Penjelasan tentang Apa Itu Premi dan Tujuan-Tujuannya

28 May 2024 by Kredit Pintar., Last edit: 28 May 2024

Seharusnya generasi masa kini sudah harus tau tentang istilah premi. Sebab, kemajuan zaman membuat semakin banyak orang mulai menyadari tentang pentingnya pengelolaan keuangan untuk masa depan, termasuk investasi dan asuransi. Nah, premi sendiri merupakan istilah yang wajib kamu ketahui ketika kamu mendaftar pada salah satu layanan asuransi. Jadi, apa itu premi? Yaitu, pembayaran wajib yang harus dibayarkan oleh anggota asuransi secara berkala. Bisa dalam hitungan bulanan maupun tahunan berdasarkan kesepakatan antara lembaga asuransi dan pemilik asuransi. 

Baca juga: Ketahui 3 Tips Membeli Premi Asuransi Yang Cocok

Pengertian premi menurut UU

Lalu, apa itu premi menurut Undang-undang? Premi merupakan sebuah komponen penting dalam asuransi yang berupa sejumlah biaya yang sudah ditetapkan besarannya oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pihak nasabah atau pemilik polis berdasarkan kesepakatan bersama. 

Jenis-jenis premi asuransi

Setelah mengetahui apa itu premi, selanjutnya mari kita pahami jenis-jenis dari premi asuransi dan manfaatnya untuk Anda. Berikut adalah beberapa jenis premi berdasarkan jenis asuransinya:

  1. Premi asuransi kecelakaan diri

Jenis pertama yaitu premi asuransi kecelakaan diri, yaitu berupa biaya yang harus Anda keluarkan secara rutin setiap bulan atau jangka waktu lainnya untuk mendapatkan jaminan atas resiko kecelakaan yang terjadi sewaktu-waktu pada nasabah atau pemegang polis. Premi ini merupakan salah satu jenis premi yang sebaiknya harus dimiliki oleh masyarakat mengingat begitu tingginya resiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Apalagi jika Anda adalah orang-orang yang memiliki banyak aktivitas diluar rumah dengan menggunakan kendaraan.

Jenis premi kecelakaan diri yang umumnya ditawarkan oleh perusahaan asuransi biasanya terdiri dari 2 pilihan, yaitu premi untuk menjamin nasabah selama perjalanan liburan dan premi untuk menjamin nasabah dari kecelakaan saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

  1. Premi asuransi perjalanan

Jenis premi berikutnya yaitu premi asuransi perjalanan. Apa bedanya dengan jenis premi yang pertama? Premi asuransi kecelakaan diri lebih fokus pada resiko musibah yang terjadi akibat perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor, sedangkan premi asuransi perjalanan adalah jaminan perlindungan finansial bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan dengan berbagai tujuan, baik perjalanan domestik maupun internasional. Adapun biaya-biaya yang akan ditanggung oleh jenis asuransi ini adalah biaya yang timbul akibat adanya bagasi yang hilang, pembatalan tiket, dan insiden lainnya yang mungkin terjadi selama perjalanan Anda. Namun, biasanya asuransi ini hanya dibayarkan sebanyak satu kali saja. 

Baca juga: Rekomendasi Lembaga Asuransi Kesehatan Terbaik

  1. Premi Asuransi Kesehatan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah premi asuransi kesehatan. Bagi Anda yang memiliki keluarga dengan beberapa anak sebaiknya Anda segera memiliki premi ini. Datangnya sakit adalah hal yang tidak dapat kita cegah dan bisa datang kapan saja. Maka, mendaftarkan diri Anda dan seluruh anggota keluarga ke dalam premi asuransi kesehatan adalah jalan yang patut Anda tempuh untuk menghindari kerugian finansial yang lebih besar di masa depan. Apalagi jika Anda belum memiliki penghasilan yang besar. 

Ada banyak pilihan asuransi kesehatan yang saat ini tersedia di Indonesia dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan rencana keuangan Anda. Salah satu jenis asuransi kesehatan yang cukup populer adalah BPJS. Apa itu? Yaitu program asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dan sifatnya wajib bagi Anda yang bekerja di lembaga pemerintahan. Adapun besaran premi yang harus dibayarkan nasabah setiap bulannya berkisar antara Rp 35.000 sampai dengan Rp 150.000 tergantung dari jenis fasilitas yang Anda inginkan.

Namun, bukan berarti Anda yang tidak bekerja di kantor pemerintahan tidak bisa mendaftar di BPJS kesehatan. Semua warga negara Indonesia bisa dan berhak mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS, hanya saja Anda perlu mendaftar secara mandiri. Sedangkan bagi Anda yang bekerja pada lembaga pemerintahan atau lembaga swasta biasanya pihak perusahaan akan secara otomatis mendaftarkan Anda pada program asuransi tersebut. 

  1. Premi asuransi pendidikan

Nah, premi yang juga cukup penting berikutnya adalah premi asuransi pendidikan. Kenapa penting? Tentu saja karena biaya pendidikan yang terus meningkat dari masa ke masa. Saat ini saja, biaya pendidikan khususnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia sudah mencapai angka puluhan hingga ratusan juta rupiah. Belum lagi biaya hidup yang diperlukan selama menempuh pendidikan. Jika diakumulasi, ini bisa menjadi angka yang bernilai fantastis di masa depan. Nah, jika Anda tidak ingin finansial Anda terganggu karena biaya pendidikan yang meningkat tajam ketika anak-anak Anda akan bersekolah, sebaiknya Anda segera mempertimbangkan untuk mendaftarkan mereka ke dalam premi ini. 

Nilai premi yang dibayarkan bisa dibicarakan dengan pihak asuransi sesuai dengan tujuan pendidikan buah hati Anda nantinya. 

  1. Premi asuransi ekspor

Beberapa jenis premi sebelumnya mungkin sudah sering Anda dengar, tapi tahukah Anda apa itu premi asuransi ekspor? Yaitu, sejumlah biaya yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan perlindungan finansial  dalam aktivitas ekspor produk barang atau jasa yang Anda lakukan. Perlindungan finansial ini dapat berupa resiko tidak diterimanya pelunasan tagihan terhadap sebagian atau seluruh produk ekspor dari importir yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Dengan adanya premi asuransi ekspor ini Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat, diantaranya yaitu: adanya rasa aman dalam menghadapi resiko menembus pasar ekspor, bisa menggunakan term of payment dengan resiko tinggi yang biasanya diinginkan importir, dan manfaat lainnya. 

Tujuan premi asuransi

Setelah memahami apa itu premi asuransi serta jenis-jenisnya, selanjutnya mari kita pahami apa itu tujuan asuransi.

  1. Jaminan perlindungan

Adapun tujuan dari kepemilikan asuransi yang pertama adalah dapat memberikan Anda perlindungan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi dalam hidup Anda, seperti kecelakaan, sakit dan lain sebagainya. Dengan membayar premi asuransi secara rutin setiap bulan maka Anda akan mendapatkan jaminan penuh terhadap asuransi yang Anda bayarkan. Ini juga merupakan bentuk dari proteksi diri dan proteksi finansial yang paling efektif di zaman sekarang. 

Dengan adanya asuransi Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan beban finansial yang terjadi akibat musibah yang terjadi di masa depan. 

  1. Sebagai bentuk ganti rugi

Ya, salah satu tujuan dari membayar premi asuransi adalah untuk mendapatkan ganti rugi apabila terjadi kerugian pada pihak tertanggung. Sebagaimana yang telah kita pahami sebelumnya tentang apa itu premi, bahwa besaran uang yang kita setorkan kepada perusahaan asuransi merupakan uang jaminan yang akan mereka keluarkan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya (apabila timbul resiko). 

  1. Pemerataan biaya

Tujuan lain dari premi asuransi adalah untuk mendapatkan pemerataan biaya. Dimana Anda selaku pemegang polis tidak perlu lagi membayar biaya secara keseluruhan atas kerugian yang Anda alami. 

Baca juga: 9 Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia yang Berlaku

Demikianlah ulasan mengenai apa itu premi asuransi serta jenis-jenis dan tujuannya. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 May 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download