Atasi Berbagai Penyakit, Ini Dia 15 Manfaat Daun Binahong

17 Jun 2021 by kreditpintar
Atasi Berbagai Penyakit, Ini Dia 15 Manfaat Daun Binahong

Binahong merupakan salah satu tanaman merambat yang cukup terkenal untuk mengobati berbagai penyakit.  Sobat Pintar tidak perlu lagi meragukan manfaat daun binahong

Nah, artikel kali akan mengulas lengkap tentang keunggulan daun binahong bagi kesehatan. Apa saja itu?

Mengenal Daun Binahong

Daun binahong dalam bahasa Inggris mempunyai nama lain heartleaf madeira vine atau madeira vine. Ini merupakan tanaman obat yang mudah Anda jumpai di dataran rendah atau dataran tinggi. 

Daun binahong termasuk tumbuhan menjalar yang berbatang lunak dengan daun tunggal. Daun binahong akan tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia dan beberapa negara di Asia. 

Pada abad ke -14, penduduk China menggunakan daun binahong untuk obat herbal. Di Indonesia sendiri, tanaman ini sudah cukup lama menjadi obat herbal alternatif yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.  

Terdapat dua jenis binahong, yaitu warna merah dan hijau. Meski tampilan warna berbeda, namun kedua binahong tersebut berkhasiat sama bagi kesehatan. 

Kandungan Daun Binahong

Hasil penelitian menyebutkan bahwa tanaman ini mengandung banyak nutrisi. Antara lain Glucan C, Betakaroten, Asam Organik, L-Arabinosa Mucopolysaccharide, D- Galaktosa, Asam aldonat, dan beberapa vitamin.  

Selain itu, binahong juga mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin dan saponin. Daun binahong juga bersifat antioksidan, antiinflamasi serta anti nyeri. 

Itulah mengapa daun binahong berkhasiat bagi menjaga kesehatan tubuh dan obat herbal untuk beberapa jenis penyakit. 

Manfaat Daun Binahong

Berikut beberapa keunggulan daun binahong yang perlu Sobat Pintar ketahui. 

1. Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Bakar

Keunggulan daun binahong yang pertama adalah mempercepat proses penyembuhan luka bakar karena kandungan flavonoid, saponin dan tanin di dalamnya. 

Saponin berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah infeksi dan mempercepat pembentukan kolagen. Sedangkan flavonoid mengurangi efek peradangan luka, sementara tanin berperan dalam membantu mengecilkan pori-pori kulit yang terluka, sehingga luka cepat menutup.  

2. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu kontrol kadar gula di dalam darah. Karena kandungan flavonoid di dalam daun binahong berperang menghambat penyerapan gula dan dapat meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Membantu Cegah Penyakit Jantung

Keunggulan daun binahong juga dapat untuk mencegah penyakit jantung. Sebab kandungan saponin dalam binahong berperang menurunkan kolesterol jahat.  Sobat Pintar cukup menyeduh air rebusan daun binahong dan menambah gula/ madu secara rutin 2 kali sehari.  

Ekstrak rebusan daun binahong dapat berefek seperti obat antihipertensi yang menghambat beta dan  diuretik yang baik untuk mencegah gagal jantung. 

4. Mengobati Asam Urat

Bagi Sobat Pintar yang mempunyai permasalahan asam urat tinggi, sebaiknya mulai rutin untuk mengkonsumsi daun binahong. Sebab daun binahong dapat  menurunkan kadar purin yang terdapat di dalam tubuh. Purin merupakan senyawa organik yang terdapat di dalam tubuh sebagai pemicu asam urat.  

5. Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

Bagi penderita gagal ginjal kronis sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi ekstrak daun binahong. Karena berdasar penelitian, kandungan di dalam binahong dalam memperbaiki sel ginjal. 

6. Mengobati Sakit Maag

Keunggulan daun binahong lainnya yaitu mengobati sakit maag. Daun binahong dapat membantu mengendalikan asam lambung sehingga dapat mencegahnya naik. 

Cukup meminum  air rebusan daun binahong sebanyak tiga kali sehari secara rutin sebelum makan.

7. Mengobati Sakit Paru-paru

Keunggulan daun binahong selanjutnya adalah untuk menjaga paru-paru dan mencegah sesak napas. Agar mendapat manfaatnya, Sobat Pintar cukup minum segelas air rebusan daun binahong secara rutin.  

8. Mengobati Lemah Syahwat atau Memulihkan Stamina

Daun binahong juga dapat mengobati lemah syahwat / disfungsi ereksi. Sobat Pintar cukup meminum segelas rebusan air binahong secara rutin. 

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus 3-10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebus beberapa saat hingga tersisa segelas air, kemudian minumlah ekstrak tersebut selagi hangat. 

Untuk mengurangi pegal-pegal di badan dan mengembalikan stamina, Sobat Pintar juga dapat mengkonsumsi rebusan air binahong. 

9. Mengobati Jerawat

Ternyata daun binahong juga cukup efektif untuk mengobati jerawat. Sobat Pintar cukup menghaluskan beberapa lembar daun binahong kemudian menggunakannya sebagai masker atau membubuhkan pada area wajah yang berjerawat. 

Selain cara tersebut, Sobat Pintar juga dapat mengobati dari dalam. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. 

10. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam daun binahong bermanfaat untuk mencegah munculnya sel-sel kanker. Sobat Pintar cukup meminum air rebusan daun binahong sebanyak 3 kali sehari secara rutin. 

11. Menangkal Radikal Bebas

Karena daun binahong tinggi kandungan antioksidan, maka dapat membantu menangkal radikal bebas. 

Kandungan antioksidan dalam ekstrak daun binahong sekitar 4, 25 mmol per 100 gram. Serta memiliki flavonoid 11, 266 mg. 

12. Mengatasi Permasalahan Otak

Permasalahan otak akibat benturan keras dapat Sobat Pintar kurangi dengan mengkonsumsi rutin air rebusan binahong. 

13. Meningkatkan Nafsu Makan

Air rebusan daun binahong juga dapat untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Untuk mengurangi rasa pahit, boleh menambah madu setiap kali mengkonsumsinya. 

14. Memelihara kesehatan mata

Daun binahong mengandung vitamin A dan betakaroten yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin meminum rebusan daun binahong secara rutin dapat mencegah Sobat Pintar terhindar dari beberapa penyakit mata/ rabun jauh. 

15. Mencegah Penuaan Dini

Selain beberapa manfaat di atas, daun binahong ternyata juga dapat mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan, betakaroten, zeaxanthin serta vitamin dalam daun binahong dapat memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas. 

Vitamin A dan C yang tinggi  dapat menjaga keelastisan kulit, meremajakan kulit secara alami serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

Kontraindikasi Manfaat Daun Binahong

Meski daun binahong memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, namun jika Sobat Pintar mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping. Terlebih bagi Sobat Pintar yang kurang cocok dengan pengobatan alami atau rempah-rempah. 

Berikut sederet hal-hal yang perlu Sobat Pintar perhatikan ketika mengkonsumsi rebusan daun binahong, antara lain :

  1. Jangan mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan zat stimulan, misalnya teh atau kopi.  Karena kandungan efedrin yang terdapat dalam daun binahong dapat memicu perasaan gelisah, mual, insomnia hingga jantung berdebar lebih cepat. 
  2. Ibu hamil dan menyusui dilarang mengkonsumsi rebusan daun binahong
  3. Penderita nyeri dada juga dilarang mengkonsumsi daun binahong. 

Cara Mengolah Daun Binahong

Agar aman mengkonsumsi daun binahong, sebaiknya Sobat Pintar memperhatikan cara mengolah daun binahong dengan tepat di bawah ini. 

  1. Ambil 3-10 lembar daun binahong yang tidak terlalu tua/ muda dan cuci hingga bersih
  2. Tambah 2 gelas air dan rebus hingga menyusut tersisa 1 gelas air
  3. Minum maksimal 3 kali sehari

Demikianlah ulasan lengkap tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat membantu.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload