7 Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Baik Dikonsumsi

07 Jul 2021 by Laruan

Para penderita asam urat dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi adalah seperti seafood, daging merah, jeroan hewan, dan alkohol. Kemudian adakah makanan untuk penderita asam urat? 

7 Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Baik Dikonsumsi

Makanan untuk mencegah asam urat

Ada beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena makanan tersebut berkhasiat menyembuhkan asam urat dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan beberapa zat yang akan dibahas telah diteliti sebagai penurun kadar asam urat sehingga dapat mencegah dan mengobati asam urat yang diderita. Berikut adalah 10 makanan untuk penderita asam urat:

  1. Kopi  

Mungkin Sobat Pintar merasa heran mengapa kopi termasuk makanan yang baik bagi penderita asam urat padahal kopi jika diminum terlalu banyak akan membahayakan lambung. Namun ternyata kopi memiliki senyawa metil xantin. Senyawa tersebut terkandung juga di dalam obat yang diresepkan oleh dokter untuk asam urat, inhibitor xantin oxidase.  

Selain itu, di dalam kopi juga terkandung polifenol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga akan menurunkan ekskresi natrium dan asam urat pada ginjal. 

  1. Lemon atau jeruk nipis 

Makanan untuk mencegah Asam Urat yang kedua adalah lemon, jeruk nipis, atau jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dipercaya sangat bagus bagi penderita asam urat karena vitamin C dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Vitamin C juga membantu ginjal agar bekerja lebih efisien untuk membuang asam urat yang berlebihan. 

  1. Daun salam 

Setelah dilakukan penelitian, daun salam memiliki kandungan flavonoid yang akan menghambat enzim xantin oksidase dan menghambat pembentukan asam urat. Cara mengkonsumsi daun salam untuk asam urat adalah dengan merebus daun salam dengan air, kemudian air rebusan tersebut diminum. 

  1. Kayu manis

Dikutip dari Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis memiliki beberapa senyawa. Sama seperti daun salam, kayu manis juga memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang dapat mencegah penumpukan asam urat pada sendi. 

Untuk mengkonsumsi kayu manis bagi penderita asam urat adalah dengan direbus kemudian air rebusan tersebut dapat dikonsumsi. Selain itu, Sobat Pintar dapat memasukan satu batang kayu manis ke dalam gelas yang berisi air panas, kemudian ditunggu sampai 3 jam dan menjadi infused water. Infused water kayu manis siap dikonsumsi. 

  1. Seledri 

Seledri yang memiliki kandungan anti inflamasi dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dari pembengkakan asam urat. Selain mengurangi rasa sakit, seledri juga akan mencegah produksi asam urat yang berlebihan jika dikonsumsi secara rutin. Dengan mengkonsumsi 6-8 batang seledri setiap hari, Sobat Pintar akan terbebas dari risiko asam urat. 

  1. Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengatasi asam urat. Untuk mengkonsumsi kapulaga ini, Sobat Pintar dapat membuat jamu kapulaga. Bahan-bahan yang diperlukan adalah: 

  • 1 ibu jari kayu manis
  • 5 gram biji pala
  • 5 butir kapulaga
  • 5 butir cengkeh
  • 10 butir merica
  • 15 gram jahe merah

Semua bahan tersebut direbus dalam 1. liter air. Kemudian air rebusannya dapat diminum untuk 3 kali konsumsi dan menjadi Makanan untuk mencegah Asam Urat. 

  1. Teh hijau 

Makanan untuk penderita asam urat yang selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau yang dikonsumsi sesuai dosisnya, yaitu 300mg/hari, dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan asam urat yang berlebihan. Selain itu, teh hijau yang merupakan anti inflamasi atau anti radang dapat membantu pembengkakan dari asam urat. 

Itu adalah 7 makanan untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi. Selain mengkonsumsi 7 makanan yang telah disebutkan secara rutin, sebaiknya para penderita asam urat tetap menjaga pola makan dan menghindari makan makanan yang mengandung purin tinggi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk