Penyebab dan Solusi Mengatasi Gangguan Saraf Kejepit

07 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 10 Oct 2022

Di dalam tubuh, saraf memiliki peranan penting sebagai komunikasi antar organ tubuh dengan otak agar dapat berjalan lancar. Meski demikian, tak jarang gangguan saraf juga sering kali dialami oleh sebagian orang, termasuk halnya ganggaun saraf kejepit. Jika Anda pernah mengalaminya, tentu hal ini merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas sehari – hari, bukan?

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gangguan Saraf Kejepit

Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin pernah mengalami kondisi gangguan sistem saraf ini, maka tidak ada salahnya untuk tahu mengenai pengertian, faktor penyebab dan solusi mudah dalam mengatasi gangguan saraf kejepit yang satu ini. Dengan demikian, maka gangguan saraf bisa Anda atasi dengan cara yang tepat dan benar.

Sekilas Penjelasan Tentang Saraf Kejepit

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gangguan Saraf Kejepit

Secara umum, saraf kejepit atau dalam kata lain dikenal sebagai Pinched nerve yakni merupakan suatu kondisi dimana saraf tertekan oleh jaringan tubuh di sekitarnya. Pada saat seseorang mengalami kondisi ini, maka tubuh akan mengirimkan sinyal berupa rasa sakit dan nyeri tak tertahankan. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengabaikan tanda – tanda gangguan saraf ini agar tidak menyebabkan kondisi yang fatal ke depannya.

Pemicu dari gangguan saraf ini sendiri yakni ketika adanya tekanan pada saraf. Umumnya, tekanan ini dapat disebabkan karena gerakan yang dilakukan secara berulang – ulang dalam jangka waktu yang lama seperti halnya posisi siku yang ditekuk saat tidur. Adapun tekanan pada saraf juga terjadi ketika saraf tertekan di antara ligament, tendon ataupun tulang.

Gangguan saraf kejepit ini juga bisa terjadi di beberapa bagian tubuh manapun. Akan tetapi, untuk jenis saraf yang paling sering dialami yakni saraf serviks di bagian leher dan pundak, traks dan lumbai di punggung dan dada bagian atas, ulnaris di lengan dan siku serta saraf di pergelangan tangan.

Pada saat seseorang mengalami gangguan saraf Pinched nerve, maka rasa sakit pertama yang dirasakan yakni pada bagian tempat saraf yang terjepit. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa rasa sakit bisa muncul di beberapa bagian tubuh lainnya.

Baca juga : Aplikasi Keluarga Sehat Paling Recommended

Bagaimana Sistem Saraf, Solusi dan Penyebab Gangguan Saraf Kejepit?

Agar Anda lebih paham mengenai gangguan saraf kejepit, maka tidak ada salahnya menyimak informasi mengenai sistem saraf, solusi dan penyebab berikut ini. 

1 ) Sistem Saraf Kejepit

Seperti yang sudah dijelaskan di pembahasan sebelumnya, bahwa sistem saraf Pinched nerve ini merupakan kondisi saraf yang terasa nyeri pada bagian tubuh tertentu karena saraf yang tertekan. Salah satu gejala yang paling umum timbul dari saraf kejepit ini yakni rasa sakit dan kadang ngilu di bagian yang tertekan saraf. Kendati demikian, seseorang yang mengalami gangguan saraf ini juga mengalami gejala lain.

Beberapa gejala lain yang ditimbulkan oleh gangguan saraf kejepit yakni sebagai berikut :

  • Timbul rasa nyeri di area kompresi seperti leher maupun punggung bagian bawah.
  • Rasa nyeri yang menjalar seperti linu di bagian panggul maupun nyeri radikuler.
  • Timbul mati rasa atau kesemutan.
  • Merasakan sensasi terbakar.
  • Tubuh menjadi lemah lantaran tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.
  • Ada perasaan seperti memiliki kaki atau tangan yang tertidur.

2 ) Solusi Mudah dalam Mengatasi Gangguan Saraf Kejepit

Dari pembahasan mengenai sistem saraf, solusi, penyebab, kita akan membahas mengenai solusi mengatasi masalah saraf kejepit. Umumnya, gangguan saraf ini bisa diobati dengan berbagai jenis dan pengobatan yang berbeda – beda. Dimana, pengobatan ini dilakukan tergantung pada seberapa berat gejala yang ditimbulkan.

Pada kondisi gangguan saraf yang ringan, penderita biasanya hanya perlu diminta untuk mengistirahatkan bagian yang cedera dan menghindari aktivitas untuk menghindari gejala yang memburuk. Adapun jika kondisi gangguan saraf yang dialami semakin parah, maka bisa berkunjung ke dokter spesialis saraf.

Untuk solusi pengobatan gangguan saraf kejepit ini, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut :

  • Istirahat yang cukup

Umumnya, dokter akan meminta penderita yang mengalami masalah saraf kejepit untuk melakukan istirahat yang cukup. Caranya yakni dengan mengistirahatkan bagian yang sakit dan menghindari aktivitas – aktivitas yang berpotensi menyebabkan tekanan saraf.

  • Melakukan terapi fisik

Mengenai sistem saraf, solusi, penyebab saraf kejepit juga bisa diatasi dengan melakukan terapi fisik seperti halnya lewat latihan untuk memperkuat dan meregangkan otot di area yang terdampak saraf tersebut. Tujuan dilakukannya terapi fisik ini yakni untuk mengurangi tekanan pada saraf. Selain itu, terapis ini juga dilakukan sebagai rekomendasi agar Anda tidak mengalami kondisi saraf kejepit kembali.

  • Minum obat pereda nyeri

Selanjutnya yakni bisa dilakukan dengan cara minum obat – obatan khusus pereda rasa nyeri saraf yang direkomendasikan dokter seperti halnya Aspirin, Ibuprofen dan Naproxen untuk mengurangi pembengkakan; Kortikosteroid oral untuk mengurasi rasa sakit dan bengkak; dan obat Injeksi steroid untuk mengurangi bengkak.

  • Tindakan operasi

Adapun untuk solusi dalam pembahasan mengenai sistem saraf, solusi, penyebab gangguan saraf kejepit yakni dengan tindakan operasi bila penderita mengalami kondisi yang berat dan parah. Tindakan operasi ini dipilih oleh dokter sebagai langkah untuk menekan saraf. Adapun untuk jenis operasi yang dilakukan sangat bergantung pada lokasi dimana saraf terjepit itu berada.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Produk Imboost Multivitamin 

Faktor – faktor yang Menyebabkan Gangguan Saraf Kejepit

Penyebab dan Solusi Mengatasi Gangguan Saraf Kejepit

Seperti yang kita ketahui, bahwa saraf terjepit ini disebabkan karena terlalu banyak tekanan (kompresi) yang diterapkan pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Pada beberapa kasus, jaringan bagian otot atau tendon bisa menjadi salah satu faktor dari gangguan tersebut. Namun tidak menutup kemungkinkan juga bahwa terjadinya gangguan sistem saraf kejepit ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. 

Sementara itu, dalam kasus sindrom terowongan karpal, ada berbagai jaringan yang mungkin bertanggung jawab untuk kompresi saraf media terowongan karpal. Yang mana salah satunya yakni termasuk selubung tendon yang membengkak di dalam terowongan. Selain itu juga dapat menyebabkan tulang membesar yang menyempitkan terowongan ataupun ligmen yang menebal dan merosot akibat gangguan saraf kejepit. 

Perlu Anda ketahui, bahwa umumnya ada sejumlah kondisi yang mana dapat menyebabkan jaringan menekan saraf. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Terjadinya cedera di bagian tubuh tertentu.
  • Mengalami gangguan rematik atau radang sendiri di area pergelangan tangan.
  • Kondisi stress yang terjadi akibat pekerjaan yang berulang – ulang.
  • Seseorang yang hobi atau senang untuk melakukan aktivitas olahraga berat.
  • Kondisi obesitas / kegemukan.

Dari beberapa penyebab mengenai sistem saraf, solusi, penyebab gangguan sistem saraf kejepit di atas, ganggguan ini biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat. Dan bahkan biasanya tidak ada terjadi kerusakan permanen. Sehingga setelah tekanan saraf berkurang, maka hal ini akan menjadikan fungsi saraf bisa kembali berjalan secara normal.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa Anda pahami mengenai pengertian, solusi dan penyebab dari masalah gangguan saraf kejepit untuk diwaspadai sejak dini. Adapun bagi Anda yang butuh pinjaman online untuk biaya pengobatan saraf kejepit bisa percayakan di Kredit Pintar sebagai solusi pinjaman online cerdas dan terpercaya.

Baca juga : Kenali Nutrisi Hingga Harga Keju Mozarella di Pasaran

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download