Apa Itu Freelancer dan Bagaimana Cara Mencapai Sukses? Simak Tips Berikut Ini!

29 Apr 2021 by kreditpintar
apa itu freelancer

Selain mengandalkan pinjaman instan yang sedang marak, ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau mungkin menjadi sebuah metode kerja yang baru. Namanya adalah freelancing, atau pekerja lepas. Sudahkah kalian familiar dengan kata-kata ini? Apa itu freelancer?

Apa Itu Freelancer?

Seperti namanya, freelancer adalah orang-orang yang melakukan freelancing. Freelancing ini dapat memberi kalian kesempatan untuk bekerja dari rumah secara full-time atau untuk memberikan sumber penghasilan tambahan. 

Freelancing tentu berbeda dengan memiliki bisnis kalian sendiri, karena pada dasarnya, kalian biasanya memberikan layanan, bukan produk yang dijual ke orang lain. Overhead atau biaya modal freelancing bisa jauh lebih rendah, tergantung pada bidang yang kalian geluti.

Nah, setelah memahami apa itu freelancer, kami akan membagikan beberapa tips menjadi freelancer sukses yang sering terlewatkan.

Tips Menjadi Freelancer Sukses

1. Mengetahui berapa nilai kalian sebagai seorang profesional

Jika kalian ditanya oleh orang, apa itu freelancer? Jawab saja, freelancer adalah seseorang yang tahu betul bidang keahlian dan kapasitasnya. Terlalu banyak freelancer gagal membuat layanan mereka menguntungkan karena mereka pikir mereka bisa bertahan dengan gaji yang amat sedikit. 

Mereka pikir, mereka harus menyediakan layanan termurah atau nanti tidak akan ada yang akan memesan jasa dari mereka. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Salah satu tips menjadi freelancer sukses adalah memahami apa yang kalian bisa lakukan, dan sejauh mana usaha kalian untuk menggapainya.

Patok harga sesuai dengan profesionalitas kalian, jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal. Temukan keseimbangan antara keduanya.

2. Pastikan kalian akan dibayar

Hal ini penting, terutama saat kalian bekerja dengan klien baru yang rasanya masuk akal untuk dibayar di muka. Bahkan untuk klien reguler yang kalian sudah kenal dengan baik, jangan pernah lupakan hal ini untuk menjamin keselamatan finansial kalian.

Lagi pula, bagaimana jika kalian sudah menghabiskan berjam-jam untuk sebuah proyek, tetapi ternyata kalian tiba-tiba sakit? Atau mungkin ada kebutuhan lain yang sifatnya mendesak.

Masalah mendapatkan bayaran adalah masalah umum di antara freelancer, terutama yang bekerja dari jarak jauh. Itulah mengapa banyak freelancer memilih untuk menggunakan platform seperti Legiit atau Fiverr, yang memastikan bahwa klien mendapatkan apa yang mereka bayarkan dan freelancer yang mengirimkan jasanya selalu dibayar.

3. Bekerjalah di area keahlianmu

Jika kalian mempertimbangkan freelancing, kalian harus memilih area yang memungkinkan kalian sudah ada pengalaman di dalamnya. Misalnya, jika kalian sudah pernah bekerja di departemen Humas untuk bisnis, kalian bisa menjadi konsultan PR atau menulis siaran pers untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki departemen PR sendiri. 

Jika kalian pernah bekerja di industri film atau TV, kalian juga bisa menjadi freelancer untuk itu. Seorang guru bisa bekerja lepas sebagai tutor. Ada berbagai macam bidang dan peluang yang bisa kalian lakukan sebagai freelancer. 

4. Jangan lupa iklankan diri kalian

Setelah Sobat Pintar mulai bekerja lepas, Sobat Pintar perlu beriklan. Salah satu tips menjadi freelance sukses adalah membuat image kalian selalu ada di kepala klien-klien potensial.

Kalian mungkin ingin memulai dari mulut ke mulut dan mulai melamar pekerjaan freelance yang kalian lihat di berbagai situs online. Beberapa industri memerlukan kontak orang dalam untuk mulai bekerja, dan mungkin perlu beberapa saat sampai pekerjaan kalian bisa berkembang ke titik yang lebih baik. 

Freelancer yang sukses adalah orang-orang yang mampu menjual diri mereka sendiri. Kalian harus bisa mengatur portofolio online untuk menunjukkan apa pekerjaan kalian dan membuat koneksi online. Hal ini penting, karena hubungan antara freelancer dan klien secara online lebih sering daripada yang offline.

Tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan freelance pun membutuhkan sedikit modal. Apabila dana kurang mencukupi, kalian bisa mengandalkan pinjaman instan yang kini tersedia lewat aplikasi, seperti Kredit Pintar misalnya.

Aplikasi ini akan memberikan kalian kemudahan dalam meminjam uang. Dengan dana yang cepat cair, kalian bisa membeli segala keperluan freelancing kalian dengan mudah. Tunggu apa lagi, pakai Kredit Pintar sekarang!

kredit pintar