Bagaimana Cara Memilih Alat Bantu Dengar yang Bagus? Ini Tipsnya!

01 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 05 Jan 2022

Adanya alat bantu dengar sangat membantu orang-orang yang indra pendengarannya terganggu. Jika Sobat Pintar termasuk salah satunya, pakailah alat ini untuk menunjang pendengaran Sobat Pintar selama beraktivitas. 

Dengan memakai alat bantu ini, kemampuan pendengaran Sobat Pintar yang terganggu bisa kembali mendengar secara jelas. Namun, alat ini tidak akan bisa mengembalikan fungsi pendengaran Sobat Pintar seperti semula karena fungsinya hanya membantu. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Prima

Tips Memilih Alat Bantu Dengar yang Bagus

Jika kemampuan mendengar Sobat Pintar selama ini terganggu, kini sudah ada solusinya. Sobat Pintar bisa mengatasi gangguan pendengaran dengan memakai alat dengar. Harga alat dengar ini cukup variatif dan produknya gampang ditemukan. 

Namun, sebelum membeli alat dengar tersebut, pastikan dulu bahwa alatnya memang bagus. Supaya tidak tertipu, Sobat Pintar bisa membelinya dengan menggunakan beberapa tips berikut ini: 

Baca juga: 5 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga

1. Berkonsultasi ke Audiologist

Supaya Sobat Pintar tidak salah membeli alat dengar, sebaiknya Sobat Pintar berkonsultasi dulu ke audiologist. Kunjungi saja audiologist atau dokter THT setempat yang dekat dengan tempat tinggal Sobat Pintar. Bisa juga berkonsultasi secara online melalui aplikasi kesehatan jika tidak ada praktik audiologist di sekitar rumah Sobat Pintar. 

Sebelum berkonsultasi, periksakan dulu pendengaran Sobat Pintar agar dokter bisa tahu permasalahan dengar yang Sobat Pintar alami. Jika sudah begitu, mintalah dokter untuk merekomendasikan alat dengar yang  dengan kebutuhan Sobat Pintar. Nantinya dokter akan memberi rekomendasi alat dengar yang pas buat Sobat Pintar. 

Barulah setelah selesai konsultasi Sobat Pintar bisa datang ke toko atau apotik untuk membeli alat dengar. Pilihlah jenis alat dengar yang sudah direkomendasikan oleh dokter. 

2. Memilih Jenis yang Pas

Alat bantu yang tersedia saat ini banyak dijual di apotik seperti Kimia Farma. Di apotik ini biasanya menyediakan berbagai jenis alat dengar secara lengkap. Sobat Pintar bisa memilih-milih alat dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. 

Namun, sebelum memilih pastikan dulu kalau alat dengarnya pas dan bagus secara kualitas. Maksudnya, dari berbagai jenis alat dengar yang dijual, pilih salah satu yang punya spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. 

Selain itu, peetimbangkan juga model dan harga jualnya. Jangan sampai Sobat Pintar membeli alat dengar dengan kualitas biasa saja, tapi harganya mahal. Lebih baik pikirkan secara matang-matang sebelum Sobat Pintar menyesal karena memilih alat dengar yang tidak pas. 

3. Membeli Alat Dengar yang Bisa Ditingkatkan

Sebelum Sobat Pintar membeli alat dengar, pastikan dulu bahwa harga yang dipatok cukup terjangkau. Meski begitu, Sobat Pintar tidak boleh sembarangan saat membeli alat dengar. Jangan cuma harganya saja yang Sobat Pintar pertimbangkan, tapi kualitas produknya juga. 

Kemudian, jangan lupa untuk mengecek fungsi alatnya juga. Jika Sobat Pintar mencari alat dengar dengan fungsi untuk meningkatkan pendengaran, maka pilihlah jenis alat dengar yang pas. Jika Sobat Pintar salah memilih, indera pendengaran Sobat Pintar yang akan terkena resikonya. 

