Mudah dan Praktis, Begini Cara Buat Kop Surat di Word

28 Mar 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Bagi sebagian orang, cara buat kop surat mungkin terdengar sepele dan tidak penting untuk dipelajari. Namun, kenyataannya pasti ada suatu momen yang membuat Anda harus mengetahui hal ini.

Apalagi jika pekerjaan yang Anda lakukan berkutat dengan beragam dokumen yang sifatnya resmi serta membutuhkan kop surat. Sehingga, wajib sekali untuk Anda mengetahui cara buat kop surat dengan baik dan rapi.

Sebenarnya, cara buat kop surat di word tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Jika Anda termasuk orang yang belum memahami cara membuat kop surat tersebut, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Usaha dan Cara Membuatnya

3+ Cara Buat Kop Surat di Word Secara Mudah dan Cepat

Mudah dan Praktis, Begini Cara Buat Kop Surat di Word

Kop surat merupakan suatu identitas perusahaan maupun lembaga supaya penerima surat dapat mengetahui asal dari surat tersebut. Umumnya, kop surat terletak di bagian atas yang dilengkapi dengan logo perusahaan. 

Anda harus bisa membuat kop surat yang memberikan informasi jelas serta lengkap. Adapun keterangan yang harus ada dalam kop surat, yaitu:

  1. Logo
  2. Nama
  3. Alamat
  4. Nomor telepon
  5. Faksimile
  6. Email 
  7. Situs perusahaan

Sebelum mulai membuat kop surat, pastikan Anda menanyakan margin-nya terlebih dahulu. Sebab, setiap perusahaan pasti memiliki aturan margin masing-masing. Umumnya, margin yang biasa digunakan adalah left 3cm, right 2cm, top 2cm, bottom 2cm.

Di bawah ini merupakan beberapa cara buat kop surat di word yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Buat Kop Surat di Word 2007

Bagi Anda yang ingin membuat kop surat di word 2007, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Klik 2x pada Header

Anda bisa masuk ke Microsoft Word 2007 terlebih dahulu, lalu klik 2x pada bagian header.

2. Masukkan Logo Perusahaan

Selanjutnya, masukkan logo perusahaan dengan klik ‘Insert’, kemudian klik opsi ‘Picture’. lalu, pilih logo perusahaan yang ingin Anda gunakan.

Jika sudah, klik kanan di gambar logo, lalu pilih ‘Wrap Text’. Selanjutnya, pilih ‘In Front of Text’, ‘Thought’ atau apapun sesuai keinginan untuk memudahkan pengaturan posisi logo tersebut.

3. Masukkan Informasi Perusahaan

Masukkan informasi perusahaan yang dibutuhkan. Biar lebih rapi, Anda bisa mengatur hanging indent alias ikon yang ada di bagian ruler ke angka yang dibutuhkan.

Selesai, kini Anda sudah berhasil membuat kop surat di word 2007 tanpa perlu menghabiskan waktu lama.

2. Cara Buat Kop Surat di Word 2010

Cara buat kop surat di word 2010 juga tak kalah gampang, yaitu sebagai berikut.

  1. Silakan Mulai Buat Dokumen Baru

Anda bisa membuka Ms Word 2010 terlebih dahulu, kemudian buka dokumen baru. Pastikan untuk mengatur ukuran kertasnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika sudah, klik 2x pada bagian header dan aktifkan checkbox ‘Different First Page’.

Kalau sudah, Anda bisa menggunakan align center, kemudian tulis informasi perusahaan yang dibutuhkan.

  1. Mulai Atur Letak Teks

Apabila ingin membuat kop surat menggunakan dua logo, Anda bisa menggeser hanging indent bagian sebelah kiri ke angka 3, lalu hanging indent sebelah kanan ke angka 13,5

Namun, jika Anda ingin meletakkannya pada satu sisi saja, ubah hanging indent di bagian sisi tempat menaruh logo. Tujuannya agar logo perusahaan tidak terhalang oleh tulisan, begitu pun sebaliknya.

  1. Masukkan Logo Perusahaan yang Akan Digunakan

Masukkan logo perusahaan yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memasukkannya pada bagian sisi kanan serta kiri kop surat. Biar logo tidak membuat tulisan informasi perusahaan menjadi berantakan, Anda dapat memilih menu ‘Wrap Text’, kemudian klik opsi ‘Through’. Selanjutnya, atur posisi logo biar terlihat rapi. 

4. Mulai Buat Garis Pada Kop Surat

Terakhir, klik enter di bagian akhir deskripsi kop surat. Kemudian, berikan garis pembatas dengan cara klik tab ‘Home’, lalu pilih ‘Borders and Shading’. Berikutnya, klik ‘Custom’ dan pilih jenis garis yang dibutuhkan. Klik ‘OK’ jika sudah.

Baca juga: Informasi Lengkap Tentang Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

3. Cara Buat Kop Surat di Word 2013

Mudah dan Praktis, Begini Cara Buat Kop Surat di Word

Langkah-langkah yang digunakan pun tidak jauh berbeda, yaitu sebagai berikut.

  1. Masukkan Informasi Perusahaan

Silakan klik sebanyak 2x pada bagian heading, kemudian masukkan informasi perusahaan yang dibutuhkan. Setelah itu, mulai ubah hanging indent ke angka 2.5 atau 3 serta ubah rata teksnya menjadi center.

  1. Masukkan Logo Perusahaan

Selanjutnya, memasukkan logo perusahaan dengan klik ‘Insert’ dan klik ‘Picture’.

  1. Mulai Atur Posisi Logo

Biar peletakan logo terlihat rapi, Anda bisa mengatur posisinya dengan cara klik kanan pada logo dan pilih ‘Wrap Text’. berikutnya, Anda bisa klik opsi ‘Behind Text’ atau ‘Through’. terakhir, Anda tinggal mengatur posisi logo agar lebih rapi saja.

4. Cara Buat Kop Surat di Word 2016 

Cara buat kop surat di word 2016 bisa Anda lakukan secara manual dengan cepat dan mudah. Adapun langkah-langkah membuatnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

  1. Mengubah Tampilan Dokumen Menjadi Print Layout

Anda bisa mulai membuka Ms Word dan mengubah tampilannya menjadi Print Layout. Jika ingin mengubah tampilan ini, Anda bisa masuk ke tab ‘View’ dan klik ‘Print Layout’.

  1. Mengaktifkan Opsi Different First Page

Anda bisa mengklik sebanyak 2x pada area header. Selanjutnya, aktifkan check box ‘Different First Page’ dan pilihan menu itu bisa Anda akses pada bagian ‘Design’.

  1. Tulis Keterangan Perusahaan dengan Align Center

Tuliskan semua keterangan perusahaan yang sudah disebutkan sebelumnya, mulai dari nama sampai situs perusahaan. Anda dapat menggeser batas penulisan dari Hanging Indent ke angka 3 pada bagian ruler. Kemudian, atur tulisan menggunakan Align Center yang ada pada kolom Home.

  1. Masukkan Logo Perusahaan serta Atur Posisinya 

Pastikan Anda memilih logo perusahaan dengan kualitas terbaik. Kemudian, atur ukuran logo sampai sejajar dengan deskripsi perusahaan. Selanjutnya, klik kolom Format, lalu ubah Text Wrapping menjadi Through agar bisa mengatur logo secara leluasa.

  1. Mulai Buat Garis Kop Surat

Pada akhir deskripsi kop surat, Anda bisa klik enter. Kemudian, klik Borders di bagian kolom Home, lalu pilih Borders and Shading.

  1. Mengatur Borders and Shading

Mulai atur Borders and Shading sesuai kebutuhan, jika sudah, langsung saja klik ‘OK’.

  1. Keluar dari Header

Jika ingin menutup header, cukup klik dua kali pada area luar header atau klik Close Header and Footer pada kolom Design.

Baca juga: Contoh Isi Surat Pengalaman Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Demikian informasi cara buat kop surat di word yang bisa Anda ikuti setiap langkahnya, sesuai word yang dimiliki. Setelah mengetahui caranya, Anda dapat mengetahui bahwa membuat kop surat ternyata mudah dan praktis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download