Apa Itu Jaringan 5G? Mari Simak Jaringan 5G di Indonesia

19 Apr 2021 by Laruan
jaringan 5g

Apa itu jaringan 5G?

Sudah bukan berita baru lagi mendengar bahwa layanan 5G akan digelar secara komersial di Indonesia. Jaringan ini merupakan generasi kelima dari jaringan komunikasi yang terhitung dapat berjalan sampai 100 kali lebih cepat dari jaringan sebelumnya, yakni jaringan 4G. Walau belum dipastikan tanggalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah memberitahukan 13 wilayah di Indonesia yang lebih dahulu mendapatkan penggelaran jaringan 5G di Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut termasuk Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Borobudur, Yogyakarta, Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Likupang (Sulawesi Utara). 13 wilayah ini menjadi wilayah prioritas, dan jaringan 5G di Indonesia akan terus meluas seiring dengan permintaan setelah implementasi jaringan 5G pada 13 wilayah tersebut selesai.

Manfaat Jaringan 5G

Terdapat beberapa perubahan yang dibawa sejalan perubahan jaringan ini. Koneksi layanan 5G mendorong peningkatan waktu dalam mengunduh video, dan juga memungkinkan internet rumah tangga untuk tidak menggunakan kabel fiber optik. Konektivitas 5G dipastikan dapat mempengaruhi pengalaman pengguna yang terus meningkat dengan layanan yang lebih terkelola dan lebih baik dari jaringan-jaringan sebelumnya. Terdapat satu hal yang dinantikan dari implementasi jaringan 5G di Indonesia adalah latensi jaringan 5G yang diketahui lebih rendah dari jaringan sebelumnya.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan cloud gaming, dimana pengguna dapat memainkan aplikasi gim di berbagai macam perangkat. Diketahui latensi 5G mencapai 1 ms, sedangkan latensi 4G ada pada 30 ms. Latensi, atau yang sering dikenal dengan delay (penundaan) adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan data sampai ke tujuan. Semakin kecil latensi, semakin cepat dan semakin mulus pengalaman seseorang dalam memainkan gim.

IoT

Namun, dari semua yang sudah disebutkan, terdapat satu yang menjadi highlight. Jaringan 5G di Indonesia dapat memberikan masyarakat kesempatan untuk terjun dalam era digital dengan menerapkan Internet of Things. Artinya, setiap perangkat elektronik pintar yang terhubung dengan internet akan dengan mudah diakses oleh sang pengguna dimanapun dan melalui perangkat apapun. Hal ini akan membantu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun Smart City. Dengan memaksimalkan penggunaan data dan informasi yang diterima, para petinggi dapat memaksimalkan layanan 5G di Indonesia untuk meningkatkan kualitas kota-kota, seperti pengamatan lalu lintas, pelaksanaan perencanaan kota, sekaligus peningkatan keamanan bagi seluruh masyarakat. Semua pengawasan melalui Internet of Things ini menjadi sebuah inovasi yang kreatif bagi negara dengan melakukan pemantauan secara langsung dan dari jarak jauh tanpa harus terjun ke lapangan.

Walau begitu, tidak semua perangkat dan handphone bisa menggunakan jaringan 5G. Sudah dikeluarkan berbagai perangkat keluaran baru pada tahun 2021 yang dapat menyambut jaringan 5G, tetapi terdapat beberapa perangkat keluaran lama yang tidak bisa dimanfaatkan. Maka dari itu, perlu riset tambahan untuk mengetahui tipe handphone apa saja yang sudah bisa digunakan untuk memakai jaringan 5G di Indonesia. Apakah perangkat Anda termasuk salah satunya? Kalau belum, mungkin sudah waktunya untuk mengganti handphone Anda.

Tidak perlu khawatir jika Anda kekurangan dana sekarang, karena keberadaan kredit pintar dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Kredit pintar datang sebagai pinjaman dana dengan cicilan yang ringan. Dengan pencairannya yang instan, kredit pintar sudah dimanfaatkan oleh begitu banyak orang yang sedang terjebak masalah finansial. Cicilan ringan menjadi salah satu alasan pinjaman ini begitu digemari. Jadi, tunggu apa lagi?

Kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload