Spesifikasi Redmi Note 9,  4 Kelebihan dan Kekurangannya

22 Oct 2021 by Rindang Maulidia

Redmi Note 9 jadi salah satu smartphone yang berhasil menarik perhatian sejak kemunculannya pada Juni 2020. Ponsel ini digadang sebagai ponsel android dalam kategori mid-range yang berarti, ponsel tersebut memiliki performa yang cukup unggul, namun tersedia dalam budget yang tidak terlalu mencekik. 

Selain itu, pendahulu di generasi sebelumnya, Redmi Note 8, telah terjual dalam jumlah yang fantastis hingga bisa menyaingi penjualan Samsung Galaxy A51 dan iPhone 11. Ya, wajar saja dengan adanya Redmi Note generasi kesembilan, masyarakat penggemar gadget sangat menantikan rilisnya dan teknologi apa saja yang dihadirkan oleh ponsel ini. 

Baca juga: Mengulas Performa Redmi Note 8 Pro Lebih Dalam

Yuk, langsung saja kita kupas berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum membeli Xiaomi Redmi Note 9, mulai dari spesifikasi, harga, kelebihan, dan kekurangannya.

Inilah berbagai pertimbangan sebelum membeli Xiaomi Redmi Note 9, mulai dari spesifikasi, harga, kelebihan, dan kekurangannya.

Spesifikasi Redmi Note 9

Nama unitXiaomi Redmi Note 9
Bobot+/- 200 gram
Chipset yang digunakanMediatek Helio G85 (12 nm)
Resolusi layar1.080 x 2.340 px
Prosesor yang tersediaOcta-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 + 6×1.8 GHz Cortex-A55)
Pilihan RAM yang tersedia di pasaran4GB6 GB
Pilihan memori internal64 GB128 GB
Kamera belakang/kamera depan48 MP / 13 MP
Kapasitas baterai5020 mAh

Harga Redmi Note 9

Meskipun masih dalam satu seri dan generasi, sebuah smartphone memiliki pilihan harga sesuai dengan kapasitas memori dan RAM yang tersedia. Redmi Note generasi 9 tersedia dalam dua pilihan yaitu 4/64GB dan 6/128GB. 

Redmi Note generasi 9 4/64GB tersedia dengan harga Rp 2.099.000 dan 6/128GB beredar dengan harga Rp 2.499.000. Dengan memilih 4/64GB, artinya Sobat Pintar telah memilih ponsel dengan RAM sebesar 4GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 64GB. 

Jika Sobat Pintar memilih Redmi Note generasi 9 dengan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang lebih besar, jangan ragu untuk memilih Redmi Note generasi 9 6/128GB.

Kelebihan Redmi Note 9

Inilah berbagai kelebihan yang dimiliki oleh ponsel tersebut.

1. Chipset Redmi seri ini lebih bertenaga

Chipset yang tertanam pada ponsel ini meraih skor sebesar 205.946 ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark 8. 

Hasil pengujian tersebut dibilang cukup mencengangkan mengingat hasilnya mampu bersaing dengan Samsung Galaxy A51 yang mendapatkan skor sebesar 177.439 dengan Exynos 9611 yang dimilikinya.

Hasil pengujian pada Redmi seri ini adalah sebuah capaian yang cukup bombastis dibandingkan dengan pendahulunya, Note 8, yang meraih skor sebesar 169.585 dengan chipset Snapdragon 665.

Baca juga: Hati-hati, penggemar gadget jangan sampai kecanduan. Ini bahayanya!

2. Redmi seri ini didesain untuk performa gaming dan grafis

Ponsel ini memiliki performa grafis kualitas tinggi yang cukup mumpuni, terlebih untuk kebutuhan gaming. GPU (Graphic Processing Unit) yang dimiliki oleh ponsel ini terbukti lebih mumpuni jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Di sisi performa grafis, ponsel ini memiliki kinerja lebih baik sebesar 32% dan untuk performa umum terbukti ponsel ini mendapatkan peningkatan sebesar 22%. Jadi, Sobat Pintar bisa merasakan pengalaman gaming yang menyenangkan dengan ponsel ini.

3. Kapasitas baterai yang besar

Dengan chipset dan GPU yang memiliki kinerja baik, kinerja ponsel ini juga didukung dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu, 5020 mAh. Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini cukup optimal digunakan sebagai daily driver apabila Sobat Pintar tidak mencari performa gaming mumpuni dalam sebuah ponsel.

Kapasitas baterai yang tersedia pada ponsel ini juga diklaim 25% lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya.

4. Layar Redmi Note generasi 9 tersedia dalam ukuran lebar

Ada banyak hal yang bisa Sobat Pintar lakukan dengan ponsel yang memiliki ukuran lebar, seperti; menonton video, streaming film, gaming, dan juga memotret berbagai momen berkesan dalam hidup.

Bahkan, ada juga Sobat Pintar yang berpendapat bahwa smartphone dengan layar yang lebar juga mampu meningkatkan produktivitas untuk review file grafis dengan ukuran dan resolusi yang besar.

Kekurangan Redmi Note 9 

Di sisi lain, inilah kekurangan yang dimiliki ponsel tersebut.

1. Opsi pengambilan video tidak tersedia dalam resolusi 4K di Redmi ini

Meskipun chipset dan GPU yang dimiliki ponsel ini mampu mendukung muatan grafis resolusi tinggi, namun ponsel ini ternyata belum mendukung perekaman video di resolusi yang mumpuni. Beberapa pengguna cukup memaklumi kekurangan ini karena chipset yang ditanamkan hanya fokus pada performa ponsel dalam gaming.

2. Redmi seri ini tidak dibuat untuk tangguh di segala medan

Ponsel ini memang memiliki lapisan bodi yang bersifat water repellent, atau anti basah, namun tidak dirancang untuk menjadi ponsel yang water resistant. Artinya, apabila Sobat Pintar menaruh ponsel di atas meja yang terkena percikan air, ponsel ini masih bisa berfungsi dengan baik meskipun terkena percikan air. Namun, penggunaan ponsel ini di bawah air sangat tidak disarankan.

3. Spesifikasi kamera masih sama dengan pendahulunya

Apabila ingin membeli ponsel ini untuk mendapatkan upgrade kinerja kamera dari generasi pendahulunya, sebaiknya Sobat Pintar tidak memiliki ekspektasi yang tinggi. Sebab, spesifikasi kamera yang tertanam pada ponsel ini, masih sama dengan spesifikasi kamera di generasi sebelumnya.

Baca juga: Tips Aman Mengajukan Kredit Handphone

4. Fitur NFC tidak tersedia 

NFC (Near Field Communication) adalah salah satu fitur yang terbilang cukup evolusioner untuk dihadirkan dalam sebuah ponsel untuk kemudahan transaksi pembayaran. Di Indonesia, umumnya fitur ini tersedia pada ponsel golongan mid-range dan flagship. Sayangnya, sebagai ponsel mid-range, Redmi seri ini tidak mendukung fitur NFC.

Jadi, itulah berbagai spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan Xiaomi Redmi Note 9. Dengan harga 2 jutaan, Sobat Pintar bisa mendapatkan ponsel yang satu ini dengan segala fitur yang tersedia. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

25 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload