Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung A22 4G

09 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 02 Mar 2022

Usai merilis Samsung tipe A22 5G, Samsung kembali meluncurkan A22 dengan versi 4G LTE. Sebagai salah satu vendor terbesar saat ini, Samsung memang selalu berupaya untuk menciptakan ponsel terbaik demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Samsung A22 4G sendiri memang memiliki harga yang lebih rendah daripada versi 5G. Dengan begitu, tipe ini bisa menjangkau konsumen dari berbagai halangan. Bagi kamu yang tertarik dengan ponsel ini, ketahui harga, spesifikasi, dan fiturnya terlebih dahulu.

ScreenSuper AMOLED 6,4 inchInfinity-URefresh rate 90 HzHD Plus resolution600 nits (HDR)
Dimension 159, 3 x 73, 6 x 8, 4 mm
Weight186 gram
System on ChipMediatek Helio G80 (2×2.0 Ghz & 6×1.8 Ghz)
RAM6 GB
Internal Memory128 GB
Operation SystemAndroid 11 + OneUI Core 3.1
SIMDual SIM (Nano) & Slot MicroSD
Kamera depan13 MP (f/2.2), wide
Kamera belakangKamera utama 48 MP (f1.8), wide, PDAF, OIS8 MP (f/2.2), ultrawide2 MP (f/2.4) depth2 MP (f/2.4) makro
Baterai5.000 mAhFast charging (15 watt)
Other FeaturesUSB, fingerprint di bagian samping, type-C, bluetooth 5.0, audio dolby atmos.
HargaRp2.999.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A22 4G

Jika dibandingkan dengan versi 5G, spesifikasi Samsung A22 4G ini memang sedikit kalah. Akan tetapi, bukan berarti kualitas ponsel ini bisa diremehkan begitu saja. Dari segi kemampuan jaringan, sudah jelas bahwa ponsel ini kalah dibandingkan versi 5G. Namun, jaringan 4G tentu sudah bagus dan masih layak digunakan di Indonesia.

Jika dilihat dari chipset yang ditanamkan, kedua ponsel tersebut sama-sama ditenagai oleh MediaTek. Perbedaannya, A22 ditenagai oleh MediaTek Helio G80, sedangkan versi 5G-nya ditenagai oleh MediaTek Dimensity 700 5G yang memiliki dukungan konektivitas internet terbaru, yakni generasi ke-5. Layar yang terbentang pada A22 sedikit lebih kecil, yakni 6,4 inci, sedangkan A22 5G memiliki layar 6,6 inci. Tidak hanya itu, kedua ponsel tersebut juga dibekali dengan jenis layar yang berbeda. Layar jenis panel Super AMOLED digunakan pada ponsel A22, sementara pada 5G digunakan jenis layar LCD.

Walaupun memiliki jenis layar yang berbeda, tetapi keduanya memiliki resolusi yang sama. Kedua ponsel tersebut menggunakan layar HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Selain itu, keduanya juga menggunakan desain Infinity-V. Sehingga, pada bagian atas kedua ponsel ini terdapat lekukan huruf “V” sebagai tempat untuk kamera depan.

Kamera yang disematkan oleh Samsung pada tipe A22 memiliki resolusi 13 MP di bagian depan. Di bagian belakang, terdapat empat kamera yang dapat menghasilkan kualitas foto terbaik. Kamera tersebut terdiri atas kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, depth 2 MP, dan makro 2 MP. Berbeda dengan A22 5G yang hanya dibekali tiga kamera saja. Ketiga kamera tersebut adalah kamera utama 48 MP, ultrawide 5MP, dan depth 2 MP.

Meskipun memiliki konektivitas internet yang lebih lambat, tetapi Samsung A22 memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar daripada versi 5G-nya. Ponsel ini mempunyai RAM sebesar 6GB dan memori internal 128 GB. Memori internal tersebut dapat ditambah menjadi 1 TB dengan menggunakan microSD. Sedangkan fitur lainnya kurang lebih sama, seperti sama-sama menggunakan OS Android 11 dengan antarmuka OneUI Core 3.1. Begitu juga dengan baterai kedua ponsel yang berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi fast charging 15 watt.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A22 4G

Setelah mengetahui harga, spesifikasi, dan fitur Samsung A22, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan ponsel ini. Dengan begitu, kamu dapat mengambil keputusan untuk membelinya atau tidak.

Kelebihan Samsung A22 4G

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Samsung tipe A22.

  1. Layar yang Tajam dan Jernih

Layar ponsel ini memang tajam dan jernih karena memakai layar Super AMOLED. Sayangnya, resolusinya masih belum full HD, yakni masih HD 720 x 1600 piksel. Kendati demikian, adanya refresh rate 90 Hz menjadikan ponsel ini smooth saat digunakan untuk memainkan game ataupun sekadar scrolling di berbagai aplikasi.

  1. Dibekali Baterai Berkapasitas Besar

Ponsel ini menjadi salah satu rekomendasi HP dengan kapasitas besar. Pasalnya, A22 memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Saat ini, berbagai ponsel memang telah dibekali baterai dengan kapasitas yang besar. Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan charger yang mendukung teknologi fast charging 15 watt.

  1. RAM dan Memori Internal yang Besar

Walaupun ditenagai processor Octa Core yang masih di bawah processor A22 5G, tetapi ponsel ini dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar. Ponsel ini memiliki RAM sebesar 6GB dan memori internal 128 GB. Bahkan, memori internal tersebut dapat diperbesar mencapai 1 TB jika ditambahkan dengan microSD. Dengan besarnya ruang penyimpanan yang dimiliki, ponsel ini dapat digunakan untuk bermain game berat dengan baik. Dengan demikian, ponsel ini menjadi salah satu rekomendasi HP buat kamu yang memiliki banyak kebutuhan.

  1. Memiliki Empat Kamera Belakang

Keunggulan paling tampak antara ponsel ini dengan versi 5G adalah pada sisi kamera. Versi 5G hanya memiliki tiga kamera, sedangkan versi 4G memiliki empat kamera di bagian belakang. Lensa kamera utamanya sangat besar, yakni 48 MP yang didukung dengan adanya teknologi PDAF dan OIS. Teknologi OIS akan memungkinkan para pengguna dapat merekam video yang smooth, tajam, dan mampu meningkatkan kemampuan low light ponsel ini. Kamera utama tersebut juga didukung dengan kehadiran tiga kamera lainnya, yakni ultra wide, depth sensor, dan macro.

  1. Desain yang Enak Dipandang

Ponsel ini didesain dengan cukup sederhana. Ponsel ini memiliki panjang 159,3 mm, lebar 73,6 mm, dan memiliki tebal 8,4 mm yang dibalut plastik. Bobot ponselnya pun tidak begitu berat, yakni 186 gram saja. Di bagian samping terdapat pemindai sidik jari dan empat kamera di bagian belakang. Meski desainnya sederhana, tetapi ponsel ini tetap enak dipandang. Terlebih dengan pilihan warnanya yang menarik, yakni hitam, violet, dan mint.

Kekurangan Samsung A22 4G

Sebenarnya, kekurangan dari ponsel ini tidak begitu banyak. Salah satu kekurangan dari Samsung A22 adalah belum adanya fitur NFC. Padahal, fitur NFC dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan proses transaksi e-money dan pembayaran digital serupa yang mendukung NFC. Selain itu, layar yang belum full HD juga menjadi kekurangan lain dari ponsel ini. Kekurangan lainnya ialah harga yang dipasang sebesar Rp2.999.000 sehingga dapat dibilang cukup mahal bagi sebagian orang.

Kurang lebih begitulah ulasan mengenai harga, spesifikasi, dan fitur Samsung A22 4G. Melalui ulasan tersebut, kamu menjadi semakin mengerti mengenai ponsel ini. Kini, keputusan untuk membeli atau tidak berada di tangan kamu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download