Banyak Dibutuhkan, 7 Cara Memulai Jadi Desainer Grafis

24 Aug 2021 by Laruan

Cara Memulai Jadi Desainer grafis dan Prospek Bidang Ini – Desainer grafis/grafis merupakan orang yang memiliki ide menarik kemudian dituangkan dalam bentuk produk visual. Spesialisasi bidang ini meliputi illustrator, UI/UX, motion graphic, advertising dan lain sebagainya. 

Semakin banyak perusahaan membutuhkan profesi ini karena menampilkan produknya dengan tampilan visual yang menarik. Perusahaan manapun membutuhkan desain untuk kartu nama, logo perusahaan hingga desain post di sosial media. Dengan ini prospek karir ini sangat cemerlang dan akan terus mengalami perkembangan. Berikut beberapa tips cara memulai jadi desainer grafis.

Banyak Dibutuhkan, 7 Cara Memulai Jadi Desainer Grafis

Tips Cara Memulai Jadi Desainer Grafis

1.Kenali Area Desain Grafis

Apakah anda memiliki ketertarikan dalam periklanan, pengembangan web, multimedia, desain cetak atau mungkin animasi? Hal ini termasuk dalam bentuk desain yang berbeda. Ada baiknya jika anda memfokuskan diri untuk memilih salah satu dari bentuk desain ini bagi anda yang baru mulai memasuki bidang ini. 

2. Belajar dari Buku Desain Grafis

Belajar dari buku yang memuat dasar-dasar desain akan sangat membantu. Pelajari isi buku tersebut dengan tekun akan membuat anda jadi lebih paham tentang konsep desain grafis. Apalagi jika anda menyimpan ketertarikan dalam bidang ini, mempelajari buku tidak akan membosankan.

3.Mulailah dari Software yang Mudah

Pilihlah  software yang paling mudah versi anda. Pelajari dan giatlah dalam menjalankan desain di software pilihan anda tersebut. Jangan terlalu sering mengganti perangkat lunak yang anda gunakan, bisa jadi tidak ada satu perangkat lunak pun yang akan anda kuasai pemakaiannya. Jika sudah paham dengan satu software barulah anda beralih ke yang lainnya.

4. Kursus Desain

Kursus desain akan menungkinkan anda menambah softskill sehingga dapat menambah keahlian anda dalam menjalankan program-program seperti photoshop dan ilustrasi. Anda akan diajarkan cara menggunakan program tersebut untuk mengembangkan esensi dari desain yang anda gambarkan. 

Seperti yang kita tahu, kursus desain bukanlah usaha yang bisa didapatkan dengan biaya murah.

Namun, ada #SolusiCetar bagi Sobat Pintar yang berniat mengikuti kursus desain.

Sobat Pintar bisa download aplikasi Kredit Pintar yang ada di Play Store.

Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga aman digunakan sebagai penyedia layanan pinjaman dana. 

5. Ikut Komunitas Desain

kembangkan keinginan anda dengan dengan memperbanyak jaringan. Anda perlu mengenalkan diri di luar zona nyaman guna mendapat pengakuan atau umpan balik. Penting untuk anda melihat apa yang dikerjakan oleh orang lain. Bisa saja anda mendapat jaringan karena pergaulan dari teman yang anda temui di komunitas desain misalnya.

6. Belajar dari Karya Desainer Profesional

Satu lagi cara yang dapat anda lakukan adalah belajar dari karya desainer yang telah profesional di bidangnya. Dapatkan karyanya di internet, koran, majalah, buku, atau dimanapun kemudian pelajari dengan baik. Carilah inspirasi untuk memacu kreativitas anda. Boleh juga anda melihat di situs web, toko buku, bahkan yang paling mudah ditemukan yaitu kemasan suatu produk.

7. Buatlah Rencana dan Tujuan Matang Dalam Menjalani Proses Belajar

Jika tujuan anda belajar desain adalah untuk rencana bisnis, maka harus dipikirkan dengan matang. Mulai dari jenis layanan, jenis usaha apakah sebagai bisnis kecil atau mendirikan perusahan dengan sejumlah karyawan, jumlah pelanggan dan client untuk kestabilan anggaran, waktu per proyek, model bisnis untuk kesuksesan di masa mendatang.

