Perbaiki Laporan Keuangan Demi Modal dari Investor

05 Jan 2018 by Edwin

Makin tahun, berbagai startup ngedapetin investor dalam mengembangkan bisnisnya. Baik investasi yang jumlahnya sedikit, sampai yang jumlahnya miliaran. Tujuannya? Untuk menjalankan bisnisnya, apalagi di sektor ekonomi digital.

Buat Kamu yang baru atau ingin merintis startup, ada usaha yang harus diselesaikan sebelum mencari investor untuk startup-mu. Hal yang paling penting adalah perbaiki dulu laporan keuanganmu sebelum mencari investor.

International Contact Partner RSM Indonesia, Angela Indirawati Simatupang mengimbau agar semua perusahaan startup punya laporan keuangan yang baik, supaya bisa menarik minat para penanam modal. Makanya Kamu harus mempertimbangkan laporan keuanganmu dengan benar, punya sistem untuk mencatat transaksi keuangan, dan fokus dalam membuat laporan yang baik.

Pertimbangan investor dalam mengucurkan modal ke startup, nggak cuma proyeksi keuntungan aja loh. Seperti yang udah dibahas di atas, Menurut Angela, mayoritas investor akan melihat kemampuan pengelolaan keuangan yang dimiliki startup.

Selain sisi keuangan, Angela juga berpesan untuk membenahi sisi non keuangan tiap startup yang ingin mencari investor. Hal itu dikarenakan berpotensi untuk menjadi aset perusahaan. Coba aja kita liat contohnya seperti Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka. Pasar yang dicapai menurutnya sudah terlihat dari total transaksi, jumlah pelanggan, dan pelanggan masuk.

Nah, good luck ya buat penggiat startup yang sedang mencari investor!