Pinjam Uang di Bank atau Fintech, Lebih Menguntungkan Mana?

02 Apr 2018 by Edwin

Berkembangnya teknologi dengan pesat turut membantu dunia bisnis untuk semakin maju. Salah satunya adalah pilihan permodalan yang semakin banyak. Tidak hanya pilihan meminjam uang di bank, kini Sobat Pintar pun dapat meminjam uang lewat lending fintech atau yang dikenal sebagai perusahaan teknologi finansial pemberi pinjaman uang secara online.

Pinjam uang di bank tentu memiliki kelebihan. Namun tentu saja ada kekurangannya juga.

Pinjam uang di fintech pun memiliki kelebihan. Namun tentu saja ada kekurangannya juga.

Hmm, apa aja sih kelebihan dan kekurangan di masing-masing pemberi pinjaman ini?

Pinjam Uang di Bank

Bank dapat memberikan pinjaman dalam jumlah berapapun selama pemohon pinjaman dirasa mampu melakukan pelunasan hutang dan memberikan jaminan.

Selain itu, bank sudah lebih populer dan lebih terpercaya sebagai solusi untuk kebutuhan pinjaman uang, baik untuk modal ataupun membayar biaya rumah sakit, pernikahan, ataupun keperluan lainnya.

Namun ada juga beberapa kelemahan/kekurangan, di antaranya adalah:

  • Bunga ditentukan oleh bank, dan besaran bunga yang berbeda-beda tiap tempat
  • Petugas memberikan pinjaman berdasarkan subjektifitas bank
  • Pinjaman cenderung lebih sulit didapatkan

Pinjam Uang di Fintech

Fintech menawarkan pinjaman yang dapat diperoleh dengan mudah, proses yang cepat, dan persyaratan peminjaman yang tidak berbelit-belit.

Selain itu, peminjaman di fintech memiliki keunggulan/kelebihan lain dibanding peminjaman uang di bank, antara lain adalah:

  • Besaran bunganya dapat Sobat Pintar cari yang sesuai dengan referensi pribadi
  • Lama peminjaman cenderung fleksibel karena banyaknya produk pinjaman
  • Besar angsuran dapat disesuaikan

Tidak hanya memberikan kemudahan, fintech pun memberikan penilaian kelayakan peminjaman berdasarkan reputasi peminjam atau dikenal sebagai credit scoring. Semakin sering dan baik riwayat peminjaman Sobat Pintar, semakin mudah mendapatkan pinjaman uang.

Harus Tetap Bijak

Semudah apapun anda mendapatkan peminjaman, Sobat Pintar tetap harus menggunakan dana yang ada sebaik mungkin. Selain itu, Sobat Pintar pun harus meminjam uang dengan cerdas. Artinya adalah:

  • Jangan menggunakan dana yang diterima untuk hal-hal tidak bermanfaat
  • Mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang, namun juga tidak berlebihan

Jika diperlukan, ada baiknya juga Sobat Pintar memanfaatkan konsultasi penggunaan dana pinjaman yang diberikan oleh beberapa fintech.

Butuh pinjaman uang tapi ragu dan merasa ribet harus datang ke bank? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG