Begini Cara Sukses Investasi Saham untuk Pemula

15 Sep 2021 by Laruan

Saham merupakan suatu bagian penting dari sebuah perusahaan yang beroperasi. Di mana jika ada investor yang ikut menanamkan modal, maka dia berhak menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan yang bersangkutan. Dan disini cara saham untuk pemula

Dalam kalimat yang lebih sederhana, saham merupakan bukti kepemilikan seseorang pada sebuah perusahaan atas ikut sertanya dalam menanamkan modal di perusahaan tersebut. Inilah alasannya mengapa saham dapat dikategorikan sebagai dokumen berharga.

Begini Cara Sukses Investasi Saham untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui bahwa berinvestasi saham sangat bagus untuk keuntungan di masa depan. Apalagi jika Sobat Pintar memiliki cita-cita yang harus dicapai dalam beberapa tahun ke depan. Berinvestasi merupakan langkah tepat untuk diambil. Selain untuk mendapat keuntungan, berinvestasi juga bisa Sobat Pintar jadikan sebagai tabungan untuk masa depan.

Alasan mengapa banyak orang yang mulai berinvestasi saat ini adalah karena modalnya yang relatif kecil, sementara keuntungannya di masa depan bisa didapatkan berlipat-lipat. Alasan lain karena waktunya juga fleksibel, serta didukung oleh teknologi online.

Alasan selanjutnya adalah karena tidak ada batasan usia untuk berinvestasi saham. Siapa yang ingin belajar dan menekuni dunia investasi saham, akan terasa lebih mudah untuk menggeluti bidang ini. Karena yang terpenting dari adalah memulai apa yang akan kita tekuni.

Dalam memulai investasi saham untuk pemula, sebaiknya kita pahami dulu apa investasi saham itu. Karena dalam jual beli saham sebuah perusahaan memang membutuhkan pemahaman yang baik agar hasilnya juga baik.

Jenis-jenis Saham

1. Saham Biasa

Begini Cara Sukses Investasi Saham untuk Pemula

Sering juga disebut Common stock, merupakan sebuah surat berharga yang memiliki fungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Biasanya, investor pada saham jenis ini berhak menerima pendapatan yang dihasilkan perusahaan yang bersangkutan, serta bersedia menanggung risiko perusahaan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Para investor yang memiliki saham di sebuah perusahaan memiliki hak untuk ikut serta mengelola perusahaan. Pendapatan yang diterima juga tergantung pada besaran saham yang dipegang oleh investor saham terkait. Dengan begitu, investor yang memiliki presentasi yang besar maka berpeluang akan mendapat keuntungan yang banyak juga.

Common stock seperti ini biasanya memiliki satu jenis saja. Namun, bisa juga menjadi beberapa jenis dalam kasus tertentu atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Saham Preferen

Merupakan surat yang berharga sebagai bukti bahwa sang pemilik memiliki hak yang lebih daripada pemegang saham biasa, di mana pemegang saham preferen berhak didahulukan saat pembagian keuntungan perusahaan.

Artikel terbaru: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Keuntungan Investasi Saham

Untuk memotivasi Sobat Pintar dalam berinvestasi saham, ketahui dulu keuntungan apa yang akan Sobat Pintar dapatkan dalam berinvestasi. Hal ini juga berlaku bagi investor saham untuk pemula yang baru memulai langkah untuk berinvestasi.

Keuntungan yang akan Sobat Pintar dapatkan antara lain :

1. Pembagian Laba Perusahaan

Dapat disebut juga dividen, merupakan sistem pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemilik saham tergantung persentase saham yang dimiliki investor. Semakin banyak nilai saham yang Sobat Pintar miliki, maka semakin banyak pula persentase laba yang akan Sobat Pintar dapatkan.

Penghasilan laba perusahaan ini dapat menjadi sarana tabungan Sobat Pintar untuk masa depan. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat menambah pengalaman berinvestasi sehingga Sobat Pintar termotivasi untuk terus berinvestasi.

2. Diversifikasi

Merupakan sebuah teknik untuk mengurangi risiko kerugian dengan mengelola dana ke beberapa sumber keuangan lainnya. Contohnya, keuntungan yang didapat Sobat Pintar alokasikan pada bisnis lain seperti properti, otomotif, obligasi, dan lain sebagainya, yang juga menguntungkan.

Kelebihan lain dari diversifikasi investasi ini adalah agar Sobat Pintar mendapatkan pengalaman untuk menambah potensi keuntungan yang lebih besar dan cepat.

3. Kepemilikan

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa ketika Sobat Pintar memiliki saham pada sebuah perusahaan, itu artinya Sobat Pintar juga memiliki hak di perusahaan tersebut. Semakin tinggi nilai saham yang Sobat Pintar miliki di perusahaan tersebut, semakin tinggi juga pengaruh Sobat Pintar dalam pemberian keputusan pada bisnis tersebut.

Dengan ikut memegang saham di sebuah perusahaan juga memberikan keuntungan tambahan berupa bukti loyalitas Sobat Pintar kepada perusahaan, serta sebagai bentuk dukungan terhadap kesuksesan bisnis perusahaan secara keseluruhan.

4. Berkesempatan untuk Memperluas Jaringan Investasi Pasar Saham

Investasi bersifat global dan transparan, sehingga dapat memperbesar peluang Sobat Pintar dalam memperluas jaringan investasi, sehingga ini adalah kesempatan yang bagus bagi investor pemula. Sobat Pintar dapat memulai untuk menanamkan dana investasi Sobat Pintar di perusahaan yang pastinya terdaftar dalam bursa efek.

Tidak menutup kemungkinan bagi investor saham pemula untuk berinvestasi dengan perusahaan luar, sehingga pengetahuan Sobat Pintar tentang dunia investasi dan pasar saham akan semakin luas.

Setelah mengetahui keuntungan yang akan Sobat Pintar dapatkan dalam berinvestasi, berikut ini ada beberapa tips investasi untuk pemula.

Tips Investasi Bagi Pemula

1. Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi paling Kecil

Investor diwajibkan membuka rekening efek yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas. Setelah itu, investor diharuskan untuk melakukan top-up sejumlah uang ke rekening tersebut.

Uang yang sudah Sobat Pintar setorkan ke rekening tersebut dapat Sobat Pintar gunakan sebagai e-money yang berfungsi untuk membeli saham-saham online yang Sobat Pintar inginkan.

Agar keuntungan Sobat Pintar semakin besar, caranya, Sobat Pintar perlu memiliki saham di perusahaan dengan biaya sekuritas paling murah. Yang mempengaruhi biaya sekuritas tentunya dari kualitas, pelayanan, serta aplikasinya.

2. Bijak dalam Menggunakan Dana Investasi Saham

Harga dari per lembar saham dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari 50 rupiah saja hingga tak terhingga. Investasi pemula sebaiknya membeli saham yang tidak terlalu mahal mengingat ini merupakan langkah awal Sobat Pintar dalam berinvestasi.

Selain itu, para investor pemula diharuskan bijak dalam menggunakan dana investasi. Misalnya, Sobat Pintar harus tahu setidaknya background perusahaan, track record, sebelum Sobat Pintar memulai membeli saham di perusahaan tersebut. Ini sangat penting mengingat agar Sobat Pintar dapat membuat prediksi mengenai peluang saham yang Sobat Pintar miliki untuk kedepannya.

3. Membeli Saham ketika Harga Turun

Inilah kiat investor saham untuk pemula yang harus Sobat Pintar coba. Waktu yang baik untuk membeli saham adalah ketika harga saham tersebut sedang turun. Hal tersebut dapat sedikit menekan budget investasi Sobat Pintar, sehingga keuntungan investasi di kemudian hari akan lebih maksimal.

Namun, pengaplikasian metode ini dinilai kurang efektif. Ada beberapa aspek yang harus Sobat Pintar pahami terlebih dahulu untuk kamu pertimbangkan kemudian.

4. Memilih Investasi Jangka Panjang

Lebih aman dan menguntungkan jika Sobat Pintar membeli saham dengan jangka panjang, karena konsep ini akan menguntungkan kamu dalam beberapa tahun ke depan. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa investasi jangka panjang bisa menjadi sarana tabungan Sobat Pintar untuk mewujudkan mimpi di masa depan.

Itulah beberapa kiat investasi saham untuk pemula yang bisa Sobat Pintar lakukan. Kuncinya adalah dengan konsisten dan tidak takut mengambil keputusan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Seperti yang kita ketahui, semua rencana yang menyangkut keadaan finansial perlu direncanakan dengan matang. Namun, apabila ada hal yang berjalan di luar rencana, maka Sobat Pintar bisa andalkan pinjaman online dari Kredit Pintar sebagai solusi untuk kebutuhan finansial. Ajukan pinjaman online Kredit Pintar untuk segala kebutuhan, download aplikasinya di Play Store.

Artikel terbaru: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload