Berbagai Macam Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

17 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Siapa sih yang nggak kenal klub sepak bola seperti Real Madrid, Manchester United, atau Bayern Munchen? Tentu masih banyak lagi klub sepak bola besar yang memiliki fansnya sendiri yang jumlahnya banyak dan tersebar di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat dunia. Ini dia teknik dasar permainan sepak bola.

Teknik dasar permainan sepak bola

Banyak sekali pengetahuan yang menarik untuk digali dari dunia sepak bola, salah satunya mengenai teknik dasar permainan sepak bola. Hal ini tentu penting diketahui bagi para fans cabang olah raga ini agar lebiih mengerti jalannya permainan sepak bola.

Baca juga: Ini Dia Cara Bermain Bola Kasti dan Aturan-Aturan Yang Harus Dipatuhi

Teknik dasar permainan sepak bola yang penting untuk diketahui

Ada beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang sebaiknya Sobat Pintar ketahui jika ingin mengerti lebih lanjut tentang sepak bola. 

1. Menendang bola

Teknik dasar permainan sepak bola yang perlu diketahui pertama kali adalah teknik menendang bola atau bisa disebut dengan kicking. Tentu tidak hanya sekedar menendang bola saja tetapi ada 3 teknik dasar yang sebaiknya dikuasai oleh para pemain sepak bola.

Teknik dasar yang penting untuk diketahui dalam menendang bola adalah menendang bola dengan kaki dalam, kaki luar, dan juga punggung. Agar bisa menguasai teknik-teknik tersebut bisa dilakukan dengan banyak latihan atau juga bisa dilakukan secara otodidak.

2. Menggiring bola

Teknik menggiring bola merupakan teknik dasar permainan sepak bola yang sebaiknya dipahami. Bahkan jika Sobat Pintar berniat untuk menjadi pemain bola, skill menggiring bola ini menjadi salah satu skill yang wajib untuk dikuasai. Hal ini dikarenakan setiap pemain sepak bola akan menggiring bola di dalam permainan, terutama ketika pemain bola tidak memiliki kesempatan untuk mengoper bola kepada teman satu tim.

Menggiring bola merupakan teknik membawa bola menggunakan kaki menuju ke area pertahanan tim lawan agar bisa menciptakan peluang untuk mencetak gol. 

3. Menghentikan bola

Teknik dasar permainan sepak bola selanjutnya yang perlu diketahui adalah teknik menghentikan bola. Selain penting untuk mengetahui cara menggiring bola, tentu akan menjadi hal yang penting juga untuk mengetahui dan menguasai teknik untuk menghentikan bola atau stopping. Dengan menguasai teknik ini, para pemain bola menjadi lebih bisa mengendalikan bola dalam permainan.

4. Mengumpan bola

Mengumpan bola atau passing merupakan teknik dasar permainan sepak bola yang perlu dikuasai. Teknik ini bisa dilakukan dengan 3 teknik yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, dan juga menggunakan punggung kaki. Ketiga teknik dasar ini kurang lebih sama dengan teknik dasar untuk menendang bola.

5. Menyundul bola

Tujuan teknik menyundul bola adalah untuk membuang bola, oper bola, mencetak gol, dan juga mematahkan serangan dari pihak lawan. Biasanya di latihan dasar, para pemain perlu belajar menyundul bola dengan menggunakan dahi. Posisi tubuh pemain saat menyundul bola biasanya bisa dalam posisi berdiri atau bisa juga sambil melompat.

Hal yang harus diketahui oleh pemain ketika belajar menyundul bola, bukanlah bola yang mengenai pemain tetapi pemain yang menyundul bola saat bola datang ke arah pemain. Selain itu, penyunculan dilakukan menggunakan dahi bukan dengan ubun-ubun kepala.

6. Menangkap bola

Biasanya teknik menangkap bola ini diperuntukkan untuk penjaga gawang ketika berada di dalam kotak penaltinya. Teknik ini biasanya tidak boleh dilewatkan bagi para pemain yang berperan sebagai kiper.

7. Menyapu bola

Teknik dasar permainan sepak bola ini biasanya dikenal dengan sliding tackle. Teknik menyapu bola ini merupakan salah satu teknik yang cukup memiliki risiko karena jika tidak dilakukan dengan tepat maka akan mendapatkan kartu dari wasit.

Ada beberapa teknik sliding tackle yang sebaiknya dihindari karena dilarang dilakukan selama permainan yaitu tackle yang mengangkat kaki ke atas, tackle dengan menggunakan teknik menggunting, dan tackle yang menyerang lawan dari belakang. Jadi sebaiknya hindari teknik-teknik ini ketika sedang bermain sepak bola, ya!

8. Lemparan ke dalam

Biasanya teknik dasar permainan sepak bola jenis ini hanya akan terjadi ketika pertandingan sedang berjalan dan bola keluar melalui sisi kiri atau sisi kanan. Permainan atau pertandingan bisa kembali dilanjutkan ketika lemparan ke dalam sudah selesai dilakukan.

Cara untuk melakukan teknik lemparan ke dalam adalah menggunakan kedua tangan dan tangan tersebut harus melewati atas kepala. Posisi kaku tidak boleh melewati garis. Biasanya teknik ini dilakukan dengan satu di antara kedua kaki diposisikan di belakang atau di depan atau bisa juga kedua kaki sejajar rapat.

9. Merebut bola

Teknik merebut bola atau dikenal sebagai interception ini adalah gerakan merebut bola yang digiring oleh pihak lawan. Dalam teknik ini, pemain perlu membaca arah gerakan pemain lawan serta bolanya agar bola berhasil direbut.

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Olahraga Yang Nyaman

Aturan dasar sepak bola

Selain teknik dasar permainan sepak bola, ada aturan dasar sepak bola yang sebaiknya diketahui. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lapangan

Biasanya lapangan untuk pertandingan sepak bola berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Ukuran panjangnya berkisar antara 100 hingga 120 meter dan lebar berkisar antara 64 hingga 7 meter dan bentuknya harus persegi panjang. Ukuran gawang memiliki lebar 7,32 meter dengan tinggi 2,44 meter dan terdapat di ujung lapangan.

2. Pemain

Dalam sepak bola maksimal terdiri dari sebelas orang dari setiap tim dan ditambah dengan pemain cadangan. Kiper diizinkan menyentuh serta menangkap bola dengan tangan atau lengan ketika di dalam area kotak penalti.

3. Bola 

Bola yang digunakan dalam pertandingan sepak bola terbuat dari kulit dan memiliki lingkaran minimal 68 cm dan maksimal 71 cm. Diameter lingkaran bola berkisar antara 21 hingga 22,5 cm dengan berat bola minimal 410 gram dan maksimal 450 gram.

Dengan mengetahui teknik dasar permainan sepak bola dan aturan dasar sepak bola ini, bisa membuat Sobat Pintar lebih mengerti permainan sepak bola sehingga tidak bingung ketika hendak menonton atau bermain sepak bola. 

Baca juga: 6 Tentang SEA Games 2022 di Vietnam

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download