10 Cara Mengatasi Galau Akibat Putus dengan Pacar

17 Jun 2021 by kreditpintar
10 Cara Mengatasi Galau Akibat Putus dengan Pacar

Dalam menjalani hubungan asmara dengan seseorang, pasti ada kalanya kita merasakan kegalauan. Apalagi jika akhirnya pasangan Sobat Pintar memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Sedih, marah, sakit hati, perasaan bercampur aduk dan membuat kita tidak bisa fokus dengan kegiatan lain. Putus cinta pasti membuat siapa saja galau. Tetapi, jangan biarkan hal ini berlarut-larut. Walaupun tidak mudah, cobalah beberapa cara mengatasi galau ini bagi Sobat Pintar yang baru putus dari pacar: 

1.  Jangan sangkal perasaan 

Ketika Sobat Pintar baru putus dengan pacar, Sobat Pintar akan merasakan emosi yang bercampur aduk, sedih, shock, bingung. Biarkanlah Sobat Pintar merasakan emosi ini, jangan sangkal perasaan Sobat Pintar. 

Jika Sobat Pintar ingin menangis, menangis lah. Jika Sobat Pintar marah, tidak apa-apa untuk mengeluarkan semua perasaan ini dari dalam diri Sobat Pintar. 

Ketika Sobat Pintar baru kehilangan seseorang yang Sobat Pintar sayangi, sangat wajar untuk melewati 5 tahapan kesedihan yaitu: penyangkalan, kemarahan, mencoba untuk menerima situasi, depresi, dan akhirnya dapat menerimanya. 

Semua tahapan ini akan Sobat Pintar lalui dengan caranya sendiri dengan berlalunya waktu. Wajar kok mengalami semua perasaan dan tahapan ini. 

2. Mengontrol Perasaan

Walaupun penting untuk mengekspresikan perasaan Sobat Pintar, tetapi harus bisa dikontrol juga. Ketika Sobat Pintar sedih, biarkan diri Sobat Pintar menangis, menjerit, berteriak, menulis jurnal, lakukan apa pun yang perlu Sobat Pintar lakukan agar emosi Sobat Pintar mengalir dengan bebas. 

Tetapi setelah itu, Sobat Pintar harus bisa melanjutkan kegiatan lain yang positif, tidak hanya berlarut-larut dalam kesedihan. 

3. Putuskan komunikasi dengan mantan 

Terkadang yang bikin susah move on adalah jika Sobat Pintar masih selalu mengecek mantan melalui media sosial atau teman. Hal ini membuat Sobat Pintar selalu teringat dan tergantung kepada kehadiran mantan Sobat Pintar. 

Jika Sobat Pintar terus-terusan melihat mantan Sobat Pintar, maka Sobat Pintar akan semakin terjebak ke dalam perasaan galau dan akan sulit untuk melupakannya. 

Jadi, salah satu cara terbaik untuk mengatasi galau adalah dengan memutuskan semua komunikasi tentang mantan, lebih baik lagi jika Sobat Pintar unfollow akun media sosialnya. 

4. Cara mengatasi galau dengan mencari hobi baru

Putus cinta dapat berdampak pada krisis identitas, terutama jika hubungan berjalan selama bertahun-tahun lamanya. Sobat Pintar dihadapkan dengan situasi yang berbeda dengan kebiasaan yang Sobat Pintar lakukan ketika berpacaran. 

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi rasa galau adalah dengan mencari hobi baru yang dapat meningkatkan rasa semangat. Memiliki hobi tidak hanya membuat Sobat Pintar merasa lebih baik, tetapi juga memberi Sobat Pintar hal lain untuk dilakukan selain memikirkan tentang putus cinta.

Sobat Pintar bisa mencoba hal yang belum pernah Sobat Pintar lakukan sama sekali, contohnya bercocok tanam, menggambar, menari, dan lainnya. Olahraga juga bagus karena endorfin yang dihasilkan ketika berolahraga dapat membuat perasaan Sobat Pintar menjadi lebih baik. 

5. Curhat ke teman jika perlu

Sobat Pintar bisa curhat ke 2 atau 3 orang teman dekat Sobat Pintar tentang masalah yang Sobat Pintar hadapi. Banyak kok teman yang sayang dengan Sobat Pintar dan ingin mendukung Sobat Pintar, tetapi seringkali mereka tidak tahu caranya karena Sobat Pintar tidak memberi tahu apa yang Sobat Pintar alami kepada mereka. 

Kelilingi diri Sobat Pintar dengan teman-teman yang positif dan bisa membuat Sobat Pintar lebih nyaman dan tenang. Sobat Pintar juga bisa cerita ke keluarga Sobat Pintar. Tidak perlu merasa sungkan atau malu. 

Seandainya Sobat Pintar merasa kegalauan Sobat Pintar sudah makin serius dan tidak dapat diatasi dengan cara apapun, carilah bantuan dengan menghubungi terapis atau dokter. 

Sekali lagi, jangan malu untuk mencari bantuan karena Sobat Pintar tidak bisa mengatasi rasa galau, sedih, bahkan depresi yang Sobat Pintar alami akibat putus cinta. 

6. Selalu ingat untuk tetap menjaga diri

Coba tanya diri Sobat Pintar apa yang saat ini Sobat Pintar butuhkan. Apakah Sobat Pintar butuh hiburan? Apakah Sobat Pintar harus pergi ke salon? Apakah Sobat Pintar ingin mendengarkan musik, menonton film? 

Jangan terlalu keras pada diri Sobat Pintar sendiri. Walaupun Sobat Pintar sedang galau, tetap jaga diri Sobat Pintar. Makanlah dengan teratur, olahraga dengan teratur, tidur yang cukup. Kesehatan Sobat Pintar adalah hal paling penting. 

7. Lihat sisi positif

Respon yang sangat umum dilakukan oleh seseorang yang baru putus cinta adalah mengidealkan hubungan orang lain. Tidak jarang jika seseorang akan menyalahkan diri sendiri karena hubungan tidak berjalan dengan lancar. 

Cobalah lihat hal yang positif dari hubungan yang pernah Sobat Pintar jalani. Ada bisa coba menulis sisi positif dan juga negatif dari mantan atau hubungan Sobat Pintar. 

Cara ini dapat melatih mental Sobat Pintar dan membantu memngimbangi pemikiran obsesif. Seberapapun rasa sakit yang Sobat Pintar alami, percayalah bahwa hal ini akan berlalu. 

Percayalah bahwa Sobat Pintar belum ketemu jodohnya, dan seseorang yang spesial dan tepat sedang menunggu Sobat Pintar. 

8. Biarkan waktu yang menyembuhkan perasaan sebagai cara mengatasi galau

Tidak perlu khawatir karena seiring berjalannya dengan waktu, Sobat Pintar pasti akan lepas dari rasa galau. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, “Kok si A cuma butuh waktu 1 minggu ya?, kenapa Saya udah 1 bulan masih galau?” 

Semua orang punya proses dan cara tersendiri untuk mengatasi rasa galau. Jadi tidak apa-apa jika waktu yang Sobat Pintar butuhkan lebih lama daripada teman Sobat Pintar. 

9. Hindari tingkah laku yang tidak sehat

Cobalah untuk memahami impuls yang mungkin Sobat Pintar alami, seperti mengirim pesan kepada mantan Sobat Pintar, memeriksa Instagram mereka setiap jam, atau memutar ulang setiap detail ketika Sobat Pintar masih bersama.

Dorongan ini adalah bagian dari proses penarikan diri alami yang terjadi setelah patah hati, tetapi jangan biarkan diri Sobat Pintar terlalu berlebihan dalam perilaku obsesif (seperti menganalisis setiap aspek hubungan Sobat Pintar hingga pukul 4 pagi).

Terkadang seseorang yang baru putus cinta akan menenggelamkan diri dalam kebiasaan yang kurang baik, seperti makan-makanan secara tidak sehat dan berlebihan, tidak tidur, atau mengurung diri di kamar. 

Coba pikir kembali hal-hal yang tidak baik ini dan pikirkan kalau diri Sobat Pintar itu sangat berharga sehingga jangan Sobat Pintar rusak dengan kebiasaan buruk. 

10. Jangan takut untuk memulai hubungan baru

Setelah Sobat Pintar merasa siap dan sudah bisa move on, tidak ada salahnya untuk berkenalan dengan lawan jenis dan membukakan perasaan Sobat Pintar terhadap kesempatan untuk berkencan kembali. 

Jangan merasa trauma memulai hubungan yang baru. Tetapi jangan juga terlalu memaksakan diri untuk berkencan hanya untuk menghindari perasaan galau Sobat Pintar. Di luar sana pasti ada jodoh Sobat Pintar yang sedang menunggu Sobat Pintar. 

Manusia sebagai makhluk sosial pasti bisa merasakan berbagai jenis perasaan, ada perasaan senang, sedih, galau. Hubungan asmara adalah sebuah hubungan spesial di antara kedua pasangan, sehingga ketika tidak berjalan dengan baik dapat berdampak terhadap kehidupan seseorang. 

Walaupun Sobat Pintar mengalami yang namanya putus cinta, terima perasaan Sobat Pintar dan tetap positif. Sobat Pintar bisa mencoba cara mengatasi galau di atas dan mudah-mudahan Sobat Pintar bisa merasa lebih baik. 

Beda cerita lagi kalau Sobat Pintar galau karena masalah keuangan. Untuk mengatasi kegalauan akibat kekurangan uang, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman instan secara online melalui aplikasi Kredit Pintar. 

Prosesnya gampang, uang juga cepat cair. Sobat Pintar bisa meminjam sampai dengan Rp 20 juta melalui Kredit Pintar. 

Caranya? Langsung saja cek situs Kredit Pintar untuk mengajukan kredit atau pinjaman!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk