Rambut Bercabang: Ketahui 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

17 Jun 2021 by kreditpintar
Rambut Bercabang: Ketahui 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mempertahankan rambut panjang, kuat, dan sehat adalah hal yang didambakan oleh semua wanita. Kenyataannya tidak semudah itu. Banyak wanita yang mengalami masalah rambut bercabang yang menyebabkan rambut terlihat kering dan kusam. 

Simak penjelasan berikut tentang apa penyebab rambut bercabang, cara mencegah, dan cara mencegahnya. 

Apa itu rambut bercabang?

Sederhananya, rambut yang memiliki cabang di ujungnya terjadi ketika satu helai rambut terbelah menjadi dua. Memiliki beberapa ujung bercabang di rambut adalah hal yang normal. Namun, jika terlalu banyak maka akan menjadi masalah yang serius. 

Rambut yang memiliki cabang di ujungnya dapat mengurangi keindahan rambut Sobat Pintar dikarenakan rambut terlihat rusak, kering, dan tidak sehat secara keseluruhan. Mengabaikan perawatan rambut yang tepat juga bisa menyebabkan rambut rapuh.

Penyebab yang mengakibatkan ujung rambut yang memiliki cabang di ujungnya

Beberapa hal yang menjadi pemicu rambut yang memiliki cabang di ujungnya adalah: 

1. Sering menggunakan alat penata rambut panas

Sering menggunakan alat penata gaya rambut panas seperti pengering rambut, pelurus rambut, alat pengeriting rambut, dan rol panas berdampak besar karena dapat menghilangkan kelembaban pada rambut. 

2. Menggunakan bahan kimia

Perawatan dan pengeritingan kimiawi, bersama dengan pewarnaan atau bleaching rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut yang memiliki cabang di ujungnya

3. Menggunakan produk rambut yang salah

Selain itu, menggunakan produk rambut yang penuh dengan bahan keras dapat semakin mengikis rambut, meningkatkan kekeringan dan kerusakan rambut secara keseluruhan.

4. Iklim dan cuaca

Paparan sinar matahari atau kurangnya kelembaban dapat menyebabkan kekeringan pada rambut, sehingga membuat Sobat Pintar lebih rentan mengalami rambut yang memiliki cabang di ujungnya.

5. Gizi yang buruk 

Kekurangan nutrisi karena pola makan yang tidak benar, kekurangan vitamin, dan hormon semuanya berperan dalam kesehatan rambut kita.

Cara mengatasi

Satu-satunya cara mengatasi masalah rambut yang memiliki cabang di ujungnya adalah dengan memotongnya.

Melakukan pemangkasan secara teratur sebenarnya akan membantu rambut Sobat Pintar tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. 

Jika ujung rambut yang memiliki cabang di ujungnya tidak dipotong, rambut akan terus pecah semakin tinggi di sepanjang batang rambut, dan akibatnya rambut Sobat Pintar jadi semakin kusut. 

Meskipun Sobat Pintar dapat mencoba menggunakan produk penghalus rambut seperti minyak, serum, atau gel untuk membantu melembabkan rambut, meminimalkan munculnya ujung bercabang dengan memotong rambut adalah cara paling tepat untuk mengatasi rambut yang memiliki cabang di ujungnya. 

Cara menjaga rambut 

Lebih baik mencegah daripada mengobati, sama halnya dengan rambut yang memiliki cabang di ujungnya. Berikut adalah langkah-langkah menjaga rambut Sobat Pintar agar terhindar dari masalah ujung rambut yang memiliki cabang di ujungnya: 

1. Makan makanan bernutrisi

Tips agar rambut tumbuh berkilau, panjang, kuat, adalah dengan makan makanan yang bernutrisi. Sebaiknya makan makanan sehat yang kaya nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran. 

Sobat Pintar bisa juga mengkonsumsi suplemen jika Sobat Pintar merasa tidak mendapatkan semua nutrisi yang Sobat Pintar butuhkan dari diet Sobat Pintar saja.

Zat seperti biotin dan asam folat yang dapat ditemukan dalam beras merah, sayuran hijau, atau jeruk berperan penting dalam meningkatkan kesehatan, kepanjangan, dan ketebalan rambut.

Jaga kesehatan tubuh dengan minum air secukupnya. 

2. Potong rambut secara teratur

Potong rambut Sobat Pintar secara teratur, idealnya setiap 6 hingga 8 minggu. Dengan memotong rambut Sobat Pintar dapat mencegah terjadinya rambut yang memiliki cabang di ujungnya. 

3. Gunakan produk rambut yang tepat

Cara lain untuk mencegah rambut yang memiliki cabang di ujungnya adalah dengan mencuci rambut menggunakan shampo, kondisioner, dan produk penata rambut yang tepat.

Sebaiknya hindari juga shampo dengan bahan keras untuk rambut yang dapat menghilangkan minyak yang diperlukan oleh rambut. 

Banyak produk rambut konvensional yang mengandung bahan kimia beracun, bahan pengering yang keras, dan bahan lain seperti paraben dan sulfat yang tidak baik untuk rambut Sobat Pintar.

Pastikan untuk membaca daftar bahan saat Sobat Pintar berbelanja dan memilih produk perawatan rambut alami jika memungkinkan.

4. Gunakan kondisioner

Sobat Pintar juga bisa mencoba metode kondisioner – shampo – kondisioner jika rambut Sobat Pintar sangat rapuh.

Aplikasikan kondisioner pada bagian tengah dan ujung rambut sebelum keramas. Hal ini dapat membantu memperkuat dan melindungi rambut sehingga dapat mengunci kelembaban dengan lebih baik.

Setelah menggunakan shampo, akhiri dengan kondisioner lagi untuk menambah kilau dan kelembutan rambut. 

5. Lakukan perawatan di rumah secara rutin

Manjakan diri Sobat Pintar di rumah dengan melakukan perawatan rambut. Selain hemat, Sobat Pintar juga bisa menjaga kesehatan rambut jika dilakukan secara rutin. 

Sobat Pintar bisa mencoba menggunakan masker atau minyak dari bahan kelapa karena memiliki khasiat yang baik untuk memperbaiki rambut yang rusak. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa merawat rambut dengan minyak sebenarnya membantu mencegah pembentukan ujung bercabang.

Tidak punya minyak kelapa? Tidak perlu khawatir! Minyak almond dan minyak zaitun juga merupakan alternatif yang bagus

Pastikan untuk keramas dua kali setelah menggunakan minyak agar rambut dan kulit kepala bersih.

6. Hindari mewarnai rambut

Sebaiknya memang tetap mempertahankan warna rambut alami. Hanya saja, bagi Sobat Pintar yang ingin mengganti gaya rambut dengan mewarnainya, Sobat Pintar bisa memilih teknik pewarnaan yang lebih alami. 

7. Gunakan serum atau krim pelindung panas

Jika Sobat Pintar ingin menata rambut dengan alat, pastikan untuk menggunakan serum atau krim yang dapat melindungi rambut Sobat Pintar sebelum mengeringkan rambut, mengeriting, atau meluruskan rambut. 

Walaupun cara ini tidak akan mencegah kerusakan akibat panas sepenuhnya, setidaknya dapat membantu mengurangi dampak dari alat penggunaan alat tersebut dan mengurangi kemungkinan kerusakan. 

Sebaiknya untuk mengeringkan rambut Sobat Pintar terlebih dahulu sebelum menggunakan alat seperti catokan atau pengeriting rambut

8. Kurangi tingkat kepanasan dari alat

Hindari menaikkan suhu alat panas Sobat Pintar sepenuhnya.Cobalah untuk mengeringkan rambut dengan pengering rambut dengan pengaturan panas sedang, bukan tinggi.

9. Bersikap lembut ketika menata rambut

Penting juga untuk bersikap selembut mungkin saat menangani rambut Sobat Pintar.

Misalnya, cobalah untuk tidak menyisir rambut setelah selesai mandi, karena rambut basah semakin rentan patah. 

Sebagai gantinya, gunakan sisir bergigi lebar saat Sobat Pintar mandi untuk menghilangkan kusut, mulai dari bagian bawah rambut dan terus ke atas secara perlahan. 

Selain itu, berhati-hatilah saat mengeringkan rambut dengan handuk dan hindari memelintir dan meremas. 

Mencuci rambut secara berlebihan dapat mengeringkan dan membuatnya lebih rapuh. Demikian pula, jika Sobat Pintar senang mengikat rambut cek kembali apakah karet gelang dan ikat rambut dapat menyebabkan rambut tersangkut. 

10. Menggunakan bantal berbahan sutra

Tips terakhir untuk menjaga rambut agar terhindar dari masalah rambut yang memiliki cabang di ujungnya adalah menggunakan sarung bantal berbahan sutra. 

Menukar sarung bantal katun dengan sarung bantal sutra dapat mencegah rambut Sobat Pintar tersangkut ketika Sobat Pintar sedang tidur. 

Jadi, apakah Sobat Pintar memiliki masalah rambut yang memiliki cabang di ujungnya? Sekiranya dari penjelasan di atas dapat membantu Sobat Pintar memahami tentang pemicu rambut bercabang dan cara mengatasi masalah tersebut. 

Dengan makan makanan yang seimbang, menggunakan produk yang tepat, membatasi paparan panas, menghindari perawatan kimiawi, dan berusaha selembut mungkin saat menata dan menangani rambut, Sobat Pintar dapat meningkatkan kesehatan rambut secara drastis dari waktu ke waktu. 

Percayalah, rambut panjang, kuat, dan sehat bisa menjadi milik Sobat Pintar lebih cepat dari yang Sobat Pintar kira.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload