahkan yang paling berbahayanya adalah sesak napas. 

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Makin maju zaman, makin meningkat pula tuntutan hidup. Hal itu menjadikan Sobat Pintar semakin sibuk setiap harinya. Karena aktivitas yang semakin padat itulah, seringkali banyak orang menyepelekan gaya hidup sehat. Akibatnya rasa lemas dan lelah pun terus bermunculan. 

Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat yang perlu Sobat hindari adalah waktu tidur yang kurang, terlalu banyak berleha-leha tanpa aktivitas fisik, kerja shift dengan waktu istirahat yang tidak menentu serta pekerjaan yang terlalu banyak menyita waktu. 

Selain itu, mengonsumsi alkohol dan menggunakan obat-obatan terlarang juga bisa mempengaruhi pola tidur dan sistem saraf sehingga pada akhirnya kualitas dan kuantitas tidur pun berkurang. Alhasil, Sobat pun gampang lemas dan lelah.

3. Sleep Apnea

Sleep apnea atau gangguan tidur adalah masalah yang sangat serius dan wajib untuk Sobat perhatikan. Kondisi ini terjadi bilamana Sobat berhenti bernafas beberapa kali dalam tidur. Istilah populernya adalah mengorok. 

Meski terkesan sepele, namun pada saat sleep apnea, organ-organ tubuh yang penting terutama otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Akibatnya, badan pun terasa lemas keesokan harinya.

4. Kurang Asupan Makanan

Meski sudah makan banyak, tidak berarti tubuh Sobat menjadi lebih berenergi. Faktor kualitas serta makanan apa saja yang dimakan disini sangat berperan penting. Jadi, pastikan bahwa apapun makanan yang Sobat konsumsi, tidak hanya cukup dalam jumlah namun juga harus mampu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. 

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan mengandung karbohidrat, protein, serta serat yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi badan lemas terbaik. 

Baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengatasi Badan Lemas

Dalam banyak kasus, badan lemas sementara umumnya bisa diatasi dengan mudah yakni dengan istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang padat akan gizi dan nutrisi. Namun bagaimana jadinya bila tubuh Sobat sering merasa lemas bahkan lelah secara terus-menerus? 

Apakah ada suatu kiat-kiat khusus agar masalah tersebut teratasi? Dilansir dari laman Kompas.com, sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa dicoba agar badan lemas dan lelah terus-menerus seperti yang Sobat alami tidak terjadi lagi.

Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.

1. Tidur yang Berkualitas

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa tidur banyak dapat membuat tubuh yang semula beraktivitas seharian menjadi lebih segar saat bangun. Atau sebaliknya, ada juga yang menyepelekan waktu tidur mereka hanya karena begadang nonton bola, atau mengerjakan tugas kantor dan kuliah. Padahal kedua hal tersebut malah bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat lemas, lho!

Faktanya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh hingga sembilan jam agar tubuh dapat melakukan perbaikan sel-sel atau jaringan yang rusak dengan maksimal setiap harinya. Jika kurang dari itu, siap-siap saja tubuh menjadi lemas keesokan harinya bahkan fokus pun hilang saat melakukan aktivitas. 

Lalu bagaimana bila Sobat memang termasuk orang yang sering sulit tidur malam? Well, cara mengatasinya adalah dengan melakukan beberapa hal santai terlebih dahulu, seperti mendengarkan musik yang melow atau membaca buku-buku yang bertema ringan, menggunakan penutup telinga dan mata, mematikan lampu kamar, atau bahkan menyalakan aromaterapi. 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Sudah bukan rahasia lagi kalau minum air putih yang cukup dapat memberi dampak yang besar terhadap kesehatan tubuh setiap orang. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh Sobat Pintar sekalian tetap terhidrasi selama menjalani aktivitas seharian. 

Tubuh yang tetap terhidrasi tidak akan pernah kekurangan energi. Sebaliknya, bila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, hal itu akan berdampak negatif pada stamina dan kualitas tidur Anda. 

3. Rutin Berolahraga

Cara mengatasi badan lemas lain yang cukup ampuh adalah dengan rutin berolahraga. Jika teratur dilakukan demi kesehatan, olahraga dapat melepaskan endorphin tubuh sehingga dapat secara alami meningkatkan energi. 

Aktivitas olahraga yang dilakukan pun tidak usah terlalu berat. Cukup dengan jalan-jalan kecil sekitar halaman rumah setiap pagi, atau melakukan kegiatan rumahan secara rutin seperti mencuci baju, memasak, berkebun, hingga membersihkan rumah juga termasuk olahraga. Intinya, jangan hanya berleha-leha dan berdiam diri di sofa atau kasur dalam waktu yang lama. 

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi Tepat

Salah satu cara mengatasi badan lemas dan lelah paling ampuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta bernutrisi tepat. Misalnya saja makanan-makanan yang mengandung banyak kalsium, vitamin D, zat besi, serta magnesium. 

Secara umum, diketahui bahwa zat-zat tersebut sangat penting untuk membangun, memelihara, juga memperbaiki tulang, otot, dan jaringan ikat dalam tubuh Sobat. Selain itu, pola makan sehat dengan gizi berimbang juga bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. 

Baca juga: Tips-tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Malam hari adalah waktunya tubuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas bukannya begadang. Belum lagi bila ditambah dengan asupan kafein berlebih saat begadang seperti kopi atau teh. Bukannya berenergi malah tubuh Sobat akan menjadi lemas keesokan harinya. 

Ingat, tubuh pun perlu asupan energi jangka panjang setelah beraktivitas seharian. Jangan bebani tubuh Sobat dengan mengonsumsi minuman-minuman berkafein sehabis makan malam. 

6. Hindari Pola Hidup yang Buruk

Pola hidup yang buruk juga bisa menjadi faktor mengapa tubuh menjadi mudah lelah dan lemas. Beberapa diantaranya adalah merokok, minum minuman beralkohol, sering mengonsumsi minuman bersoda, dan lain-lain. 

7. Atasi Stress 

Stress dan/atau depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat. Jika gangguan ini terus-menerus terjadi maka akan dapat memangkas habis energi Sobat Pintar sekalian bahkan berdampak bagi keadaan fisik. Tubuh pun semakin mudah lelah dan lemas saat beraktivitas di pagi hari meski sudah cukup tidur pada malam harinya. 

Beberapa gejala yang timbul ketika Sobat stress atau depresi adalah sulit tidur, sering merasa lelah, nafsu makan berkurang hingga sulit berkonsentrasi. Faktor stress atau depresi ini bisa terjadi karena banyak hal misalnya saja masalah keluarga, beban pekerjaan di kantor, tugas kuliah, atau bahkan karena pasangan. 

Cara mengatasi badan lemas karena stress atau depresi adalah cobalah untuk rileks dan menyelesaikan setiap masalah yang menjadi penyebabnya satu per-satu. Jangan malu untuk meminta saran dan sekedar bercerita kepada orang lain yang Sobat anggap bisa dipercaya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyebab badan lemas terus-menerus hingga cara mengatasi badan lemas yang ampuh untuk dicoba. Apabila Sobat sering mengalami badan lemas seperti yang dimaksud, segera tangani dengan cara memperbaiki pola makan dan pola hidup serta berkonsultasi dengan dokter. Jangan sepelekan agar tidak terjadi hal lebih buruk di kemudian hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan sudah diawasi OJK yang memudahkan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Yuk, ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download