Apakah Samsung S22 Layak Dibeli Saat Ingin Upgrade HP?

17 Feb 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 17 Feb 2022

Penggemar flagship Android, wajib kumpul di sini! Samsung telah resmi meluncurkan Samsung S22 sebagai flagship pertama yang dirilis Indonesia pada awal 2022. Selain berbagai fiturnya yang canggih, smartphone ini juga hadir dalam 4 pilihan warna yang menarik. 

samsung s22

Kira-kira apa saja yang menarik dari smartphone yang satu ini dan apakah bisa jadi pilihan yang layak bagi pengguna mid-range dan entry-level untuk upgrade ke flagship? Simak review selengkapnya dalam artikel ini.

Harga Jual dan Tanggal Rilis Samsung S22 di Indonesia

Ponsel ini resmi dirilis di Indonesia sekitar minggu kedua Februari 2022 dalam berbagai seri yaitu Samsung Galaxy S22 UItra, Samsung Galaxy S22, dan Samsung Galaxy S22+. 3 Jenis rilisan tersebut disediakan layaknya flagship Samsung lainnya. 

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung A22 4G

Saat ini, dalam situs resmi Samsung, tertulis bahwa seri termurah ponsel ini dibanderol dengan harga 12 jutaan dan 18 jutaan untuk seri Samsung S22 Ultra.

Perkiraan harga tersebut belum termasuk potongan trade-in, cashback, atau diskon pembelian produk Samsung tertentu yang kerap kali muncul saat awal perilisan unit. Meskipun sudah dirilis, Sobat Pintar belum bisa membeli smartphone ini secara langsung karena sedang dalam masa pre-order.

Apakah Desainnya Lebih Baik daripada Samsung S21?

Bagi pengguna Samsung S21, rasanya akan cukup setuju dengan pendapat bahwa Samsung Galaxy S22 masih membawa ciri khas tampilan dari Samsung S21 sebagai generasi pendahulunya. Bedanya, saat ini Samsung Galaxy S22 hadir dengan perbaikan di sana-sini agar bodinya nyaman dalam genggaman.

Perbaikan tersebut bisa dilihat dari beberapa perbedaannya seperti dimensi yang lebih ringkas daripada generasi sebelumnya, lengkap dengan bobotnya yang lebih ringan. Dengan keunggulan tersebut, S22 terasa lebih compact untuk digenggam dengan satu tangan.

Samsung S22 Ultra

Dalam peluncuran S22, Samsung juga sepertinya mempertimbangkan kritik tentang bodi plastik pada Samsung S21 yang dinilai tidak sesuai untuk digunakan dalam flagship sekalipun plastik tersebut tetap menjamin bodi yang kokoh. 

Terbukti, Samsung langsung merevisi kritik tersebut dengan menggunakan Gorilla Glass Victus untuk melindungi bodi depan dan belakang dari S22 yang berlaku di semua serinya. Samsung juga masih konsisten menyebut istilah warna unit flagship-nya dengan nama Phantom color. Terbukti, S22 hadir dalam 4 warna yaitu, phantom white, phantom black, magenta, dan green.

Fitur Kamera Samsung S22

Untuk kualitas kamera, Samsung dikenal tidak pernah main-main terutama untuk kelas flagship. Pada smartphone ini, Samsung menunjukkan keunggulannya dalam menghadirkan fitur yang optimal untuk pengambilan gambar, baik dalam bentuk foto maupun video.

Ada kamera depan dengan resolusi 40MP dan 4 lensa untuk kamera belakang dengan resolusi 108MP wide camera, 12MP ultra-wide camera, 10MP telephoto camera (3x optical zoom), dan 10MP telephoto camera (10x optical zoom). Dengan spesifikasi tersebut, Samsung menyediakan kebebasan bagi penggunanya untuk mendapatkan hasil potret terbaik dengan menangkap detail warna dan pencahayaan. 

Baca juga: Intip Harga, Spesifikasi, dan Fitur Samsung M52

Performa 

Samsung cukup percaya diri dengan menyatakan bahwa Samsung S22 adalah produk smartphone yang mewujudkan perubahan besar pada teknologi smartphone. Dalam situsnya, Samsung menyatakan bahwa unit smartphone ini menggunakan prosesor 4 nanometer yang dijagokan sebagai CPU dan GPU tercepat, dibandingkan dengan S21 Ultra sebagai pendahulunya.

Sayangnya, beberapa sumber membeberkan bahwa jenis prosesor untuk unit S22 bisa berbeda di setiap wilayah benua. Untuk unit yang beredar di China dan Amerika Serikat akan mendapatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8Gen1 sedangkan untuk wilayah Eropa diperkirakan akan mendapatkan prosesor Exynos 2200. 

Sementara itu, untuk kapasitas memori, S22 dan S22+ hadir dengan pilihan 8/128 dan 8/256. Jika Sobat Pintar mengincar memori yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk memilih Samsung S22 Ultra dengan pilihan 8/128, 12/256, dan 12/512. Tentunya, semakin besar memori yang diinginkan, semakin besar pula dana yang harus dikeluarkan.

Software

Untuk meyakinkan pengguna sebagai sebuah unit smartphone yang inovatif, Samsung meluncurkan S22 dengan menanamkan sistem operasi Android 12 dengan One UI versi 4.1. 

Snapdragon

Pengguna Android yang sudah lebih dulu mencicipi One UI seri terbaru ini tentunya setuju jika tampilannya lebih enak dipandang dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Yang menarik dari One UI 4.1 adalah adanya fitur yang menunjukkan penggunaan kamera dan mic dalam suatu aplikasi, sehingga pengguna bisa lebih nyaman dalam mengontrol keamanan perangkatnya.

Performa Baterai Samsung S22

Semua seri S22 telah mendukung fitur fast-charging. Untuk S22 dan S22+ memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500mAh dan untuk seri ultra adalah sebesar 5.000 mAh. Ketiganya memiliki ketahanan lebih dari 24 jam pemakaian standar. 

Dalam paket penjualannya, S22 menyertakan kabel charger tanpa kepala. Jadi, Anda disarankan untuk membeli kepala charger yang sesuai dengan teknologi fast charging 45 watt. 

Jadi, Apakah Samsung S22 Layak Dibeli Untuk Upgrade HP?

Dengan serangkaian fitur yang telah dijabarkan, bisa dibilang smartphone ini layak untuk dibeli jika Sobat Pintar merencanakan pembelian handphone flagship android di tahun ini. Namun tentunya Sobat Pintar juga harus menyesuaikan budget yang dimiliki. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung A52s 5G dan Harga Terkini 2022

Samsung S22 sudah mendukung koneksi 5G, yang mana berarti Sobat Pintar bisa mempertimbangkan untuk mengganti perangkat ini dalam jangka waktu yang cukup lama di masa depan. Selain itu, handphone ini juga telah mendukung fitur under display fingerprint, NFC, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2 dan sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP68.

Sekian ulasan singkat tentang Samsung S22. Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

17 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download