Ada berbagai macam alat dengar yang bisa Sobat Pintar pilih sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Tinggal Sobat Pintar cocokkan saja fungsi alatnya, lalu beli dan pakai alat dengar tersebut untuk aktivitas sehari-hari. 

4. Memilih yang Ada Garansinya

Membeli alat dengar juga jangan dilihat dari harga, fungsi, dan jenisnya saja, tapi juga harus ada jaminannya. Carilah alat dengar yang menawarkan jaminan kartu garansi. 

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada alat dengar Sobat Pintar, Sobat Pintar bisa meminta ganti rugi atau perbaikan gratis. Itulah fungsi dari adanya kartu garansi. Maka dari itu, carilah alat dengar yang memberi fasilitas garansi. 

Rekomendasi Jenis-jenis Alat Dengar 

Seperti yang Sobat Pintar tahu, ada berbagai jenis alat dengar yang tersedia di pasaran. Masing-masing jenis alat dengar tersebut juga punya fungsi dan kegunaan yang berbeda. Makanya, sebelum Sobat Pintar terlanjur membeli alat dengar, perhatikan rincian spesifikasinya terlebih dahulu. 

Sebagai referensi tambahan buat Sobat Pintar, spesifikasi lainnya terkait alat dengar di artikel atau jurnal kesehatan. Namun, Sobat Pintar juga bisa menyimak spesifikasi dari masing-masing jenis alat dengar di bawah ini: 

Baca juga: 7 Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Terbaik dan Terpercaya

1. In the Ear

Untuk penderita gangguan pendengaran level ringan sampai sedang, jenis alat dengar ini cocok Sobat Pintar gunakan. Alat dengar ini biasanya dipakai di area luar lubang telinga. Alat ini akan terlihat mencolok karena dipasang di bagian luar telinga. 

Namun, jika Sobat Pintar mencari alat dengar dengan daya tahan baterai yang awet, jenis in the ear adalah pilihan yang tepat. Baterai yang digunakan pada alat dengar ini bisa tahan lama hingga berjam-jam karena menggunakan baterai berdaya besar. 

2. In the Canal

Alat dengar yang satu ini dirancang khusus agar bisa masuk ke bagian dalam saluran lubang telinga. Ketika dipasang, tentu saja akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Meski begitu, alat ini tetap direkomendasikan untuk Sobat Pintar yang peduli terhadap penampilan karena tidak akan terlihat dari luar. 

Sama seperti alat bantu jenis sebelumnya, jenis in the canal (ITC) dirancang untuk orang dengan gangguan dengar level ringan. Jika Sobat Pintar menderita gangguan fungsi pendengaran level berat, tidak direkomendasikan memakai alat ini. 

3. Completely in the Canal

Bagi penderita gangguan sistem pendengaran level ringan hingga sedang, Sobat Pintar bisa memilih jenis alat dengar ini. Sebab, fungsi dari alat ini memang dirancang untuk penderita gangguan dengar di level tersebut. Jika gangguan dengar Sobat Pintar di level parah, alat dengar ini tidak direkomendasikan untuk dipakai. 

Karena, alat dengar ni hanya bisa dipasang di dalam saluran lubang telinga. Posisi dan letak pemasangan alat completely in the canal (CIC) ini juga harus di dalam lubang telinga. Dengan begitu, alat tersebut bisa berfungsi maksimal. 

4. Behind the Ear

Inilah alat dengar yang direkomendasikan untuk Sobat Pintar yang mengalami gangguan pendengaran ringan sampai berat. Alat dengar jenis behind the ear ini adalah yang paling umum dipakai oleh berbagai kalangan. 

Alat dengar ini terletak persis di belakang luar telinga. Kemudian akan dihubungkan mulai dari lubang suara hingga ke dalam saluran telinga. 

Jika Sobat Pintar masih kekurangan biaya untuk membeli alat bantu dengar, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dan ke Kredit Pintar. Ada banyak pilihan fitur keuangan yang beba Sobat Pintar pilih. Lagipula, seluruh transaksi yang ada disini juga terjamin aman karena sudah diawasi OJK.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload