Aplikasi Keluarga Sehat? Ini Fitur Layanan Dan Cara Aksesnya

02 Aug 2022 by Laruan, Last edit: 05 Aug 2022

Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan masyarakat berbasis teknologi. Kini hadir sebuah inovasi layanan kesehatan yang bisa diakses oleh masyarakat secara luas yaitu aplikasi keluarga sehat. Aplikasi ini merupakan sebuah platform yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan untuk menunjang program Pemerintah Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau PIS-PIK.

Aplikasi Keluarga Sehat? Ini Fitur Layanan Dan Cara Aksesnya

Pertama kali diluncurkan aplikasi ini diberi nama Prokesga oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi Kemenkes) pada tahun 2015. Tujuan dibuatnya program ini yaitu untuk membantu mempermudah proses pelayanan dan pendataan pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan daerah. Namun, pada tahun 2016 berubah nama menjadi aplikasi keluarga sehat. 

Fungsi Aplikasi Keluarga Sehat

Adanya Aplikasi Keluarga Sehat merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh negeri. Aplikasi dapat memudahkan para surveyor kesehatan dalam mengumpulkan data seluruh keluarga di Indonesia secara merata. Selain itu, beberapa fungsi aplikasi ini yaitu sebagai berikut:

  1. Menunaikan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai UUD 1945 Pasal 28 H ayat 1,
  2. Memudahkan pendataan kesehatan yang sudah terintegrasi dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga (KK) milik Disdukcapil, 
  3. Mempercepat proses penindaklanjutan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.

Fitur Aplikasi 2.0

Pada Aplikasi keluarga sehat versi 2.0 terdapat sembilan fitur layanan yang dapat dilihat pada dashboardnya. Setiap fitur mempunyai fungsinya masing-masing. Lalu, apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk simak fitur-fitur layanan aplikasi sehat berikut ini:

Aplikasi Keluarga Sehat? Ini Fitur Layanan Dan Cara Aksesnya

1. Fitur Tahun Aktif

Fitur pertama yang ada pada aplikasi Keluarga Sehat adalah fitur tahun aktif. Fitur Ini dapat digunakan oleh admin pusat untuk menentukan waktu atau periode tahun aktif proses pelaporan data survei. Dimana seorang surveyor hanya dapat menginputkan data pada tahun aktif saja dan tidak dapat melaporkan data di periode tahun yang tidak diaktifkan oleh admin pusat tersebut.

2. Fitur Transfer Wilayah Kerja

Kedua, adalah fitur Transfer Wilayah Kerja yang fungsinya sama dengan fitur pertama karena, fitur ini hanya dapat digunakan oleh admin pusat saja. Fitur ini dapat digunakan oleh admin pusat untuk memindahkan data keluarga pada suatu wilayah desa/kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan. Jadi, jika kamu berpindah domisili, admin membantu untuk memindahkan puskesmas rujukan dari lokasi lama ke lokasi baru.

3. Fitur Wilayah Kerja

Ketiga, adalah fitur wilayah kerja. Fitur ini hanya dapat digunakan untuk admin PKM saja. Fungsinya adalah untuk memetakan desa/kelurahan di suatu wilayah kerja puskesmas. Caranya yaitu dengan menginput atau mendaftarkan wilayah kerja per desa atau kelurahan, baik dalam satu wilayah kecamatan maupun lebih. 

4. Fitur Rukun Warga

Keempat, adalah fitur rukun warga. Fitur ini sama dengan fitur wilayah kerja dimana, sama-sama hanya bisa diakses oleh admin PKM. Fitur ini digunakan untuk menginput atau mendaftarkan RW dan RT sesuai yang ada pada wilayah kerjanya per desa/kelurahan. Namun, Bila terdapat daerah yang tidak memiliki RW maupun RT maka setiap puskesmas harus melakukan inventarisasi daerah tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan penomoran secara mandiri

5. Fitur Sasaran Wilayah

Kelima, adalah Fitur sasaran wilayah. Fitur ini masih diperuntukan khusus admin PKM saja. Gunanya yaitu untuk menentukan jumlah target atau sasaran pendataan di suatu wilayah kerja puskesmas. Target pendataan tersebut ditentukan berdasarkan pada berapa banyak jumlah keluarga sasaran di suatu wilayah kerja puskesmas per desa atau per kelurahan.

6. Fitur Target Surveyor

Keenam, adalah fitur target surveyor. Nah, fitur yang satu ini berfungsi untuk menentukan target kinerja surveyor. Jadi, admin Puskesmas akan menentukan target kinerja yang harus dipenuhi oleh para surveyor. Target yang dimaksud adalah untuk meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi para surveyor terhadap data keluarga yang menjadi tanggugjawabnya. Fitur ini hanya dapat digunakan oleh admin PKM.

7. Fitur Monitoring Wilayah

Ketujuh, adalah fitur monitoring wilayah. Fungsinya adalah untuk memonitoring capaian kinerja para surveyor dan puskesmas. Cara yaitu dengan membandingkan angka yang sudah ditetapkan sebagai target capaian sebelumnya dengan realisasi data keluarga yang telah di input. 

8. Fitur IKS Puskesmas

Kedelapan, adalah fitur IKS (Indeks Keluarga Sehat) puskesmas. Fungsi dari fitur ini adalah untuk melihat bagaimana Indeks Keluarga Sehat (IKS) yanga da disuatu wilayah berdasarkan pada indikator keluarga sehat yang berlaku diwilayah tersebut. .

9. Fitur Crosstab

Terakhir, adalah fitur crosstab untum menganalisis data. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara memanfaatkan raw data yang sudah diunduh menggunakan akun aplikasi admin Puskesmas. Kemudian, diolah secara mandiri untuk kemudian di upload jika sudah selesai. Data raw yang sudah di upload tersebut dapat digunakan untuk kustomisasi dalam bentuk crosstab analisis data yang dapat disajikan dalam bentuk grafik, tabulasi dan lain sebagainya.

Cara Akses Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi keluarga sehat snagat mudah diakses melalui smatphone atau PC yang terhubung dengan internet. Nah, aplikasi ini dapat diakses dalam versi aplikasi 2.0. Untuk dapat menggunakannya, ada dua cara yaitu instal aplikasi di Hp dan melalui website. 

Aplikasi Keluarga Sehat? Ini Fitur Layanan Dan Cara Aksesnya
  1. Akses Via Aplikasi 

Cara mengakses via aplikasi yaitu dengan menginstall aplikasi ini melalui play store atau app store. Setelah terinstall maka selanjutnya melakukan pendaftaran jika belum terdaftar. Setelah selesai melakukan pendaftaran, maka kemudian kamu sudah bisa login menggunakan username dan password kamu. Pada aplikasi versi 2020 (2.0) kamu akan melihat dua modul utama yaitu modul dashboard dan modul kuesioner. 

  1. Akes Via Website 

Cara akses aplikasi keluarga sehat yang kedua yaitu via website. Kamu bisa mengunjungi laman ini https://keluargasehat.kemkes.go.id/ untuk melakukan pendaftaran. Setelah terdaftar kemudian login dengan username dan password kamu. Berbeda dengan aplikasi di android, tampilan pada website ada tiga modul utama, yaitu modul Administrator, Dashboard, dan Kuesioner. 

Ternyata, aplikasi keluarga sehat memiliki banyak sekali manfaatnya terutama untuk memudahkan pendataan kesehatan. Banyak fitur yang bisa memberikan kita informasi penting seputar kesehatan keluarga perwilayah. Cara mengaksesnya juga sangat mudah, bisa melalui install aplikasi di play store atau melalui website.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Aug 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download