Meskipun baru memulai anda dapat merancang hal tersebut. Tidak ada salahnya anda memikirkan tujuan anda kedepannya dalam belajar desain. Jika bisnis terlalu cepat bagi anda, anda dapat memulainya dengan bekerja sebagai freelancer karena banyak perusahaan-perusahaan memerlukan pekerja jenis ini. Dengan bekerja di perusahaan tertentu anda pun dapat belajar tentang sistem kerja perusahaan untuk membangun bisnis anda kedepannya.

Baca artikel menarik lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Selain Laptop, Hardware dan Software Yang Digunakan Untuk Menjadi Desainer Grafis

Setelah mengetahui tips cara memulai jadi desainer grafis, anda perlu mengetahui selain laptop yang tentunya diperlukan untuk melakukan pengeditan. Anda juga harus mengetahui perangkat keras dan lunak apa yang diperlukan untuk menunjang proses desain anda dengan menggunakan laptop. Beberapa perangkat keras dan lunak yang anda butuhkan akan diterangkan di bawah ini.

1. VGA Card

Kartu grafis adalah hardware yang memiliki kegunaan sebagai pengolah data dalam bentuk grafis, kemudian hasilnya akan ditampilkan dalam monitor. Desainer grafis minimal membutuhkan VGA menengah untuk hasil tampilan grafis yang lebih teliti dan akurat. 

2. RAM

Penyimpanan atau RAM sangat penting karena pada komputer besarnya RAM akan mampu menyimpan aplikasi atau data yang anda perlukan untuk aplikasi desai grafis. Penggunaan memori dalam bidang ini terbilang cukup besar sehingga akan diperlukan penyimpanan yang memadai. 

3. Motherboard

Motherboard adalah alat yang berfungsi sebagai penyedia konektivitas listrik dan media bertempatnya komponen komputer. Jika RAM yang digunakan cukup besar maka alat inipun harus menyesuaikan dengan kapasitas RAM. Motherboard pun mengatur basic input atau kode BIOS atau output system yang berada di Chip ROM.

4. Drawing Tablet 

Fungsi alat ini sebagai perangkat input berbentuk papan gambar yang dilengkapi stylus sebagai pensil gambar. Dengan perangkat ini memudahkan para desainer karena sketsa yang dibuat pada tablet akan di input langsung dan dilihat di monitor.

5. Hard Drive Eksternal

Hard Drive eksternal diperlukan untuk menyimpan cadangan file. Jika RAM yang anda gunakan tidak terlalu besar maka memiliki hard drive eksternal akan sangat membantu anda. Anda dapat menyimpan file anda dalam alat ini sehingga, anda dapat mendesain lagi di komputer anda. 

6. Printer

Alat ini digunakan untuk mencetak produk fisik, cetak biru dan lainnya. Printer yang berkualitas akan memberikan hasil warna yang sama dengan desain anda. Printer yang baik digunakan desainer contohnya, printer dari merek EPSON T1100 karena ketajaman warnanya yang sangat baik. 

7. Adobe Photoshop

Software ini banyak digunakan dalam desain grafis karena keunggulan dalam manipulasi foto, mengganti background, membuat gambar tiga dimensi, merancang web dan masih banyak keunggulan lainnya. Meskipun awalnya anda akan menemui kesusahan namun jika anda tetap tekun maka pada akhirnya anda akan menguasai aplikasi ini.

8. Adobe Illustrator

Perangkat lunak ini berfungsi untuk membuat desain vektor. Apapun jenis desain selama masih berbentuk vektor baik desain logo, ilustrasi, ikon, kemasan, dan sebagainya perangkat ini menjadi pilihan yang dapat anda gunakan.

9. Adobe In Design 

Adobe indesign mempunyai fungsi untuk membuat layout sederhana seperti flyer, brosur, kartu nama hingga yang sulit seperti annual report, magazine dan buku yang memiliki banyak halaman. 

10. Corel Draw

Fungsinya sama dengan adobe illustrator. File dari perangkat lunak satu ini dapat di ekspor ke adobe illustrator.

Itu dia beberapa cara memulai jadi desain grafis dan peralatan penunjang untuk desain anda. Jangan ragu untuk memulai belajar di bidang ini. Peluang kerja dan bisnis bidang ini semakin berkembang setiap saat. Tidak ada salahnya membekali diri dengan kemampuan desain grafis. Apalagi saat ini hampir semua perusahaan memberikan promosi lewat digital. Penampilan visual dari brand suatu perusahaan akan menarik minat calon pelanggannya.

Itulah 7 pilihan cara untuk menjadi desainer grafis. Tertarik mencobanya?

Baca artikel menarik lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload