Mengulas Performa Redmi Note 8 Pro Lebih Dalam

23 Sep 2021 by Laruan

Rilis pada Agustus 2019 lalu, popularitas Redmi Note 8 Pro masih disambut dengan baik oleh para pecinta produk Xiaomi di Nusantara. Tak heran jika smartphone yang satu ini menjadi salah satu smartphone terlaris di Indonesia.

Mengulas Performa Redmi Note 8 Pro Lebih Dalam

Desain Redmi Note 8 Pro Yang Mewah

Tidak bisa dipungkiri, desain Redmi Note 8 Pro memiliki kesan yang mewah dan megah. Dengan menggunakan material bodi yang berlapis kaca menjadi andalan untuk melindungi perangkat. Lapisan kaca di bodi perangkat sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5, sehingga perangkat tidak rawan retak. Namun, lapisan berkilau yang menghiasi smartphone ini membuat handphone ini menjadi mudah kotor dan menyisakan noda sidik jari.

Dalam menggunakan perangkat ini, jelly case bening sangat disarankan untuk digunakan karena finishing yang digunakan pada bodi perangkat memiliki warna yang menarik, yaitu Pearl White, Mineral Grey, dan Forest Green.

Redmi Note 8 Pro memiliki dimensi 161.35 x 76.4 x 8.79 mm yang membuat perangkat ini terlihat besar. Hal yang kurang pada smartphone ini adalah kenyamanan dalam menggenggamnya dengan satu tangan, cukup menyulitkan pengguna. Tapi kabar baiknya, Xiaomi telah membuat lengkungan 3D pada keempat sudut perangkat, sehingga pengguna bisa merasa nyaman saat menggunakan smartphone tersebut dengan dua tangan.

Seperti smartphone yang bertebaran saat ini, Redmi Note 8 Pro juga menghadirkan dot drop atau poni pada bagian depan. Dot drop tersebut berbentuk tetesan air yang dihuni oleh sebuah kamera selfie. Pada bagian belakang perangkat, terdapat empat buah makera yang menjadi andalan untuk memuaskan para pecinta fotografi dengan kualitas gambar yang mumpuni. Kamera belakang tersebut sudah dilengkapi dengan lampu flash led.

Secara keseluruhan, desain smartphone Redmi tidak memberikan banyak perubahan. Tempat untuk kartu SIM dan microSD, serta tombol suara dan daya masih di letakkan di bagian sisi kiri dan kanan. Bagian sisi bawah terdapat speaker yang berdampingan dengan USB Type-C. Sedangkan pada bagian sisi atas, terdapat sensor infrared yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai macam alat elektronik.

Nikmati Menonton Film di Layar Luas

Pengguna Redmi Note 8 Pro dapat menikmati pengalaman menonton film yang luar biasa dengan layar yang luas, 6,54 inch. Hebatnya, layar tersebut sudah dapat menampilkan video dengan resolusi full HD+ dan kecerahan layar yang dihasilkan menembus angka 500 nit.

Xiaomi memang perhatian dengan penggunanya. Karena itulah, Xiaomi memberikan layar smartphone yang memiliki cahaya biru rendah yang sudah memiliki sertifikat TÜV Rheinland. Selain fitur tersebut, terdapat juga mode malam dan baca yang bisa digunakan pengguna untuk mengurangi cahaya biru saat hendak membaca.

Layar handphone ini juga sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar dari benturan ringan dan goresan benda tajam. Selain itu, terdapat juga lapisan pelindung anti sidik jari dan anti minyak.

Performa Mumpuni Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro sudah menggunakan MIUI 10 berbasis Android Pie untuk antar mukanya. Seperti versi dasarnya, seri Pro mengusung beragam fitur yang memudahkan pengguna saat menggunakannya.

Kelebihan yang menonjol dari seri yang satu ini dibandingkan saudaranya adalah fitur Near Field Communication (NFC) yang sudah disematkan pada perangkat ini. Fitur ini sangat dibutuhkan dan sangat berguna untuk pengguna yang tidak suka membawa uang cash dan lebih menyukai bertransaksi dengan uang elektronik.

Seri ini sudah dibekali dengan chipset terbaru dan tersohor buatan MediaTek. Dengan seri Helio G90T, chipset dengan CPU Octa-ore ini sudah dirancang untuk menunjang pengguna perangkat saat melakukan mobilitas hingga bermain game mobile.

Performa chipset ini bahkan mampu mengalahkan Snapdragon 710. Jadi, pengguna bisa puas bermain game dengan hadirnya GPU Mali-G76. Bahkan, game mobile seperti PUBG dapat dimainkan dengan lancar dengan melakukan pengaturan.

Chipset yang terdapat di Redmi Note 8 Pro ini memiliki fitur “Hyperengine” yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan. Terdapat juga teknologi Liquid Cool yang dapat mengatur suhu perangkat sehingga menjadi lebih dingin dan bekerja optimal.

Redmi Note 8 Pro memiliki dua varian memori internal. Keduanya memiliki RAM sebesar 6 GB, namun pengguna dapat memilih memori internal sebesar 64 GB atau 128 GB sesuai kebutuhan.

Pengguna tidak perlu khawatir akan kebocoran data saat kehilangan perangkatnya. Karena Redmi Note 8 Pro sudah memiliki fitur fingerprint dan face unlock. Jadi, selain penggunanya, orang lain tidak dapat mengakses smartphone tersebut.

Kamera untuk Penikmat Fotografi

Redmi Note 8 Pro ini hadir dengan membawa kamera 64 MP yang menjadikannya smartphone pertama dengan sensor terbesar di Indonesia. Untuk menggunakan kamera 64 MP, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tidak, pengguna hanya akan menggunakan kamera utama dalam 16 MP. Untuk memuaskan hati para penikmat fotografi, handphone ini juga sudah dibekali dengan tiga buah kamera pendukung.

Dengan resolusi 8 MP ultra wide dapat, pengguna dapat menangkap gambar dalam jangkauan luas. Sementara dua sensor lainnya memiliki resolusi 2 MP. Namun, satu sensor hanya berfungsi sebagai kamera makro yang menangkap objek dalam jarak 2 cm. Sedangkan sensor 2 MP lainnya dapat menghasilkan efek blur atau bokeh yang sedang tren saat ini.

Kamera depan memiliki resolusi 20 MP, jadi pengguna bisa ber-selfie yang dibantu dengan AI atau fitur kecerdasan buatan yang membuat hasil selfie menjadi lebih menarik. Selain itu, untuk fitur merekam video, Xiaomi sudah menyematkan image stabilization yang mampu meredam goncangan saat merekam.

Spesifikasi Lengkap Redmi Note 8 Pro

BodyDimensi 161.4 x 76.4 x 8.8 mmBobot 200 gBagian depan dan belakang berlapis Gorilla Glass 5
Layar6,53 inci2340 x 1080 FHD+LCD IPS
Chipset & OSHelio G90TGPU Mali G76Android 9 (upgrade ke Android 10), MIUI 12
Memori6GB RAM + 64GB ROM6GB RAM + 128GB ROM
Kamera utamaQuad camera 64 MP, f/1.9, 26mm (wide); 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)Resolusi video hingga 4K@30fps
Kamera depanSingle camera 20 MP, f/2.0, (wide)Resolusi video hingga 1080p@30fps
Baterai4.500 mAhFast charging 18W
FiturDual SIMMicroSD SlotUSB Type-CSensor sidik jariAudio jack 3,5mmGame Turbo 2.0
Harga6/64GB : Rp 2.899.0006/128GB : Rp 3.299.000

Harga Redmi Note 8 Pro

Setelah membaca spesifikasi handphone ini, kalian pasti mulai tertarik untuk membeli smartphone seri ini bukan? Jangan khawatir akan harganya yang mahal. Karena harga Redmi Note 8 Pro ini hanya dibanderol Rp 3,5 juta.

Dengan harga tersebut, kalian sudah bisa menikmati pengalaman bermain game setara dengan smartphone di harga 5 juta-an dengan menggunakan handphone ini saja. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload