Informasi Lengkap Tentang Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

Informasi Lengkap Tentang Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

01 Jun 2021 by kreditpintar
Informasi Lengkap Tentang Surat Keterangan Kerja dan Cara Membuatnya

Ada sebuah dokumen yang digunakan oleh seseorang sebagai pembuktian atau langkah verifikasi riwayat pekerjaan. Dokumen ini dinamakan sebagai surat keterangan kerja, yang berisikan informasi lengkap mengenai riwayat pekerjaan seseorang, yang mana nantinya bisa digunakan untuk tujuan melamar kerja.

Apabila seorang karyawan keluar dari perusahaan tempat dia bekerja, ia bisa meminta surat keterangan kerja pada perusahaan untuk mendaftar pada tempat kerja yang lain. Surat ini penting untuk memastikan bahwa seseorang memang bekerja pada suatu tempat kerja pada periode tertentu. 

Selain digunakan sebagai referensi pengalaman, surat ini juga bisa digunakan untuk tujuan lain seperti melamar beasiswa, membuat rekening bank, mendaftar Visa, mengajukan pinjaman pada Bank, dan lain-lain.

Surat mengenai riwayat pekerjaan ini memiliki susunan baku yang bisa dilihat pada contoh di bawah ini:

Contoh Surat Keterangan Kerja

Biasanya, dokumen ini terdiri dari beberapa bagian yang umum dari sebuah dokumen resmi. Ada kop surat, identitas perusahaan yang dijabarkan dengan lengkap, identitas karyawan, dan juga keterangan mengenai pekerjaan dan lamanya periode kerja. 

Sebagai langkah pengesahan, biasanya dibubuhkan tanda tangan dari bagian personalia dan juga cap dari perusahaan.

Surat Keterangan dari Perusahaan

Surat referensi kerja dari perusahaan biasanya bisa digunakan oleh karyawan yang masih bekerja atau mantan karyawan. Untuk karyawan yang masih bekerja, dokumen ini biasanya disertakan pada saat melamar beasiswa, membuka rekening, atau membuat Visa.

Biasanya, tak lupa juga dicantumkan dokumen pendukung seperti nomor identitas yang ada di KTP, ataupun dokumen resmi lainnya.

Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Sedikit berbeda dengan surat keterangan yang dibuat untuk tujuan di atas, surat ini lebih diutamakan untuk mantan karyawan yang sedang mencari pekerjaan baru di tempat lain. Maka dari itu, surat keterangan untuk tujuan ini biasanya berisikan riwayat pekerjaan sang karyawan, dilengkapi dengan tanggal pertama masuk dan keluarnya karyawan.

Surat ini juga bisa dilengkapi dengan rekomendasi yang menjabarkan kinerja baik karyawan selama ini.

Surat Keterangan Untuk Membuka Rekening Bank

Selain untuk mencari pekerjaan baru, kalian juga bisa menggunakan surat ini untuk membuka rekening Bank. Surat ini biasanya akan berisi informasi singkat yang menyatakan jabatan pekerjaan, dan lama kerja nya. 

Tidak lupa juga dicantumkan nama Bank dan keperluan yang akan dilakukan.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Sebelum membuat surat keterangan kerja, kalian perlu memastikan bahwa semua informasi yang akan dicantumkan sudah benar dan tepat. Jangan informasi di suratnya salah dan terlanjur mendapatkan cap dari perusahaan. 

Nah, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan sebagai cara membuat surat keterangan ini: 

  1. Gunakan software Microsoft Word atau Google Docs
  2. Buka software nya, dan buat kop surat yang terdiri dari nama, alamat, dan logo perusahaan pada bagian header
  3. Tulis “SURAT KETERANGAN”, menggunakan huruf kapital dan garis bawah
  4. Masukkan nomor surat tepat di bawah surat keterangan
  5. Tulis dengan lengkap nama dan identitas dari pembuat surat, yang bisa digantikan dengan nama perusahaan apabila diinginkan
  6. Masukkan kalimat “menerangkan bahwa :”
  7. Masukkan informasi lengkap tentang identitas karyawan, dan jabatannya
  8. Tulis penjelasan status karyawan (pernah bekerja atau masih bekerja)
  9. Sertakan detail tanggal mulai masuk dan berhentinya karyawan
  10. Tutup dengan kalimat penutup, dan jangan lupa tambahkan tanda tangan dan cap dari perusahaan (untuk memastikan keasliannya)

Demikianlah cara membuat surat referensi kerja. Meski sudah mendapatkannya, seorang mantan karyawan masih harus memenuhi kebutuhannya untuk menyambung hidup, Di kala dana sudah menipis, mau tak mau pinjaman harus dilakukan. Kredit Pintar hadir sebagai solusi cerdas.

Menjadi salah satu aplikasi terpercaya, aplikasi ini bisa memberikan solusi langsung dengan dana yang bisa cair dalam waktu 3 menit saja. Dengan begitu, Kredit Pintar bisa membantu memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk