Berenang Gaya Dada dan Teknik-Tekniknya

01 Aug 2022 by Laruan, Last edit: 04 Aug 2022

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, selain makan makanan yang bergizi, Anda juga melakukan olahraga agar otot-otot badan tidak menjadi sakit dan kalori di badan bisa terbakar. Salah satu cabang olahraga yang menyenangkan untuk bisa Anda lakukan adalah berenang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu  menerapkan gaya khusus, salah satunya adalah renang gaya dada.

Seperti apa itu renang gaya dada sebenarnya? Apa saja manfaat ketika memakainya? Dalam artikel ini akan juga dibahas sedikit mengenai gaya lain sebagai perbandingan dengan daya dada. Yuk simak selengkapnya hingga bawah.

Pengertian Renang Gaya Dada

Pernahkah Anda memakai gaya dada ketika berenang? Ya, meskipun sudah mengerti mengenai praktiknya ketika di kolam, kamu juga perlu tahu hal-hal teori mengenainya untuk menambah wawasan.

Berenang gaya dada disebut juga dengan gaya katak kalau di Indonesia. Gaya ini memiliki gerakan renang dengan posisi dada Anda yang menghadap ke permukaan air tanpa berubah posisi selama berenang.

Lalu, untuk kakinya melakukan gerakan menendang ke luar badan secara bersamaan. Tangannya melakukan gerakan mengibas keluar dengan maksud mengangkat badan ke atas dan menutup kembali lurus untuk membantu membelah air saat meluncur.

Kini gaya renang yang satu ini sering sekolah-sekolah terapkan sebagai salah satu komponen pembelajaran bagi para siswanya. Bahkan di Indonesia, seleksi untuk masuk militer dan kepolisian mewajibkan calonnya bisa menggunakan gaya yang satu ini. Untuk Anda yang belum bisa memakai gaya ini, sepertinya harus mulai belajar gaya dada untuk alternative teknik berenang Anda.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Seluk Beluk Poki Games

Cara dan Teknik Renang Gaya Katak

Untuk Anda yang baru ingin belajar gaya yang satu ini. maka alangkah baiknya kalau Anda mengenal lebih dulu mengenai teknik-tekniknya secara teori. Karena ketika tekniknya sudah benar, saat melakukannya di kolam akan menjadi lebih mudah.

Tanpa perlu basa-basi lagi. Yuk kita belajar bareng  cara berenang gaya dada seperti pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Posisi Badan Saat Berenang Gaya Dada

Salah satu cara melakukan gaya yang satu ini adalah dengan memperhatikan posisi badan yang perlu Anda praktekan. Jadi, posisi badan Anda ketika melakukannya adalah lurus menghadap permukaan air.

Posisikan sebaik mungkin seluruh badan mulai dari kaki, paha, hingga bahu. Semuanya harus berada di garis horizontal yang lurus. Kalau bisa paha jangan sampai terlalu masuk ke dalam air kolam. Jangan lupa juga untuk membuat tubuh serileks mungkin agar hasilnya bagus dan tidak terjadi kram pada badan.

Posisi Kepala

Di samping posisi badan yang perlu Anda kondisikan, kepala juga perlu Anda perhatikan. Penerapan kepala yang sesuai akan membuat postur tubuh Anda saat melakukannya sempurna.

Jadi kepala harus Anda posisikan menghadap ke depan lurus sejajar dengan posisi tubuh. Jangan lupa untuk membuat rileks bagian leher karena akan berguna saat Anda akan melakukan gerakan naik turun ketika hendak menarik nafas dari atas permukaan air. Agar mudah, Anda bisa sedikit menundukkan kepala air saat meluncur, gerakan tidak tertahan oleh air.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Latihan Otot

Posisi Tangan Ketika Berenang

Apalagi yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan gaya yang satu ini? Jawabannya tentu posisi dan gerakan tangan.

Nama lain berenang gaya dada adalah gaya katak dan karena itu, posisi dan gerakan tangan akan mirip dengan kaki depan katak. Anda perlu mengawalinya dengan mengarahkan kedua lengan secara lurus ke depan posisi telapak tangan seperti saling menepuk. Doronglah tubuh untuk meluncur ke arah depan.

Ketika luncuran sudah mau habis, maka tarik tangan ke dalam untuk mendorong badan bagian depan terutama dada dan kepala agak naik dari permukaan air. Anda perlu menarik tangan ke dalam membentuk seperti lingkaran dari arah samping sampai menyatu di atas kepala. Setelah itu turun kembali ke arah dada dan lurus kembali seperti semula.

Kalau bisa jangan membentuk gerakan melingkar tersebut terlalu lebar. Karena nanti Anda jadi lebih cepat lelah saat melakukan gerakan ini.

Gerakan Kaki Ketika Melakukan Gerakan Gaya Dada

Kaki menjadi bagian terpenting dalam melakukan gerakan pada gaya katak. Tentu saja, gaya ini unik karena gerakan kakinya tidak seperti gaya lainnya.

Untuk awalan, kaki harus lurus horizontal dengan badan. Lalu, Anda perlu menekuk kedua lutut sampai ke bawah tumit. Posisinya mengarah ke bokong.

Atur hingga telapak kaki bisa mengarah ke permukaan air. Buat lutut terbuka dengan sedikit lebar lebih dari pinggul dan menghadap ke arah bawah. Lakukan tendangan seperti menyapu air setelah bergantian dengan gerakan tangan. Dorongan ini menjadi daya lecut utama dalam gaya katak. Karena itu, sinkronkan dengan baik antara gerakan kaki dan tangan bergantian.

Teknik Pernafasan Dalam Gaya Katak

Tidak kalah penting dalam melakukan gaya katak atau dada adalah teknik pengambilan nafas. Kadang orang-orang merasa sulit ketika melakukan pengambilan nafas.

Kalau bisa Anda perlu lancarkan dulu keempat teknik yang ada di atas. Kalau sudah paham dan lancar maka lanjut ke teknik pernafasan.

Jadi caranya pengambilan nafas ketika menggunakan renang gaya katak adalah mengambil momen ketika tangan melakukan dorongan atas badan ketika naik ke permukaan. Naikkan kepala sedikit hingga hidung dan mulut bisa naik ke permukaan air.

Baca Juga: Harga Bola Basket 2022, Ini 8 Rekomendasi Terbaik

Sudah Lebih Paham Soal Berenang Gaya Dada?

Itulah sedikit penjelasan mengenai berenang gaya dada. Anda bisa langsung mempraktekkannya secara mandiri jika sudah paham secara teori. Namun jika masih bingung, maka lakukan dengan pengawasan dari seorang pelatih atau teman Anda yang sudah jago memakainya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Aug 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download