Wajib Tahu, Manfaat Minum Air Putih di Masa Pandemi

16 Jul 2021 by Laruan

Kita masih harus berjuang mencegah serangan virus Covid-19 di masa pandemi ini. Menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama. Berbagai jenis vitamin dipilih sesuai kebutuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain vitamin, manfaat minum air putih juga sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.  Penuhi kebutuhan air secukupnya untuk mendapatkan benefit konsumsi air putih.

Orang dewasa dianjurkan minum air putih 7-8 gelas per hari atau sama dengan 2 liter air putih. Sementara itu, ibu hamil dianjurkan konsumsi air putih lebih banyak 1 gelas dari biasanya dan ibu menyusui lebih banyak 3 gelas dari biasanya. Anak-anak usia 4-6 tahun cukup konsumsi 6 gelas air putih per hari.

Manfaat Minum Air Putih di Masa Pandemi

Sangat banyak benefit konsumsi air putih di masa pandemi yang wajib Sobat Pintar tahu. Simak penjelasan berikut ini!

  1. Konsumsi air putih membantu Penyerapan Zat Gizi Makanan

Di masa pandemi, kita menjadi lebih selektif memilih asupan makanan bergizi. Nutrisi makanan sehat perlu dilengkapi dengan konsumsi air putih yang cukup. Manfaat minum air putih membantu dalam proses penyerapan gizi dan melancarkan metabolisme.

Tak hanya itu, air putih juga berguna memaksimalkan proses penyerapan vitamin yang Sobat Pintar konsumsi. Maka dari itu, jika Sobat Pintar mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan dianjurkan sambil mengkonsumsi cukup air putih. Zat gizi dan vitamin yang terserap dengan baik oleh tubuh akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

  1. Mencegah Dehidrasi dan Menjaga Suhu Tubuh

Dehidrasi  bisa menjadi salah satu penyebab seseorang rentan terkena infeksi penyakit dan virus. Dehidrasi disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Dalam kondisi sehat, dehidrasi kemungkinan karena kurang minum air putih. Dehidrasi juga bisa disebabkan oleh cairan tubuh yang banyak terbuang karena muntah, diare, keringat atau air mata. 

Dehidrasi berpengaruh pada perubahan suhu tubuh. Sobat Pintar akan merasakan suhu tubuh naik karena berkeringat di cuaca panas. Sobat Pintar juga bisa merasakan haus setelah beraktivitas berat. Untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi Sobat Pintar harus mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih juga membantu menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat.

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Saluran cerna yang sehat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna Sobat Pintar perlu asupan vitamin dan serat. Serat dan vitamin harus bisa terserap dengan baik oleh tubuh, maka dibutuhkan peran penting dari air putih. 

Sembelit hingga ambeien adalah gangguan pencernaan yang bisa disebabkan karena kurang minum air putih. Manfaat minum air putih yang cukup dapat mencegah penyakit pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat penting dalam penyerapan gizi dan pembuangan zat sisa makanan. Kesehatan pencernaan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

  1. Air Putih Membantu Pembuangan Racun Tubuh

Racun dalam tubuh bisa menumpuk karena proses metabolisme yang kurang lancar. Zat sisa makanan yang tidak tercerna dengan baik oleh tubuh dapat menjadi racun. Racun dalam tubuh bisa diatasi dengan konsumsi air putih yang cukup. Racun tersebut akan keluar bersama zat sisa makanan melalui kotoran.

Detoksifikasi dapat terjadi secara alamiah jika tubuh memiliki asupan nutrisi dan air yang cukup. Jadi, konsumsi air putih yang cukup supaya tubuh terbebas dari penumpukan racun dalam tubuh.  Tidak perlu konsumsi obat-obatan kimia untuk detoks. Sobat Pintar cukup konsumsi air 2 liter sehari, olahraga rutin dan konsumsi makanan kaya serat. 

  1. Menunjang Program Diet Sehat

Di masa pandemi ini, berat badan jadi mudah naik turun. Hal ini disebabkan adanya perubahan pola hidup dan stres. Selama pandemi kita mungkin lebih banyak di rumah sehingga lebih banyak ngemil untuk mengisi waktu luang. Memikirkan bahaya virus juga bisa menguras energi dan menyebabkan stres. Sadar atau tidak, stres bisa memicu penurunan dan kenaikan berat badan. 

Banyak orang melakukan diet di masa pandemi untuk mendapatkan berat badan ideal. Sayangnya, banyak yang melupakan peran penting air putih dalam menunjang program diet sehat. Air putih membantu penyerapan nutrisi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama diet. Diet sehat bisa dijalani dengan lebih nyaman dan lancar dengan asupan air putih yang cukup. 

  1. Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala adalah sinyal dari tubuh bahwa daya tahan tubuh Sobat Pintar sedang mengalami penurunan. Sakit kepala juga bisa menjadi salah satu indikator penyakit tertentu. Meminum obat pereda sakit kepala bukan solusi yang aman karena setiap obat punya efek samping jangka panjang. 

Air putih mengandung elektrolit dan mineral alami. Dalam air putih ada kandungan kalsium, natrium, magnesium dan selenium.  Kandungan elektrolit dan mineral pada air putih inilah yang bisa membantu meredakan rasa sakit kepala. Jika Sobat Pintar sering alami sakit kepala, cobalah konsumsi air putih yang cukup mulai sekarang.

  1. Membantu Pembentukan Energi

Apakah Sobat Pintar termasuk orang yang tetap aktif berkegiatan selama pandemi ini? Jika ya, Sobat Pintar wajib penuhi kebutuhan minum air putih 2 liter sehari. Kurang konsumsi air putih bisa menyebabkan Sobat Pintar menjadi lebih mudah lelah, pusing, kram otot hingga menurunkan tekanan darah. Jika hal ini diabaikan daya tahan tubuh Sobat Pintar akan ikut memburuk. 

Ketika Sobat Pintar banyak beraktivitas, maka banyak pula energi dan kalori yang dikeluarkan. Manfaat minum air putih sebagai pembawa nutrisi ke sel-sel tubuh serta menghidrasi tubuh secara maksimal. Air putih membantu tubuh dalam memaksimalkan proses pembentukan energi. Hal ini akan membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah. 

  1. Menjaga Asupan Oksigen dalam Tubuh

Tahukah Sobat Pintar, asupan oksigen penting dalam mencegah tubuh terkena virus? Oksigen dalam tubuh harus tersuplai dengan baik ke seluruh organ tubuh. Hal ini penting dalam menjaga kesehatan organ tubuh agar maksimal dalam melawan radikal bebas dan virus. 

Suplai oksigen dalam tubuh bisa dimaksimalkan dengan asupan air yang cukup. Oksigen terdapat pada air minum, kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Seluruh oksigen yang diterima tubuh akan dialirkan melalui darah ke setiap bagian organ tubuh. Dengan demikian, setiap organ tubuh bisa berfungsi dengan baik dalam menjaga kesehatan. 

Hal yang penting untuk dapatkan benefit konsumsi air putih adalah perhatikan kehigienisan air yang Sobat Pintar konsumsi.  Sobat Pintar bisa memilih air mineral kemasan dengan kualitas yang sudah terjamin. Sobat Pintar pun bisa mengonsumsi air yang direbus sendiri. Merebus air sebaiknya pada suhu 70 derajat celcius selama 30 menit. Hal ini sebagai upaya membunuh mikroorganisme pada air mentah tanpa zat kimia. Sobat Pintar bisa mendapatkan benefit konsumsi air putih secara maksimal dengan menjalani pola hidup sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh, tidur cukup, rutin olahraga dan hindari pemicu stres. Di masa pandemi, menjaga kesehatan menjadi prioritas utama. Jangan lupa, selalu terapkan protokol kesehatan sebaik-baiknya jika Sobat Pintar harus melakukan kegiatan di luar rumah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload