5 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga

27 Jul 2021 by Laruan

Telinga yang tak sengaja kemasukan air tentu akan memberikan sensasi tidak nyaman bagi diri kita. Meskipun bukan merupakan masalah yang serius, sebenarnya air dapat keluar dengan sendirinya dari telinga kita tanpa memerlukan perawatan apapun. Namun membiarkan air terperangkap di dalam telinga kita terlalu lama dapat membuat kita mengalami infeksi. Oleh karena itu, saat Sobat Pintar telah selesai berenang atau melakukan aktivitas apapun yang berkaitan dengan air, pastikal air sudah keluar dari telinga Sobat Pintar.

cara mengeluarkan air dari telinga

Namun apabila air terlanjur terperangkap di dalam telinga Sobat Pintar, Sobat Pintar harus segera mengeluarkan air tersebut agar tidak terjadi infeksi. Berikut adalah beberapa cara mudah mengeluarkan air dari telinga:

1. Keluarkan Air dengan Menggoyangkan Cuping Telinga

Hal pertama yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan cara memiringkan kepala Sobat Pintar ke sisi telinga yang kemasukan air. Goyang-goyangkan kepala Sobat Pintar agar air dapat keluar. Apabila tidak berhasil, Sobat Pintar bisa menggoyangkan cuping telinga Sobat Pintar yang kemasukan air. Lakukan tahap ini dalam posisi kepala miring dan bagian luar telinga menghadap bahu.

2. Air Dapat Keluar dari Telinga dengan Dihisap oleh Telapak Tangan

Selain dengan menggoyangkan cuping telinga, Sobat Pintar bisa mengeluarkan air yang terlanjur masuk dengan memiringkan kepala ke sisi telinga yang bermasalah. Setelah itu, gunakan telapak tangan untuk menutup telinga yang tersumbat air.

Lakukan seolah kepala Sobat Pintar bersandar pada telapak tangan ini. Gosok telapak tangan Sobat Pintar pada telinga dengan gerakan naik turun agar permukaan terasa lebih datar. Terakhir, tekan telinga kuat-kuat dan lepas dengan cepat hingga Sobat Pintar merasakan sensasi hisapan. Cara ini dinilai ampuh untuk mengeluarkan air yang terjebak di dalam telinga.

3. Menggerakkan Rahang dan Mulut Juga Bisa Mengeluarkan Air dari Telinga

Apabila Sobat Pintar tidak segera mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga Sobat Pintar, saluran sempit yang menghubungkan rongga telinga dengan bagian belakang lubang hidung dapat tersumbat. Selain itu, bisa terjadi pembengkakan sehingga air semakin sulit untuk keluar.

Oleh karena itu, hal yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengeluarkan air ini adalah dengan melakukan peregangan mulut dan rahang. Lakukan gerakan ini layaknya sedang mengunyah atau menguap. Gerakan ini bisa membantu Sobat Pintar melegakan saluran yang tersumbat ini. Terus lakukan gerakan ini sampai telinga Sobat Pintar terasa bebas kembali.

cara mengeluarkan air dari telinga

4. Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Menggunakan Air Rupanya Bisa

Sobat Pintar bisa melakukannya dengan cara menyiapkan air hangat (bukan air panas). Lalu teteskan air hangat ini pada telinga yang kemasukan air sambil memiringkan kepala hingga telinga yang tersumbat menghadap ke atas. Diamkan ia selama tiga detik, kemudian miringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Sobat Pintar hanya perlu menunggu beberapa saat dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap bahu hingga air mengalir keluar.

5. Pengering Rambut Bisa Digunakan untuk Mengeluarkan Air dari Telinga

Rupanya alat yang satu ini tidak hanya berguna untuk Sobat Pintar mengeringkan dan melakukan styling terhadap rambut Sobat Pintar. Pengering rambut pun bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga Sobat Pintar.

Cara yang perlu Sobat Pintar lakukan pun cukup mudah. Sobat Pintar hanya perlu mengatur hair dryer atau pengering rambut Sobat Pintar ini pada kecepatan udara dan suhu yang paling rendah. Setelah itu, beri jarak sekitar 30 sentimeter. Kemudian keringkan telinga dengan gerakan mendekati dan menjauhi pada bagian telinga yang kemasukan air.

Sobat Pintar bisa mencoba cara satu ini sambil menggoyang-goyangkan cuping telinga Sobat Pintar. Udara panas yang pengering rambut Sobat Pintar tiupkan ke telinga akan membantu air di dalamnya menguap dengan lebih cepat.

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengeluarkan air dari telinga. Agar hal ini tidak terjadi, usahakan untuk selalu menggunakan penyumbat telinga saat sedang melakukan aktivitas yang berkaitan dengan air. Karena bagaimanapun, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload