Mengenali Efek Paracetamol Dalam Tubuh

06 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 22 Feb 2022

Bagi masyarakat obat paracetamol tidaklah asing lagi karena memang sering digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan. Obat yang satu ini sendiri sering digunakan untuk menurunkan demam. Tapi, sebelum mengkonsumsi obat ini lebih baik Sobat Pintar tahu terlebih dahulu efek paracetamol bagi tubuh. 

Mengenali efek dari sebuah obat sendiri sangatlah penting agar Sobat Pintar juga tidak sembarangan dalam menggunakannya. Karena setiap tubuh mempunyai kondisi yang berbeda, dimana jika diberikan paracetamol bisa saja menjadi sangat fatal. Untuk mengenali apa saja efek dari obat yang satu ini, simak terus pembahasannya dalam artikel berikut. 

Baca juga: 5 Tips Cara Memilih Facial Wash untuk Kulit Berminyak | Kredit Pintar

Inilah efek paracetamol yang harus diketahui.

Paracetamol memang obat yang sudah umum diketahui. Apalagi obat ini juga mudah dibeli dan tidak membutuhkan resep serta harganya murah. Sama seperti jenis obat lainnya yang mana sudah pasti terdapat efek samping yang harus diketahui. Apa saja efek samping dari obat paracetamol? Berikut ini adalah ulasannya: 

1. Ruam pada area kulit 

Efek samping pertama yang menjadi efek paracetamol adalah munculnya ruam di area kulit. Berbeda dengan masalah kesehatan kulit, ruam akibat paracetamol biasanya akan muncul tidak lama setelah Sobat Pintar meminumnya. Apabila mengalami ruam setelah minum paracetamol, ada kemungkinan Sobat Pintar mengalami alergi terhadap obat tersebut. 

Jika hal ini terjadi, solusi yang tepat adalah dengan mengunjungi dokter langsung. Dokter nanti akan membantu Sobat Pintar untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tidak hanya itu saja, bila ruam memang disebabkan oleh paracetamol, segera hentikan penggunaan obat tersebut hingga Sobat Pintar mendapatkan pemeriksaan dari dokter. 

2. Pembengkakan pada kulit 

Sama seperti halnya ruam pada kulit. Apabila terjadi pembengkakan pada kulit biasanya karena adanya masalah kesehatan dengan anggota tubuh terluar kita ini. Jika ternyata selalu mengalami pembengkakan setelah mengkonsumsi paracetamol, bisa diindikasikan bahwa Sobat Pintar alergi terhadap obat tersebut. 

Solusinya juga sama dengan yang sebelumnya, dimana Sobat Pintar harus segera berhenti mengkonsumsi obat tersebut dan periksa ke dokter. 

3. Diare 

Diare adalah efek paracetamol jika dikonsumsi tanpa pengawasan. Apabila memang indikasi karena kelebihan dosis, Sobat Pintar bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk memberikan penanganan dan dosis yang tepat. 

Tapi, apabila diare selalu terjadi meski sudah mengkonsumsi sesuai dosis, lebih baik Sobat Pintar berhenti mengkonsumsinya dan langsung konsultasi kepada dokter. 

4. Keluar keringat berlebihan 

Overdosis parasetamol juga menjadi salah satu penyebab keringat berlebihan setelah minum paracetamol. Jika hal ini terjadi setelah minum obat, lebih baik hentikan konsumsinya. Bila Sobat Pintar masih tidak yakin akan kondisi ini, pastikan melalui pemeriksaan dokter. 

5. Hipotensi 

Hipotensi adalah salah satu efek paracetamol yang sering terjadi bila obat tersebut dimasukan melalui infus. 

Meski memang dikenal ampuh menurunkan demam. Namun jika Sobat Pintar khawatir dengan efek samping ini, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Dokter nanti akan memastikan bahwa Sobat Pintar mendapatkan pengobatan yang tepat. 

6. Mual 

Kondisi ini sendiri bisa terjadi apabila Sobat Pintar mengkonsumsi obat dalam jumlah yang berlebihan. Jika Sobat Pintar mengalami mual sehabis minum obat ini, kurangi dosis atau menghentikan penggunaan obat. Kemudian, silakan kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca juga: 7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur | Kredit Pintar

7. Muntah 

Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya jika konsumsi paracetamol tetap dilanjutkan. Apabila  mengalami hal ini, lebih baik Sobat Pintar segera berhenti mengkonsumsi obat dan lakukan konsultasi dengan dokter. 

8. Kesulitan bernafas 

Reaksi ini sendiri bisa terjadi karena alergi terhadap obat. Apabila Sobat Pintar mengalami kondisi ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera ke dokter karena jika Sobat Pintar mengabaikannya akan sangat berbahaya. 

9. Air seni berwarna lebih gelap 

Warna air seni sendiri akan terlihat lebih coklat dan bisa terjadi tidak hanya karena minum paracetamol. Tapi juga kondisi lain seperti penggunaan obat pencahar, obat malaria relaksan otot dan lain sebagainya. Selain itu, Sobat Pintar juga harus waspada dengan perubahan warna air seni yang lebih gelap, karena bisa jadi Sobat Pintar terkena penyakit serius. 

Jadi, segeralah cek ke dokter agar bisa diketahui apakah kondisi ini disebabkan oleh obat paracetamol atau bukan.

10. Sakit kepala 

Mungkin Sobat Pintar heran dengan efek yang satu ini, karena paracetamol ditujukan untuk menyembuhkan sakit kepala. Tentu saja itu benar, hanya saja efek penyembuhan berlaku jika Sobat Pintar tidak mempunyai alergi. 

Kalau Sobat Pintar merasa bahwa sakit kepala terjadi karena minum paracetamol, lebih baik hentikan konsumsinya. Tunggu beberapa saat, jika memang sakit kepala tidak hilang segera ke dokter dan mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Demikianlah penjelasan tentang efek dari paracetamol yang bisa dialami oleh tubuh. Meski obat ini akan memberikan kesembuhan, tapi jangan asal mengkonsumsinya. Sobat Pintar juga harus takaran yang tepat. 

Paracetamol yang dijual bebas biasanya akan diberikan keterangan untuk dosis yang disarankan. Bila tak yakin, tanyakan kepada dokter langsung. Untuk menghindari efek paracetamol yang bisa membahayakan tubuh. 

Baca juga: Cara Mencegah Obesitas | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download