Ketahui 3 Tips Membeli Premi Asuransi Yang Cocok

15 Sep 2021 by Laruan

Begitu banyak istilah dalam dunia asuransi yang masih membuat bingung orang-orang yang belum mengerti. Salah satu yang paling umum yaitu premi asuransi yang mungkin sering kita dengar.

Premi asuransi merupakan sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh Sobat Pintar sebagai nasabah kepada perusahaan asuransi. Sederhananya, Sobat Pintar membayar jasa yang ditawarkan perusahaan asuransi untuk mengambil alih resiko atau kerugian yang mungkin Sobat Pintar alami di kemudian hari. 

Ketahui 3 Tips Membeli Premi Asuransi Yang Cocok

Tentu saja produk atau layanan asuransi tersebut dilakukan sesuai dengan perjanjian tertulis antara Sobat Pintar sebagai nasabah atau tertanggung dengan pihak asuransi yang berperan sebagai penanggung.

Biaya tersebut biasanya dibayarkan per bulan. Namun ada pula beberapa perusahaan yang memang menawarkan produk biaya layanan asuransi dengan pembayaran tahunan atau jangka waktu tertentu. Sobat Pintar bisa memilih jangka waktu pembayarannya sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar.

Jumlah yang Sobat Pintar bayarkan untuk produk biaya layanan asuransi sangat beragam, tergantung pada tipe asuransi yang Sobat Pintar pilih. Usia nasabah juga bisa memengaruhi berapa besaran asuransi yang harus dibayarkan. Biasanya, nasabah yang masih berusia muda akan mendapat harga biaya layanan asuransi yang lebih murah. Hal tersebut dikarenakan usia muda memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan nasabah yang lanjut usia.

Biaya layanan asuransi juga memiliki beberapa tipe yang bisa Sobat Pintar pilih sesuai dengan kebutuhan atau rencana Sobat Pintar. Beberapa di antaranya yaitu yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi,  yaitu :

Premi Asuransi Jiwa

Resiko yang dilindungi dalam asuransi jiwa merupakan program yang memberikan perlindungan finansial dalam bentuk dana pertanggungan yang diberikan kepada seorang ahli waris dari tertanggung yang meninggal dunia. Tentu saja dana yang diberikan perusahaan serta penerima dana (ahli waris) sesuai dengan perjanjian tertulis antara Tertanggung dengan perusahaan. 

Selain untuk itu, resiko yang dilindungi dalam asuransi jiwa juga dapat dimanfaatkan sebagai tabungan untuk persiapan hari tua Sobat Pintar dan para ahli waris Sobat Pintar.

Ketahui 3 Tips Membeli Premi Asuransi Yang Cocok

Premi Asuransi Kesehatan

Resiko yang dilindungi dalam asuransi jenis ini sangat umum didengar oleh kita. Asuransi kesehatan merupakan dana yang Sobat Pintar bayarkan pada perusahaan asuransi sebagai bentuk pembayaran jasa pengambil alih resiko ketika Sobat Pintar jatuh sakit di kemudian hari.

Hal tersebut bisa menjadi rencana tabungan Sobat Pintar untuk persiapan dana kalau Sobat Pintar diharuskan untuk rawat inap atau menebus obat. Asuransi kesehatan akan mengcover biaya yang Sobat Pintar butuhkan sesuai dengan perjanjian tertulis Sobat Pintar dengan perusahaan asuransi.

Selain untuk persiapan tabungan di kala sakit, ada juga perusahaan asuransi yang menawarkan program tambahan yang berkaitan dengan proteksi kehilangan pekerjaan selama Sobat Pintar sakit.

Artikel terbaru: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Fungsi dan Tujuan Utama Premi Asuransi

1. Jaminan Perlindungan

Nasabah sudah pasti mendapat perlindungan dari risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan mengikuti program resiko yang dilindungi dalam asuransi, Sobat Pintar bisa meminimalkan kerugian yang diakibatkan oleh risiko yang Sobat Pintar alami. Karena, tidak ada yang dapat memprediksi kapan kerugian atau kejadian buruk akan menimpa. Lebih baik, persiapkan dari sekarang untuk mengikuti resiko yang dilindungi dalam asuransi agar kita merasa tenang jika kejadian buruk tersebut datang sewaktu-waktu.

2. Mengalihkan Risiko pada Perusahaan Asuransi

Nasabah dapat melimpahkan segala risiko yang diderita kepada perusahaan asuransi. Tentu saja sesuai dengan perjanjian dan tipe produk yang Sobat Pintar pilih ketika awal mendaftar asuransi. Perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah ganti rugi terhadap risiko dari nasabah.

3. Pemerataan Biaya

Maksudnya, dengan dana yang dibayarkan, Sobat Pintar tidak perlu membayar ganti rugi atas musibah atau kerugian yang Sobat Pintar alami. Contoh sederhananya adalah Sobat Pintar tidak perlu membayar jasa servis mobil ketika mengalami kecelakaan dan menyebabkan kerusakan mobil, karena Sobat Pintar sudah membayar resiko yang dilindungi dalam asuransi kendaraan.

Setelah mengetahui tipe dan fungsi dari resiko yang dilindungi dalam asuransi, kini saatnya Sobat Pintar memutuskan untuk memilih resiko yang dilindungi dalam asuransi mana yang akan Sobat Pintar beli. Tentu saja kebutuhan Sobat Pintar menjadi tolok ukur pilihan produk resiko yang dilindungi dalam asuransi.

Berikut ini beberapa brand resiko yang dilindungi dalam asuransi yang cukup terkenal beserta kisaran besar biayanya.

1. Asuransi Jiwa Prudential

Asuransi jiwa ini akan menanggung kerugian serta memberikan santunan jika nasabah meninggal dunia. Dana santunan dari asuransi akan diwariskan pada ahli waris nasabah sehingga mereka dapat merasakan manfaatnya.

Besaran biaya yang ditanggung pada resiko yang dilindungi dalam asuransi ini tergantung pada produk asuransi jiwa yang dipilih. Semakin besar dana per bulan, semakin banyak dana yang akan diterima oleh ahli waris.

2. Asuransi Mobil Garda Oto

Resiko yang dilindungi dalam asuransi ini termasuk dalam otomotif. Seperti asuransi yang lainnya, resiko yang dilindungi dalam asuransi pada brand ini memberikan ganti rugi ketika nasabah mengalami kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor yang diasuransikan. 

Ada 2 tipe perlindungan yakni produk TLO yang memberikan jaminan atas kerusakan kendaraan akibat pencurian. Sedangkan yang lainnya adalah Comprehensive yang memberikan jaminan atau ganti rugi pada kerusakan baik sebagian maupun keseluruhan yang diakibatkan semua risiko.

Tentu saja, besaran ganti rugi yang diberikan perusahaan masih bergantung pada besaran dana yang Sobat Pintar setorkan tiap bulannya.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi

Besaran premi yang harus Sobat Pintar bayarkan tiap bulan, pasti berbeda dengan orang lain. Hal tersebut tergantung pada kebutuhan dan tipe asuransi yang Sobat Pintar beli. Poin-poin di bawah ini juga mempengaruhi besaran nilai barang yang dilindungi dalam asuransi :

  1. Jenis barang yang Sobat Pintar asuransikan
  2. Jenis alat angkut barang atau transportasi yang digunakan untuk mengangkut barang yang diasuransikan
  3. Kondisi barang yang diasuransikan, apakah masih bagus atau memerlukan perawatan yang khusus
  4. Cara penyimpanan dan pengaturan barang dalam proses pengangkutan.

Begitu juga dengan asuransi jiwa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Usia nasabah atau tertanggung
  2. Kebiasaan kesehatan (apakah merokok atau tidak)
  3. Riwayat kesehatan (apakah pernah mengalami penyakit tertentu atau tidak)
  4. Pekerjaan nasabah atau tertanggung
  5. Masa pertanggungan
  6. Jumlah uang pertanggungan.

Selayaknya perusahaan keuangan lainnya di mana jika Sobat Pintar terlambat membayar premi, dapat menyebabkan :

Kehilangan proteksi yang nantinya akan merugikan Sobat Pintar. Tak jarang ada kasus pembekuan polis atau surat perjanjian dengan pihak asuransi.

Beberapa ketentuan yang harus kembali dilakukan untuk memberlakukan kembali polis atau surat perjanjian.

Kemungkinan buruk yang bisa saja Sobat Pintar alami adalah ketika polis tidak dapat diaktifkan kembali. Jika hal itu terjadi, Sobat Pintar harus membeli asuransi lain.

Artikel terbaru: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Tips Memilih

1. Membeli Asuransi saat Muda

Selagi muda dan produktif, ada baiknya kita memikirkan asuransi untuk memproteksi diri kita akibat risiko di masa depan. Ada banyak pilihan produk yang bisa Sobat Pintar pilih untuk para nasabah muda.

2. Memilih Tipe Asuransi Sesuai Kebutuhan

Membeli produk asuransi harus disertai dengan pertimbangan yang matang. Putuskan asuransi mana yang akan kamu fokuskan. Apakah itu asuransi kesehatan, jiwa, atau kendaraan.

3. Mengenal Produk Sebelum Membeli

Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk asuransi yang menjadi pilihan Sobat Pintar. Tanyakan segala hal yang terkait dengan produk hingga sedetail mungkin.Itulah pengertian, tipe, dan beberapa contoh brand asuransi yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan untuk dibeli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload