Hindari Tempat Pinjam Uang Rentenir! Ini 7 Solusinya

10 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Meminjam uang untuk kebutuhan mendadak atau hal darurat lain sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Terpenting jangan sampai kita ke tempat pinjam uang rentenir. Sebab, hal tersebut mengharuskan peminjam untuk membayar bunga yang terkadang jumlahnya juga tidak sedikit. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\2\7 Alternatif Pinjam Uang Selain Tempat Pinjam Uang Rentenir.jpg

Kira-kira apa saja alternatif pinjam uang tersebut? Langsung saja, simak seluruh daftar rekomendasinya berikut ini. 

Pinjam Uang ke Bank Syariah

Rekomendasi alternatif pinjam uang selain tempat pinjam uang rentenir adalah bank syariah. Bank syariah menggunakan sistem yang berdasarkan pada syariat agama Islam. Dalam sistemnya, bank syariah tidak membebankan biaya bunga terutama dalam hal pinjaman uang. 

Baca juga: Cara Mengajukan pinjam uang di online BRI 

Hal ini dikarenakan sistem dalam bank syariah menggunakan model akad seperti murabahah, mudharabah dan musyarakah, istishna, dan salam. Sistem seperti ini pun saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh beberapa bank. Bukan hanya peminjam saja yang diuntungkan, sistem syariah diketahui juga memberikan keadilan bagi pihak pemberi pinjaman atau dalam hal ini bank. 

Jadi, cara satu ini tergolong lebih aman bila digunakan. Terlebih lagi jika kamu ingin mencari pinjaman dalam jumlah besar seperti untuk keperluan usaha. Namun, meskipun begitu jangan lupa untuk tetap waspada dan membaca syarat dan ketentuan pinjaman di KTA bank syariah yang kamu tuju. 

Pinjam Uang ke Koperasi

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\2\Pinjam Uang ke Koperasi.jpg

Bukan hanya di bank syariah, alternatif selain tempat pinjam uang rentenir yang lain bisa dilakukan lewat koperasi. Dibandingkan dengan bank, proses pengajuan pinjaman uang di koperasi cenderung tidak terlalu sulit. Kemudian, dari segi bunganya juga tergolong bunga flat dan peminjam berkesempatan mendapat SHU. 

Umumnya, tahapan dalam mengajukan pinjaman ke koperasi dimulai dengan menyetorkan beberapa berkas. Diantaranya formulir pengajuan, KK, slip gaji, rekening listrik, dan dokumen pendukung seperti BPKB. Selain itu, pastikan juga jika kamu sudah jadi bagian dari anggota koperasi tersebut. 

Setelah berkas sudah terkumpul, kamu bisa secara langsung mendatangi koperasi. Lalu, pastikan jika koperasi tersebut sudah terdaftar atau mendapat izin dari OJK. Namun, yang paling terpenting, pastikan jika koperasi sudah terdaftar di Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. 

Pinjam Uang ke Pegadaian

Selain 2 lembaga keuangan di atas, Pegadaian juga bisa menjadi solusi jika kamu mencari alternatif selain tempat pinjam uang rentenir. Beberapa orang mengetahui Pegadaian sebagai lembaga untuk menggadaikan barang. Akan tetapi, lembaga ini juga bisa digunakan untuk meminjam uang tanpa bunga.

Fasilitas pinjam uang tanpa bunga itu ada pada KCA Prima dengan bunga sebesar 0%. Hanya saja, durasi angsurannya tergolong cukup singkat mulai dari 1-60 hari saja. Lalu, dalam sistemnya juga dikenakan biaya administrasi, tetapi biaya administrasi tersebut masih terbilang sangat kecil hingga Rp5000 saja. Untuk jumlah pinjaman yang bisa diajukan adalah senilai Rp50.000 hingga Rp500.000. 

Baca juga: Tips Memilih Pinjaman Online Tenor Panjang 

Pinjam Uang Via Paylater

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\2\Pinjam Uang Via Paylater.jpeg

Sumber: tirto.id

Bagi kamu yang ingin meminjam uang untuk kebutuhan membeli barang, sebenarnya bisa dilakukan via fitur paylater. Cara ini bisa jadi alternatif bagi yang tidak ingin pinjam uang ke tempat pinjam uang rentenir. 

Fitur paylater umumnya disediakan oleh e-commerce seperti Shopee, Gojek, OVO, hingga Traveloka. Dana yang bisa didapatkan juga cukup besar hingga 10 juta yang tentunya bisa dipakai untuk belanja atau bertransaksi di aplikasi-aplikasi tersebut. 

Contohnya, untuk pinjaman di Shopee Paylater, besaran limit pinjaman yang diberikan dimulai dari Rp750.000 dan bisa ditingkatkan hingga Rp10 juta. Apabila mampu membayar sebelum satu bulan, kamu bisa mendapatkan bunga 0%. Untuk tanggal jatuh temponya bervariasi pada tanggal 5 atau tanggal 11 di setiap bulannya. 

Selain Shopee Paylater, Traveloka juga memberikan fasilitas cicilan yang bisa digunakan untuk membeli tiket di aplikasi tersebut. Limit yang diberikan oleh Traveloka Paylater mencapai Rp50 juta dan ada pula bunga yang bergantung pada jatuh tempo yang dipilih. 

Pinjam Uang Lewat Kasbon Karyawan

Ada satu lagi alternatif mendapatkan pinjaman selain tempat pinjam uang rentenir yaitu dengan menggunakan fasilitas pinjaman karyawan. Tentunya fasilitas ini bisa didapatkan bagi Sobat Pintar yang berstatus karyawan dan perusahaannya menyediakan fasilitas pinjaman uang. 

Namun, kebanyakan perusahaan biasanya menyediakan fasilitas pinjaman ini bagi karyawannya dengan aturan tertentu. Secara umum, pinjaman karyawan atau kasbon karyawan tidak boleh melebihi dari sepertiga gaji bulanan yang diterima. Contohnya, besar gaji yang kamu dapatkan adalah 6 juta, maka pinjaman yang bisa diterima maksimal sebesar 2 juta. 

Baca juga: Peran Debt Collector

Fasilitas pinjaman uang seperti ini sebenarnya tidak merepotkan. Hal ini dikarenakan kasbon tersebut akan dipotong gaji bulanan, sehingga karyawan tidak perlu memikirkan cara pembayarannya. Potongan dari setiap gaji pun akan disesuaikan dengan kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. 

Pinjam Uang ke Kerabat atau Teman Dekat

Alternatif satu ini sebenarnya cukup membutuhkan nyali yang besar. Apalagi jika jumlah pinjaman yang diminta ternyata tidak sedikit. Tapi, meminjam ke kerabat atau teman dekat tentunya bisa menyelamatkan kamu dari beban bunga bulanan. 

Namun, tentunya jangan sampai memanfaatkan kebaikan hati dari kerabat dan teman dekat. Untuk memastikan kedua belah pihak sama-sama diuntungkan, alangkah baiknya jika kamu membuat surat perjanjian hutang. Terlebih jika nominal pinjaman cukup besar dan nampak berisiko dalam pembayarannya. 

Dengan begitu, setiap orang akan sama-sama diuntungkan. Kemudian, kalau pun ada perselisihan di masa mendatang, bisa diselesaikan dengan baik atau sesuai dengan perjanjian yang tertulis. 

Pinjam Uang ke Aplikasi Pinjaman Online

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\2\PIC\2\Pinjam Uang ke Aplikasi Pinjaman Online.jpg

Sumber: Ivan Samkov from Pexels

Solusi atau alternatif terakhir untuk mendapatkan pinjaman uang selain rentenir yaitu lewat aplikasi pinjaman online. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan sebenarnya saat kamu meminjam uang di pinjaman online. Salah satunya adalah pengajuan yang bisa dilakukan secara cepat begitu juga pencairan dananya. 

Dalam hal ini, ada banyak pilihan aplikasi pinjaman online yang tersedia. Seperti halnya Kredit Pintar yang berada di bawah naungan PT Kredit Pintar Indonesia. Aplikasi Kredit Pintar memungkinkan kamu mendapatkan pinjaman hanya dengan beberapa langkah saja. Selain itu, dana yang dipinjamkan juga tidak membutuhkan jaminan. 

Terkait dengan keamanannya, Kredit Pintar sudah mendapatkan lisensi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, kamu tidak perlu takut atau khawatir mengenai jaminan keamanan dari aplikasi ini. Satu lagi yang menguntungkan dari Kredit Pintar adalah bunga yang dibebankan cukup kompetitif dan memiliki angsuran mulai dari 91 hari hingga 360 hari.

Baca juga: 5 tempat Pinjam Uang Online Terbaik 2021

Nah, ternyata cukup banyak alternatif yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pinjaman selain di tempat pinjam uang rentenir. Beberapa alternatif di atas tergolong cukup aman, meskipun ada yang memberlakukan bunga, jumlah bunganya juga tergolong rendah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download